Pertanyaan:
>> Teuku Mukhlis
Assalamualaikum.Saya mau tanya bagaimana hukumnya Bershalawat Setelah Azan oleh Muaazzin Misal pada Shalat Magrib ..Insya Dhuhur .. Ashar Dan subuh Pakai Mickrofon Sedangkan ada yang Shalat Sunnah Qabliyah Apakah yang bershalawat itu Haram atau dosa ..atau Ada Sunnahnya Bershalawat setelah Azan oleh Muaazzin mohon Penjelasan
Jawaban:
>> Ismidar Abdurrahman As-Sanusi
Walaikumussalam
Bersholawat sesudah adzan merupakan perbuatan sunah bahkan hukum sunah ini berlandaskan dalil yang Shahih, hukum sunah ini berlaku bagi diri orang adzan dan yang mendengar adzan. Adapun bila bersholawat itu dengan suara keras sampai mengganggu orang shalat atau tidur malah berhukum makruh tapi tidak haram, hal ini saya ilhakkan dengan mengeraskan bacaan Al Quran sampai mengganggu orang shalat dan tidur, bahkan bila mengeraskan bacaan tersebut di masjid hendaknya dilarang bila ada orang shalat.
(و) سن (لكل) من مؤذن ومقيم وسامعهما (أن يصلي) ويسلم (على النبي) (ص) (بعد فراغهما)، أي بعد فراغ كل منهما إن طال فصل بينهما، وإلا فيكفي لهما دعاء واحد.
[I'aanah Hamisy Fath Al Mu'in I/201]
قوله: ولا يجهر مصل وغيره) أي كقارئ وواعظ ومدرس.
(قوله: إن شوش على نحو نائم أو مصل) لفظ نحو، مسلط على المعطوف والمعطوف عليه، ونحو الثاني، الطائف والقارئ والواعظ والمدرس.
وانظر ما نحو النائم.
ويمكن أن يقال نحوه المتفكر في آلاء الله وعظمته، بجامع الاستغراق في كل.
وقوله: فيكره أي التشويش على من ذكر.
وقضية عبارته كراهة الجهر إذا حصل التشويش ولو في الفرائض، وليس كذلك لأن ما طلب فيه الجهر - كالعشاء - لا يترك فيه الجهر لما ذكر، لأنه مطلوب لذاته فلا يترك لهذا العارض.
أفاده ع ش.
(قوله: مطلقا) أي سواء شوش عليه أو لا.
(قوله: لأن المسجد الخ) هذه العلة تخصص المنع من الجهر مطلقا بما إذا كان المصلي يصلي في المسجد لا في غيره.
[I'aanah at Tholibin I/180]
Wallahu A'lamu Bis Showaab
Link Diskusi: