0691. HUKUM PEMBERIAN PENJUDI

Pertanyaan:
Dhika
Assalamualaikum...izin bertanya akhi ukhty ..hukum menyantap makanan yg di berikan seseorang yang di duga hasil keuntungan judi (karena aku suka liat beliau main judi onlen d hape nya)dan diduga pula uang yg d belikan makanan itu hasil dari judi

Jawaban:
Ismidar Abdurrahman As-Sanusi
Walaikumsalam

Kita dipandu oleh syari'at agar selalu berhusnudzdzon yakni bersangka baik, meskipun orang yang kesehariannya selalu bermaksiat dan menerima hasil dari perbuatan haram seperti halnya penjudi dan sebagainya kita boleh bermuamalah dengannya termasuk menerima dan memakan hasil pemberiannya, namun hukumnya makruh tapi tidak sampai haram, kecuali memang diketahui secara jelas makanan atau uang yang ia kasi ke kita dari perbuatan haram maka haram kita mengambilnya, akan tetapi bila hanya praduga semata tidak jatuh hukum haram.

Dengan demikian, menerima uang atau makanan dari penjudi diperbolehkan selama tidak diyakini uang atau segala bentuk penghasilan dia dari perbuatan haram, kalau sudah jelas dari yang haram, haram kita menerimanya. Contoh secara jelas: Anton (nama samaran) berjudi kemudian kita melihat uang menang judi tersebut ia kasi ke kita tanpa ada uang lain maka ini haram diterima, jika tidak tetap halal tapi kurang baik yaitu makruh.

فائدة) قال في المجموع: يكره الاخذ ممن بيده حلال وحرام - كالسلطان الجائز.

وتختلف الكراهة بقلة الشبهة وكثرتها، ولا يحرم إلا إن تيقن أن هذا من الحرام.

وقول الغزالي: يحرم الاخذ ممن أكثر ماله حرام وكذا معاملته: شاذ.
“FAIDAH: Makruh mengambil sesuatu dari orang yang berpenghasilan halal dan haram, seperti halnya raja yang dzolim.Kemakruhannya berbeda beda menurut banyak dan sedikitnya barang syubhat yang mencampurinya, walaupun makruh namun tidak sampai haram kecuali bila diyakini berasal dari penghasilan haram maka haram hukumnya. Sedangkan perkataan Al Ghozali: Haram mengambil sesuatu serta bermuamalah dengan orang yang kebanyakan hartanya berasal dari barang haram adalah pendapat yang syadz”
[Fath al Mu'in Halaman 258]

قوله: يكره الأخذ) أي أخذ الصدقة.

ومثله المعاملة ببيع أو شراء.

(قوله: كالسلطان الجائر) أي الظالم.

ومثله من أكثر ماله من الربا.

(قوله: وتختلف الكراهة بقلة الشبهة وكثرتها) أي فان كانت الشبهة في ماله أكثر من عدمها - بأن كان أكثر أمواله من الحرام - كانت الكراهة أشد، وإلا فهي كراهة غير شديدة.

(قوله: ولا يحرم) أي الآخذ وقوله إلا إن الخ.

أي فإنه يحرم وقوله أن هذا أي المأخوذ وقوله من الحرام أي الذي يمكن معرفة أصحابه وفي التحفة: ويجوز الأخذ من الحرام بقصد رده على مالكه، إلا إن كان مفتيا أو حاكما أو شاهدا فيلزمه التصريح بأنه إنما يأخذه للرد على مالكه، لئلا يسوء اعتقاد الناس في صدقة ودينه فيردون فتياه وحكمه وشهادته.

اه.

(قوله: وقول الغزالي) مبتدأ خبره شاذ.

(وقوله: يحرم الخ) مقول القول.

قال في التحفة بعده: على أنه - أي الغزالي في بسيطه - جرى على المذهب، فجعل الورع اجتناب معاملة من أكثر ماله ربا.

قال: وإنما لم يحرم - وإن غلب على الظن أنه ربا - لأن الأصل المعتمد في الأملاك اليد، ولم يثبت لنا فيه أصل آخر يعارضه، فاستصحب ولم يبال بغلبة الظن.

اه.
[I'aanah at Tholibin II/241]

Link Diskusi:

Komentari

Lebih baru Lebih lama