0729. HUKUM SHALAT DI TANAH SENGKETA

Pertanyaan:
Assalamualaikum 
 Mau tanya bagaimana hukum nya jika shalat fardhu dilakukan di tempat / tanah sengketa ? Terima kasih 🙏
[Manan]

Jawaban:

Walaikumussalam

Yang dimaksud tanah sengketa itu tanah yang bagaimana? Kalau dimaksud ialah sebagaimana tanah hasil curian maka shalat padanya haram tetapi sah. Oleh karena itu jelaskan dulu agar bisa dihukumi sebenarnya.

قوله: وفي أرض مغصوبة) هو معطوف على لقبر نبي، أي وتحرم الصلاة فيها.
(قوله: كما في ثوب مغصوب) أي فإنها تحرم فيه مع صحتها بلا ثواب.
(Keterangan Pengarang "Dan pada tanah curian") 'Athof qubur Nabi, artinya haram shalat padanya.
(Keterangan Pengarang "Sebagaimana memakai pakaian curian") artinya haram beserta sah tanpa pahala.
[I'aanah at Tholibin I/227]

Tambahan:

Kalau yang dimaksud tanah sengketa adalah tanah yang ada perselisihan antara dua orang apakah punya A atau B maka shalat ditanah tersebut haram sebagaimana shalat di tanah curian, hanya saja bila ada persangkaan pemiliknya Ridha maka tidak haram.

قوله: وكذا إن شك الخ) أي وكذلك تحرم مع صحتها بلا ثواب إن شك هل مالك الأرض أو الثوب يرضى بذلك أم لا؟ فقوله: مالكه الضمير يعود على المذكورين من الأرض والثوب.
وقوله: لا إن ظنه أي الرضا، فلا تحرم.
(Keterangan Pengarang "Demikian pula jika ragu") artinya demikian pula diharamkan beserta dihukumi sah tanpa pahala jika ragu akan kepemilikan tanah atau pakaian dia Ridha dengan itu atau tidak?maka" ungkapannya: "Kepemilikannya" dhomirnya kembali kepada yang disebutkan yaitu tanah dan pakaian.
Keterangan Pengarang "Tidak (haram) jika ia berprasangka" artinya Ridha maka tidak haram (kalau pemilik tanah diragukan kepemilikannya disangka kalau shalat disitu mereka Ridha maka tidak haram).
[I'aanah at Tholibin I/227]

Wallahu A'lamu Bis Showaab

[Ismidar Abdurrahman As-Sanusi]

>>Khoirul Wahidin
Ismidar Abdurrahman As-Sanusi 
Yai dzon rido disini apakah ada syarat2 tertentu yai?

>>Ismidar Abdurrahman As-Sanusi
Khoirul Wahidin Cukup apa qorinah/pembeda aja kang tidak disyaratkan apapun, ini sesuai perkataan matan:

وتصح بلا ثوب كما في ثوب مغصوب، وكذا إن شك في رضا مالكه لا إن ظنه بقرينة.
[البكري الدمياطي، إعانة الطالبين على حل ألفاظ فتح المعين، ٢٢٧/١]

Intinya ada sesuatu yang menunjukkan mereka Ridha

Link Diskusi:

Komentari

Lebih baru Lebih lama