0611. HUKUM MEMBUKA ALQURAN YANG JARINYA DIBASAHI DENGAN LUDAH

PERTANYAAN  
* Eva Firdaussyah
السلام عليكم.....الخ.....
Ustad/ustdzah..
kita maw tanya....
 Bagaimanakah hukumnya membuka lembaran Al qur'an dengan jari telunjuk yg dibasahi dg ludah supaya dg mudah membukanya?
Mohon..pencerahannya....
Skjz...sebelum dan sesudahnyaa.
والسلام عليكم....الخ......

JAWABAN
* Ismidar Abdurrahman As-Sanusi 
Wa'alaikumussalam

Permasalahan membasahi jari dengan ludah ketika membolak-balikkan lembaran Al Qur'an terjadi khilaf:

• Menurut Syeikh Qulyubi dan Imam Al Jamal Ar Romli boleh dengan bertujuan membukanya

• Menurut Syeikh Ibn Hajar Al Haitami haram membasahi jari dengan ludah karena haram hukumnya mendatangkan sesuatu dari ludah pada bagian sekecil apapun dari mushaf.

Namun demikian, Khilaf tersebut dihukumi haram ketika Al Qur'an basah atau ada ludah mengenai lembaran Al Qur'an dan jika kering dan tidak ada ludah mengenai lembaran Al Qur'an maka tidak haram.


حاشية إعانة الطالبين الجزء الاول صحـ ٦٧-٦٨ المكتبة نور العلم سورابايا
ومنه يؤخذ أنهم يمنعون أيضا من محوها بالبصاق.
وبه صرح ابن العماد.
اه. 
(قوله وبه صرح ابن العماد) في حواشي القليوبي على المحلي يجوز ما لا يشعر بالإهانة كالبصاق على اللوح لمحوه؛ لأنه إعانة اهـ. وفي فتاوى الجمال الرملي جواز ذلك حيث قصد به الإعانة على محو الكتابة اهـ. وفي فتاوى الشارح يعني حج يحرم مس المصحف بإصبع عليه ريق إذ يحرم إيصال شيء من البصاق إلى شيء من أجزاء المصحف الى ان قال والكلام حيث كان على الاصبع ريق يلوث الورقة أما إذا جف الريق بحيث لا ينفصل منه شيء يلوث الورقة فلا حرمة الخ
“Termasuk darinya bisa diambil dari pendapat para Ulama tersebut mereka melarang juga dari mempermudah (membuka Mushaf) dengan dibasahi ludah, dengan pendapat tersebut Ibnu 'Imad turut menjelaskannya.

(Keterangan Pengarang "Dengan pendapat tersebut Ibnu 'Imad turut menjelaskannya") Dalam kitab Hawasyi Al Qulyubi Ala Al Mahalli "Boleh membuka alQuran dengan jari yang diberi ludah asalkan tidak menimbulkan penghinaan karena dapat mempermudah", selesai. Sementara Dalam kitab Al Jamal Ar Romli "Kebolehan tersebut bila bertujuan mempermudah membukanya" selesai. Sedangkan dalam kitab Fatawa As Syaarih Yakni Ibnu Hajar (Al Haitami) "Haram memegang mushaf dengan jemari yang dibasahi ludah karena haram hukumnya mendatangkan sesuatu dari ludah pada bagian sekecil apapun dari mushaf .... - S/d -
Perbincangan masalah tersebut ketika jari basah sebab ludah mengotori lembaran Al Qur'an, sedangkan bila kering hingga tidak ada yang Sesuatu darinya terpisah mengotori lembaran Al Qur'an maka tidak haram”
[I'aanah at Thoolibiin I/67-68, Cet. Nurul Ilmi Surabaya]

Wallahu A'lamu Bis Showaab

*Umy El-Fina 
Waalaikumslm....sdh jlas jwbn dr mas ismidar ttg haram dn tdk x mmbuka alqur'an dg jari yg ada ludahx,,,dn dstu trjadi khilaf ulama'...dn ini sy xumbang ibarot yg mengharamkan dr ktb busyrol karim
ويحرم محوماكتب من القران بالريق لانه مستقذر ووضعه على الارض وجعل نحو نقد في ورق فيه اسم الله او قران عليه وجعله وقاية كجلد ولو لما فيه علم او قران عند (حج)ومسه بمستقذر ولو ريقا في نحو قلب ورقه وكتابته (بشر الكريم ص ١١٦)




Komentari

Lebih baru Lebih lama