0370. SELAMAT KEHAMILAN

Sumber Gambar: bincang syariah



Pertanyaan:
assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuuh 🙏
Ijin brtanx ustad dan ustadzah 🙏
Apa boleh mngadakan selamatan saat usia kndungan brusia 4bln, biasax ustad akn mmbacakn surah yusuf dn maryam. Dn slmtn lg saat usia kndungn 7bln tingkepan. Mhn pencerahx ustad trmksh 🙏🙏
[Sumi Cumi]

Jawaban:
Wa'alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh

Pada dasarnya selamatan atau mengadakan walimah kehamilan bukanlah anjuran syari'at sebab tidak ada namanya walimah kehamilan bahkan perbuatan itu termasuk bid'ah Sayyiah dan buruk bila didalamnya ada perbuatan mungkar dan perbuatan tidak berlandaskan nilai-nilai keislaman dan bertentangan dengan nilai keislaman. Seperti ada tradisi sebagian tempat wanita hamil didudukkan pada halaman rumah lalu dimandikan dan sebagainya. Bila ada tradisi seperti ini hendaknya orang alim harus mencegah.

Meskipun demikian, bila dalam acara walimah atau selamatan kehamilan tidak terdapat perbuatan buruk seperti membacakan Al Qur'an maka ini dinilai baik demikian pula dengan perbuatan lain yang dinilai baik dalam syari'at hendaknya diabadikan terlebih bila walimah kehamilan dilakukan atas syukur adanya janin.

Wallahu A'lamu Bis Showaab

Ibarot:

 قرة العين بفتاوى إسماعيل الزين الصحفة ١٨٢ المكتبة البركة
(حول وليمة الحمل وغسل الحامل أمام عدد التسوة )
ما قولكم سيدي في حكم وليمة الحمل ثم الذي يعتاده بعض أهل بلدنا في تلك الوليمة أن الحامل يغسلها الحاضرات من النسوة المدعوة حينما أردن أن ينصرفن من بيتها وهي جالسة وبين يديها نرجيل أسفار وبيض وغيرها مما يعتقدون أنه لا بد أن يكون معها فيصبن على رأسها ماء وخلوطا بشيء من حانوط أو نحوه وبعضهم يكتفي بإطعام الطعام وقراءة ما تيسر من القرآن والصلاة على خير الأنام نسألكم عن حكمها مع ما تضمنته ذلك الوليمة من الأمور المذكورة؟

 الجواب : 
إن وليمة الحمل المذكورة في السؤال ليست من الولائم المشروعة فهي بدعة وقد تكون بدعة مذموما لما يصحبها من العادة الدميمة كالأشياء التي ذكرت في السؤال وكل ذلك مذموم إلا ما ذكر آخر من قول السائل: وبعضهن يكتفين بقراءة القرآن ثم ينصرفن وما عدا ذلك فكل ذلك من المنكرات والعادة القبيحة التي ينبغي التنبيه على قبحها ونصيحة متعاطيها فإن العوام إذا وجدوا نصيحا آمينا من أهل العلم يقصد بنصيحته إبتغاء وجه الله يتلقون نصيحته بالقبول وتقهوا منهم موقعا حسنا فيجب على أهل العلم معالجة مثل هذه الأمور بالموعظة الحسنة والنية الصالحة والأساليب النافعة قال تعالى إدع إلى سبيل ربك بالحكمة والموعظة الحسنة.

(Dijawab oleh: Ismidar Abdurrahman As-Sanusi)

Link Diskusi:

Komentari

Lebih baru Lebih lama