069. TENTANG BAYI KEMBAR SIAM

Sumber gambar: yoona.com

Pertanyaan:
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh 
Para Kyai mau tanya

Sering kli kita dengar kembar siam (dempet) ke samping ia mampu hidup sampai dewasa. 

Pertanyaanya adalah,
1. Dlm perspektif Fiqh, Kembar Siam dianggap bertubuh berapa?
2. Bila slh stunya haidh, kemudian yg satunya ingin mlksanakan sholat, dihukumi sahkah sholatnya?
3. Jika salh satunya tersentuh lawan jenis, apakah wudhu slah satunya jga batal?
4. Bagaimana solusinya bila ia akan menikah?
5. Dan salah satunya ada yang meninggal, bagaimana yang satu lagi, dan cara mengurusnya bagaimana Yi? 

Ditunggu jawabannya Yi
[___~]

Jawaban:
Wa'alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh

1. Apabila kepalanya dua, sedangkan anggota yang lainnya kurang dan mempunyai kehidupan sendiri-sendiri (seperti satunya tidur sementara satunya bangun) maka dianggap dua, dan jika semua anggota tubuhnya lengkap, meskipun tidak diketahui mempunyai kehidupan sendiri-sendiri, maka juga dianggap dua.

2. Hukum salatnya sah dan wajib qadha bila memungkinkan salat tanpa najis.

3. Diklasifikasi; apabila dihukumi dua sebagaimana di atas, maka tidak batal. Apabila dianggap satu maka batal.

4. Menikah sesuai dengan syarat dan rukunnya. Bila akan berhubungan suami istri, maka wajib menutupi dan berusaha menjaga diri sebisanya (as-satru wat-tahaffuzh).
d. Rujukan
تَنْبِيْهٌ قَوْلُهُ اِثْنَيْنِ قَدْ يَشْمَلُ مَا لَوْ وَلَدَتْ إِمْرَاَةٌ وَلَدَيْنِ مُلْتَصِقَيْنِ لَهُمَا رَأْسَانِ وَأَرْبَعُ أَرْجُلٍ وَأَرْبَعُ اَيْدٍ وَفَرْجَانِ الخ (قوله وَأَرْبَعُ رِجْلٍ وَأَرْبَعُ اَيْدٍ) قَالَ حج: وَظَاهِرٌ اَنَّ تَعَدُّدَ غَيْرِ الرَّأْسِ لَيْسَ بِشَرْطٍ بَلْ مَتَى عُلِمَ اِسْتِقْلاَلُ كُلٍّ بِحَيَاةٍ كَأَنْ نَامَ اَحَدُهُمَا دُوْنَ الأَخَرِ فَالحُكْمُ كَذَلِكَ. وَعِبَارَةُ ق ل: وَدَخَلَ بِالثَّانِي مَا لَوْ كَانَ مُلْتَصِقَيْنِ وَأَعْضَاءُ كُلٍّ مِنْهُمَا كَامِلَةٌ حَتَّى الفَرْجَيْنِ فَلَهُمَا حُكْمُ الإِثْنَيْنِ فِي جَمِيْعِ الأَحْكَامِ حَتَّى إِنَّ لِكُلٍّ مِنْهُمَا اَنْ يَتَزَوَّجَ سَوَأ ٌكَانَ ذَكَرَيْنِ اَوْ أُنْثَيَيْنِ اَوْ مُخْتَلِفَيْنِ فَإِنْ نَقَصَتْ أَعْضَاءُ اَحَدِهِمَا فَإِنْ عُلِمَ حَيَاةُ اَحَدِهِمَا اِسْتِقْلاَلاً كَنَوْمِ اَحَدِهِمَا وَيَقْظَةِ الاَخَرِ فَكَالإِثْنَيْنِ اَيْضًا وَاِلاَّ فَكَوَاحِدٍ (بجيرمي على الخْطيب, 3/277).

(فائدة) قَالَ فِي بَسْطِ الاَنْوَارِ: قُلْتُ لَوْ اَنَّ شَخْصَيْنِ وُلِدَا مَعًا مُلْتَصِقَيْنِ وَمَاتَ اَحَدُهُمَا فَإِنْ اَمْكنَ فَصْلُهُ مِنَ الحَيِّ مِنْ غَيْرِ ضَرَرٍ يَلْحَقُ الحَيَّ وَجَبَ فَصْلُهُ وَاِلاَّ وَجَبَ اَنْ يُفْعَلَ بِالمَيِّتِ المُمْكِنُ مِنَ الغَسْلِ وَالتَّكْفِيْنِ وَالصَّلاَةِ وَامْتَنَعَ الدَّفْعُ لِعَدَمِ اِمْكَانِهِ وَيَنْتَظِرُ لِسُقُوْطِهِ-الى ان قال-وَمَعْلُوْمٌ اَنَّ صَلاَةَ الحَيِّ صَحِيْحَةٌ وَإِنْ حَكَمْنَا بِنَجَاسَةِ مَا فِي جَوْفِ المَيِّتِ كَمَا لَوْ حُبِسَ الحَيُّ فِي مَكَانٍ نَجِسٍ. وَإِذَا فُصِّلَ المَيِّتُ بَعْدُ فَيَنْبَغِي اَنَّهُ يَجِبُ عَلَى الحَيِّ قَضَاءُ مَا صَلاَّهُ لِأَنَّهُ تَبَيَّنَ اَنَّهُ صَلَّى وَهُوَ حَامِلُ نَجَاسَةٍ فِي جَوْفِ المَيِّتِ (نهاية المحتاج, 2/474).

(قوله وَغَيْرِهِمَا) كَالنِّكَاحِ, فَيَجُوْزُ لِكُلٍّ مِنْهُمَا اَنْ يَتَزَوَّجَ سَوَاءٌ كَانَ ذَكَرَيْنِ اَوْ اُنْثَيَيْنِ اَوْ مُخْتَلِفَيْنِ وَيَجِبُ التَّسَتُّرُ وَالتَّحَفُّظُ مَا اَمْكَنَ. (بجيرمى على الخطيب, 3/277).

Disadur dari: Buku Santri Salaf Menjawab

Sumber:

5. Cara Pengurusan jenazah Kembar Siam ditafshil:

• Bila Mati salah satunya dan bisa dipisahkan dari yang hidup tanpa menimbulkan bahaya maka harus dipisahkan Pengurusannya sebagaimana pada umumnya dan yang hidup diikutsertakan dalam hal dimandikannya, mengkafani, dishalatkan dan dikuburkan. Tetapi bila tidak mungkin dipisahkan seperti akan menimbulkan bahaya maka pengurusannya dilakukan sebisa mungkin dalam memandikan, mengkafani dan menshalatkan, kecuali masalah menguburkan maka dilarang menguburkan tapi ditunggu sampai terlepas, bila terlepas (terpisah) maka wajib dikuburkan.

• Bila keduanya mati secara bersamaan adakalanya seorang laki-laki dan yang lain perempuan dan dimungkinkan dipisahkan maka wajib dipisahkan dan bila tidak mungkin dipisahkan maka pengurusannya dilakukan apa yang mungkin dilakukan dan dan yang laki-laki dihadapkan ke arah kiblat.

Wallahu A'lam

Ibarot :

حاشية البجيرمي على شرح المنهج = التجريد لنفع العبيد ٤٥٢/١
قَالَ فِي بَسْطِ الْأَنْوَارِ: لَوْ وُلِدَ شَخْصَانِ مَعًا مُلْتَصِقَانِ وَمَاتَ أَحَدُهُمَا فَإِنْ أَمْكَنَ فَصْلُهُ مِنْ الْحَيِّ مِنْ غَيْرِ ضَرَرٍ يَلْحَقُ الْحَيَّ وَجَبَ غُسْلُهُ، وَالصَّلَاةُ عَلَيْهِ وَدَفْنُهُ وَإِلَّا وَجَبَ أَنْ يُفْعَلَ بِالْمَيِّتِ الْمُمْكِنُ مِنْ الْغُسْلِ وَالتَّكْفِينِ وَالصَّلَاةِ وَامْتَنَعَ دَفْنُهُ لِعَدَمِ إمْكَانِهِ وَيُنْتَظَرُ سُقُوطُهُ فَإِنْ سَقَطَ وَجَبَ دَفْنُهُ وَإِنْ مَاتَا مَعًا وَكَانَ أَحَدُهُمَا ذَكَرًا وَالْآخَرُ أُنْثَى وَأَمْكَنَ فَصْلُهُمَا فَالظَّاهِرُ وُجُوبُ الْفَصْلِ وَإِنْ لَمْ يُمْكِنْ فَعَلْنَا مَا أَمْكَنَ فِعْلُهُ وَيُرَاعَى الذَّكَرُ فِي اسْتِقْبَالِ الْقِبْلَةِ اهـ شَوْبَرِيٌّ بِاخْتِصَارٍ.

(Dijawab oleh: Ismidar Abdurrahman As-Sanusi)

Link Diskusi:

Komentari

Lebih baru Lebih lama