040. WAJIBKAH ORANG KAFIR MENGELUARKAN ZAKAT FITRAH UNTUK ORANG YANG IA TANGGUNG NAFKAHNYA YANG MUSLIM?


Pertanyaan:
apakah seorang kafir wajib mengeluarkan zakat..untuk kelurganya yg islam rukun islam kan zakat sedangkan dia non muslim tpi keluarganya islam ?
[Irfan Kurniawan]

Jawaban:
Saya masih ragu² ketika mau jawab takut salah penjelasan. Kalau yang dimaksud rukun Islam salah satunya zakat adalah zakat Harta, sedangkan zakat harta Itu sendiri dibebankan pada pribadi masing-masing. Namun, keterangan sebelumnya menzakati keluarganya yang muslim. Maka atas dasar itu saya berasumsi yang dimaksud bukan zakat harta tapi zakat fitrah dan itulah yang akan dijelaskan.

Sebagaimana kita ketahui bahwa zakat fitrah diwajibkan bagi setiap orang Islam yang cukup syaratnya. Salah satu syaratnya dan sesuai pertanyaan yang diajukan adalah Islam makanya orang kafir Asli tidak diwajibkan mengeluarkan zakat fitrah, yakni dalam hukum dunia. Sedangkan dalam hukum akhirat ia menerima balasan atas kewajibannya seperti kewajiban selain zakat fitrah. Karena itu ia tidak wajib mengeluarkan zakat fitrah untuk dirinya sendiri, sebab zakat fitrah Itu untuk mensucikan jiwa, sedangkan ia bukan ahlinya dan juga zakat itu disyaratkan niat sedangkan syarat niat Itu muslim maka secara otomatis ia tidak wajib mengeluarkan zakat fitrah dan juga tidak sah karena alasan syarat niat tadi. Hanya saja ia wajib mengeluarkan zakat fitrah untuk orang yang menjadi tanggungannya seperti ia ada anak yang muslim atau ada istri yang muslimah dan lain sebagainya atau ia seorang majikan dan ia mempunyai budak seperti zaman dulu sedang budak menjadi tanggungannya maka ia Wajib mengeluarkan zakat fitrah untuk keduanya karena nafkah keduanya ia tanggung. Ketika ia mengeluarkan zakat fitrah untuk kedua ia tidak bisa berniat dan dianggap sah karena udzur.

Keterangan diatas bila Kafir asli sebagaimana disebutkan, tapi bila bukan kafir asli seperti murtad maka masalah zakat fitrah untuk dirinya dan orang yang menjadi tanggungannya ditangguhkan hingga ia Islam; bila ia Islam maka wajib mengeluarkan zakat untuk dirinya dan orang yang ia tanggung NAFKAH dan bila tidak maka tidak wajib.

Wallahu A'lam

(Dijawab oleh: Ismidar Abdurrahman As-Sanusi)

Ibarot :


حاشية الباجوري على ابن قاسم الجزء الاول صحـ ٢٧٨ المكتبة نور العلم سورابايا
• زكاة الفطر
{فصل} (وتجب زكاة الفطر) ويقال لها زكاة الفطرة أي الخلقة (بثلاثة أشياء: الإسلام)؛ فلا فطرة على كافر أصلي إلا في رقيقه وقريبه المسلمين
(قوله الإسلام) أي لقوله في الحديث السابق من المسلمين (فلا فطرة على كافر أصلي) تفريع على مفهوم الإسلام. والمراد أنه لا فطرة عليه بحيث يطالب بها في الدنيا فلا ينافي أنه يعاقب عليها في الآخرة كغيرها من الواجبات وإنما يطالب بها لأنها طهرة وليس هو من أهلها وأما المرتد الفطرة ففطرته موقوفة فإن عاد إلى الإسلام وجبت عليه وإلا فلا. وكذا فطرة من عليه مؤنته. (قوله إلا في رقيقه وقريبه المسلمين) بصيغة التثنية أي فتلزمه فطرهما كما تلزمه نفقتهما وكذلك زوجته إذا أسلمت وأسلم بعده في العدة وتجب عليه النية لأنها للتمييز.

إعانة الطالبين على حل ألفاظ فتح المعين الجزء الثاني صحـ ١٦٧-١٦٨ المكتبة نور العلم سورابايا
(قوله: على حر) متعلق بتجب، أي تجب على حر، وهذا بيان للمخرج - بكسر الراء - فتجب عليه ولو كان كافرا، لا عن نفسه، إذ لا طهرة له، بل عن ممونه المسلم كزوجته بأن أسلمت وتخلف، وتجزئ هنا بلا نية لتعذرها من المؤدى عنه دائما، ومن المؤدي هنا، فغلب فيها سد الحاجة.
اه.
فتح الجواد.
-الى أن قال-
(وقوله: أي عن كل مسلم) أي ولو كان المخرج كافرا، لأنها تجب على الكافر عن رقيقه، وقريبه المسلمين، وزوجته بأن أسلمت وتخلف هو، لا عن نفسه - كما تقدم - إذ لا طهرة له - وهذا في أصلي.
أما المرتد، فإن أسلم: لزمته عن نفسه وممونه، وإلا فلا.

نهاية الزين، صفحة ١٧٣ المكتبة الشاملة
وَالْحَاصِل أَنه يشْتَرط فِي الْمُؤَدِّي ثَلَاثَة شُرُوط الأول الْإِسْلَام فَلَا تلْزم الْكَافِر فطْرَة نَفسه بِمَعْنى أَنه لَا يُطَالب بهَا فِي الدُّنْيَا وَإِن كَانَ يُعَاقب على تَركهَا فِي الْآخِرَة وَتلْزم فطْرَة رَقِيقه وقريبه الْمُسلم لوُجُوب نفقتهما عَلَيْهِ هَذَا فِي الْكَافِر الْأَصْلِيّ
وَأما الْمُرْتَد ففطرته مَوْقُوفَة على عوده لِلْإِسْلَامِ وَكَذَا الرَّقِيق الْمُرْتَد

توشيح على ابن قاسم صحفة ١٧٠ دار الكتب العلميه بيروت لبنان 
أما المؤدي عنه فيشترط فيه أمران : الأول (الإسلام فلا) تخرج فطرة عن كافر فإنه لا (فطرة على كافر أصلي) عن نفسه (إلا) أنه يلزمه فطرة من تلزمه مؤنته إذا كان مسلماً فتجب عليه (في رقيقة وقريبه من أصول وفروع (المسلمين) 
بصيغة التثنية لوجوب نفقتهما عليه.

Link Diskusi:

Komentari

Lebih baru Lebih lama