0282. FIQIH HAJI : HUKUM MENINGGAL SEBELUM BERANGKAT HAJI

ISMIDAR ABDURRAHMAN AS-SANUSI·17 APRIL 2017

PERTANYAAN
4554l4mu'4l4ikum . M4u t4ny4 niech , , ump4m4 ny 4d orn9 m4u n4ik h4ji 5e94l4 per5y4r4t4n n4ik h4ji udch di uru5 d4n udch 5ele54y 5emu4 ny tin994l menun99u keber4n9k4t4n ny 54j4 l9i. . .d4n d4lm ke4d44n it pun di4 terken4 54kitt p4r4h 54mp4i 4khir ny menin994l. . D4n 4khir ny kew4jib4n h4ji ny pun tq tertun4i kcn. . , b494im4n4 kch menurut DHFBEM tolon9 berik4n penjel454n be5ert4 hukum ny ????? 
[Rohayaa]

JAWABAN
Wa'alaikumussalam Wr.Wb

Para ulama' sepakat Jika seseorang sudah berkewajiban haji ,lalu belum menunaikannya sampai ia meninggal, maka bila meninggalnya sebelum berkemungkinan menunaikannya degan gambaran ia meninggal sebelum orang2 menunaikan haji pada tahun yg ia wajib menunaikan haji di tahun itu ,maka jelaslah tidak adanya kewajiban haji bagi dirinya sebab telah jelas alamat bahwa ia berkemungkinan berangkat haji (seperti halnya kloter yg jadi rombongannya belum saatnya berangkat dan ia keburu meninggal) . Seperti inilah yg ditetapkan oleh Imam Syafii dan disepakati oleh ashabussyafi'i , dan Imam Abu Al Balkhi yg termasuk ashabussyafi'i berkata: wajib diqodlo hajinya dg biaya dari harta peninggalannya, namun kemudian beliau mencabut pernyataannya itu manakala Imam Abu Ishaq Al Marwazy mengeluarkan nash Imam Syafii kepada beliau ,sebagaimana telah dituturkan oleh mushonnif beserta dalilnya dlm kitabnya(al-muhadzab) .
Dan apabila orang itu meninggal setelah tamakkun/berkemungkinan menunaikan haji dg gambaran ia meninggal setelah orang2 berhaji maka kewajiban haji tetap menjadi tanggungannya dan wajib dihajikan dg biaya dari harta peninggalannya. wa'allahu a'lam.

الميزان الكبرى - (ج 2 / ص 29)
واتفقوا على أن من لزمه الحج فلم يحج ومات قبل التمكن من أدائه سقط عنه الفرض

المجموع شرح المهذب - (ج 9 / ص 92) 
إذا وجب عليه الحج ، فلم يحج حتى مات - فإن مات قبل تمكنه من الأداء ، بأن مات قبل حج الناس من سنة الوجوب - تبينا عدم الوجوب لتبين علامة عدم الإمكان ، هكذا نص عليه الشافعي ، وقطع به الأصحاب ، وكان أبو يحيى البلخي من أصحابنا يقول : يجب قضاؤه من تركته ، ثم رجع عن ذلك حين أخرج إليه أبو إسحاق المروزي نص الشافعي كما ذكره المصنف ودليله في الكتاب . وإن مات بعد التمكن من أداء الحج بأن مات بعد حج الناس استقر الوجوب عليه ، ووجب الإحجاج عنه من تركته

[Dijawab oleh: Ismidar Abdurrahman As-Sanusi]

LINK ASAL>>
https://www.facebook.com/groups/asawaja/permalink/1300074803373835/

Dokumen FB:
https://www.facebook.com/notes/diskusi-hukum-fiqih-berdasarkan-empat-madzhab/0282-fiqih-haji-hukum-meninggal-sebelum-berangkat-haji/1300405320007450/

Komentari

Lebih baru Lebih lama