Pertanyaan:
>> Syarif Hidayatullah
السّلام عليكم ورحمة الله وبركاته
Mohon maaf semuanya, saya ingin bertanya.
Ketika kita sholat terus rakaat kita kurang satu, dan kita ingatnya ketika sudah mengucapkan dua salam.
Apa yang harus kita lakukan, di ulang apa gimana gitu🙏
Jawaban:
>> Muhammad Wgn
berdasarkan penjelasan al-Qaffal dalam kitabnya Hilyatul Ulama fi Ma’rifatil Madzahibil Fuqaha. Berikut kutipannya:
وإن نسي ركعة من ركعات الصلاة وذكرها بعد السلام فإن لم يتطاول الفصل أتى بها وبنى على صلاته وإن تطاول الفصل استأنفها
وفي حد التطاول أوجه أحدها قال أبو إسحاق إن مضى قدر ركعة فهو تطاول وقد نص عليه الشافعي رحمه الله في البويطي والثاني أنه يرجع فيه إلى العرف والعادة فإن مضى ما يعد تطاولا استأنف وإن مضى ما لايعد تطاولا بنى والثالث قال أبو علي بن أبي هريرة إن مضى قدر الصلاة التى نسي فيها استأنف وإن كان دون ذلك بنى
Jika lupa sebagian raka’at shalat dan baru ingat setelah salam, kita boleh menambahkan rakaat yang dilupakan secara langsung bila selang waktunya tidak terlalu lama. Apabila jeda keduanya terlalu lama, kita wajib mengulang shalat secara keseluruhan. Ulama berbeda pendapat perihal seberapa lama selang waktunya. Menurut Abu Ishaq, jeda keduanya hanya kisaran durasi satu rakaat. Jika jedanya kurang dari durasi satu rakaat, dia boleh menambahkan bilangan rakaat yang terlupakan. Tetapi bila melebihi kadar satu rakaat shalat, ia diwajibkan mengulang shalat. Pendapat ini merupakan pandangan Imam asy-Syafi’i sebagaimana dikutip al-Buwaiti.
Pendapat kedua mengatakan, takaran jeda keduanya didasarkan pada kebiasaan atau tradisi masyarkat setempat. Bila menurut kebiasaan masyarakat, durasi jeda sudah terlalu lama, ia harus mengulang shalat. Tetapi jika durasi jedanya sebentar, ia hanya diwajibkan menambah raka‘at yang dilupakan.
Sementara menurut pendapat ketiga sebagaimana dikatakan Abu ‘Ali Ibnu Abu Hurairah, durasi jeda antara lupa dan menyempurnakan kekurangan raka’at diukur berdasarkan ukuran lamanya rakaat shalat yang dilupakan. Apabila jedanya kelewat lama, ia mesti mengulang dari awal. Kalau hanya sebentar, ia cukup menyempurnakan kekurangan raka’at yang terlupa.
>> Ismidar Abdurrahman As-Sanusi
Walaikumussalam
Bila meninggalkan raka'at sebab lupa dan ingat sesudah salam maka bila belum lama pemisahnya maka menambah raka'at yang kurang itu dan tidak perlu mengulang shalatnya tapi setelah ditambah sebelum salam lakukan sujud sahwi. Namun apabila sudah lama pemisahnya maka tidak ada cara lain melainkan harus mengulang shalat dari awal. Adapun ukuran lama dan sedikitnya dikembalikan kepada kebiasaan yang berlaku yakni kalau kebanyakan manusia menilai perbuatan itu lama maka terhitung lama demikian pula sebaliknya, inilah pendapat yang Shahih. Meskipun ada sebagian pendapat membatasi seukuran satu raka'at yang ringan, seukuran membaca Fatihah dan ukuran shalat yang dilakukan. Dalam hal ini tidak dibedakan menurut Madzhab Syafi'i apakah sesudah salam itu sudah dilakukan berbicara, keluar masjid dan lain sebagainya maka meskipun sudah melakukan itu semua tetap boleh melanjutkan raka'at yang ditinggalkannya itu atau rukun yang ditinggalkannya.
NB:
Meninggalkan raka'at sebagaimana diatas juga sama hukumnya bila meninggalkan rukun shalat dan ingat sesudah salam maka lakukan sebagaimana diatas.
وإن ترك ركعة ناسياً وذكرها بعد التسليم
نظرت فإن لم يتطاول الفصل أتى بها وإن تطاول استأنف واختلف أصحابنا في التطاول فقال أبو إسحاق: هو أن يمضي قدر ركعة وعليه نص في البويطي وقال غيره: يرجع فيه إلى العادة فإن كان قد مضى ما يعد تطاولاً استأنف الصلاة وإن مضى ما لا يعد تطاولاً بنى لأنه ليس له حد في الشرع فرجع فيه إلى العادة وقال أبو علي بن أبي هريرة: إن مضى مقدار الصلاة التي نسي فيها استأنف وإن كان دون ذلك بنى لأن آخر الصلاة يبنى على أولها وما زاد على ذلك لا يبنى عليه فجعل ذلك حداً
“Bila meninggalkan raka'at sebab lupa dan ingat sesudah salam dirinci:
• Bila belum lama pemisahnya maka didatangi raka'at yang lupa itu (ditambah)
• Bila sudah lama pemisahnya maka dimulai dari awal.
Para sahabat kami (Ulama Syafi'iyah) berselisih pendapat tentang (batasan) lama tersebut:
° Abu Ishaq berkata: Sudah berlalu seukuran satu raka'at, ini pula nas (Imam Syafi'i) dalam kitab Al Buwaithiy.
° Ulama lain berkata: Dikembalikan kepada kebiasaan, bila sudah melewati lama pemisahnya menurut kebiasaan orang maka dimulai dari awal dan bila belum melewati batas lama tersebut ditambah yang kurang itu, sebab syariat tidak ada memberi batasan lupa yang dimulai dari awal karena diikuti batasan tersebut sebab itulah batasannya".
[Al Muhadzdzab I/170]
إذَا سَلَّمَ مِنْ صَلَاتِهِ ثُمَّ تَيَقَّنَ أَنَّهُ تَرَكَ رَكْعَةً أَوْ رَكْعَتَيْنِ أَوْ ثَلَاثًا أَوْ أَنَّهُ تَرَكَ رُكُوعًا أَوْ سُجُودًا أَوْ غَيْرَهُمَا مِنْ الْأَرْكَانِ سِوَى النِّيَّةِ وَتَكْبِيرَةِ الْإِحْرَامِ فَإِنْ ذَكَرَ السَّهْوَ قَبْلَ طُولِ الْفَصْلِ لَزِمَهُ الْبِنَاءُ عَلَى صَلَاتِهِ فَيَأْتِي بِالْبَاقِي وَيَسْجُدُ لِلسَّهْوِ وَإِنْ ذَكَرَ بَعْدَ طُولِ الْفَصْلِ لَزِمَهُ اسْتِئْنَافُ الصَّلَاةِ هَكَذَا قَالَهُ الْمُصَنِّفُ هُنَا وَنَصَّ عَلَيْهِ الشَّافِعِيُّ فِي الْأُمِّ وَالْبُوَيْطِيُّ وَصَرَّحَ بِهِ الْأَصْحَابُ فِي جَمِيعِ الطُّرُقِ
وَحَكَى الْمُصَنِّفُ فِي التَّنْبِيهِ قَوْلًا أَنَّهُ يَبْنِي مَا لَمْ يَقُمْ مِنْ الْمَجْلِسِ وَهَذَا الْقَوْلُ شَاذٌّ فِي النَّقْلِ وَغَلَطٌ من حيث الدَّلِيلُ وَهُوَ مُنَابِذٌ لِحَدِيثِ ذِي الْيَدَيْنِ السَّابِقِ فَوَجَبَ رَدُّهُ وَالصَّوَابُ اعْتِبَارُ طُولِ الْفَصْلِ وَقِصَرِهِ وَفِي ضَبْطِهِ قَوْلَانِ وَوَجْهَانِ الصَّحِيحُ مِنْهَا عِنْدَ الاصحاب الرجوع الي العرف فان عدوه قنيلا فَقَلِيلٌ أَوْ كَثِيرًا فَكَثِيرٌ وَهَذَا هُوَ الْمَنْصُوصُ فِي الْأُمِّ وَبِهِ قَطَعَ جَمَاعَةٌ مِنْهُمْ الْبَنْدَنِيجِيُّ وَالثَّانِي قَدْرُ رَكْعَةٍ طَوِيلٌ وَدُونَهُ قَلِيلٌ وَهَذَا هو المنصوص في البويطي واختاره أبو اسحق الْمَرْوَزِيُّ وَعَلَى هَذَا الْمُعْتَبَرُ
“Bila seseorang yang shalat sudah melakukan salam dari shalatnya kemudian dia yakin meninggalkan satu raka'at, dua raka'at, atau tiga rakaat, atau meninggalkan ruku', sujud dan selain keduanya dari rukun shalat selain niat dan takbiratul wajib ihram maka bila ingat sebelum lama pemisahnya maka dibangun (ditambah) dan mendatangi sisanya (yang ditinggalkannya) dan sujud sahwi. Sedangkan bila sudah lama pemisahnya wajiblah baginya memulainya dari awal, yang demikian ini dikemukakan pengarang (Syeikh Abu Ishaq As Syairazy pengarang kitab Al Muhadzdzab) dan yang ditulis Imam Syafi'i dalam kitab Al UMM dan kitab Al Buwaithiy dan juga dijelaskan pengikut Imam Syafi'i dari semua jalurnya.
Pengarang menceritakan dalam kitab At Tanbih satu pendapat bahwa dibina (ditambah) selagi belum berdiri dari tempat duduknya dan pendapat ini syadz dalam nuqilan dan ditolak dengan dalil yaitu bertentangan dengan hadits Dzul Yadain terdahulu maka wajib lah menanggapinya”
[Al Majmuu' Syarh al Muhadzdzab IV/113]
وَالصَّوَابُ اعْتِبَارُ طُولِ الْفَصْلِ وَقِصَرِهِ وَفِي ضَبْطِهِ قَوْلَانِ وَوَجْهَانِ الصَّحِيحُ مِنْهَا عِنْدَ الاصحاب الرجوع الي العرف فان عدوه قنيلا فَقَلِيلٌ أَوْ كَثِيرًا فَكَثِيرٌ وَهَذَا هُوَ الْمَنْصُوصُ فِي الْأُمِّ وَبِهِ قَطَعَ جَمَاعَةٌ مِنْهُمْ الْبَنْدَنِيجِيُّ وَالثَّانِي قَدْرُ رَكْعَةٍ طَوِيلٌ وَدُونَهُ قَلِيلٌ وَهَذَا هو المنصوص في البويطي واختاره أبو اسحق الْمَرْوَزِيُّ وَعَلَى هَذَا الْمُعْتَبَرُ قَدْرُ رَكْعَةٍ خَفِيفَةٍ قَالَ فِي الْبُوَيْطِيِّ يَقْرَأُ فِيهَا الْفَاتِحَةَ فَقَطْ وَالثَّالِثُ قَدْرُ الصَّلَاةِ الَّتِي سَهَا فِيهَا طَوِيلٌ وَدُونَهُ قَلِيلٌ حَكَاهُ الْمُصَنِّفُ وَالْأَصْحَابُ عَنْ ابْنِ أَبِي هُرَيْرَةَ وَالرَّابِعُ حَكَاهُ الْمُتَوَلِّي وَالشَّاشِيُّ وَآخَرُونَ أَنَّ الْقَدْرَ الْمَنْقُولَ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ في قِصَّةِ ذِي الْيَدَيْنِ قَلِيلٌ وَالزِّيَادَةُ عَلَيْهِ طَوِيلٌ وَقَدْ سَبَقَ بَيَانُ الْقَدْرِ الْمَنْقُولِ وَهُوَ أَنَّهُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ " قَامَ إلَى نَاحِيَةِ المسجد وراجع ذى الْيَدَيْنِ وَسَأَلَ الْجَمَاعَةَ فَأَجَابُوا " قَالَ أَصْحَابُنَا وَحَيْثُ جَوَّزْنَا الْبِنَاءَ لَا فَرْقَ بَيْنَ أَنْ يَكُونَ تَكَلَّمَ بَعْدَ السَّلَامِ وَخَرَجَ مِنْ الْمَسْجِدِ وَاسْتَدْبَرَ الْقِبْلَةَ وَنَحْوَ ذَلِكَ وَبَيْنَ أَنْ لَا يَكُونَ لحديث ذى اليدين
[Al Majmuu' Syarh al Muhadzdzab IV/114-115]
Wallahu A'lamu Bis Showaab