0795. HUKUM DARAH YANG KELUAR SAAT HAMIL

Pertanyaan:

السلام عليكم
Nderek mtur gus...,ada orang hamil mengluarken darah,istilah jowo ngeflek.apakh itu dnmkan darah haid....?
[M Soiman]
Jawaban:
Walaikumussalam

Wanita hamil yang mengeluarkan darah disaat hamil maka untuk menghukumi apakah darah itu darah haid atau bukan ditafsil:
• Bila darah itu keluar seperti ketentuan haid misalnya tidak kurang dari 24 jam dan tidak lebih dari 15 hari dan malamnya maka darah itu adalah darah haid, dengan ini wanita hamil tersebut wajib meninggalkan shalat, puasa dan sebagainya dan wajib mengqodho puasa.

• Bila darah itu tidak sesuai dengan ciri haid sebagaimana dijelaskan maka darah itu adalah darah istihadhoh bukan haid, dengan ini wajib baginya melakukan shalat dan ibadah lainnya.

إذا رأت الحامل دماً، وبلغت مدته أقل مدة الحيض - وهي يوم وليلة - ولم يتجاوز أكثر مدة الحيض - وهي خمسة عشر يوماً بلياليها- اعتبر هذا الدم حيضاً على الأظهر، فتدع الصلاة والصوم وكل ما يحرم على الحائض. أما إذا كان الدم الذي رأته أقل من مدة الحيض، أو أكثر من مدة أكثره، اعتبر الأقل والزائد دم استحاضة، وأخذ حكمه من حيث الصلاة وغيرها.
“Apabila wanita hamil dan sudah mencapai batas sekurang-kurangnya batas haid yaitu sehari semalam dan belum lebih dari batas haid yaitu 15 hari dan malamnya, yang dapat diambil i'tibar bahwa itu adalah darah haid berdasarkan pendapat yang adzhar, maka wanita hamil itu (saat keluar darah) hendaknya meninggalkan shalat, puasa dan setiap yang diharamkan selama haid. Adapun apabila darah itu kurang dari masa sekurang-kurangnya batas haid atau lebih dari batas haid maka yang dapat diambil i'tibar itu darah istihadhoh dan hukumnya tetap wajib shalat dan selainnya”
[Al Fiqh Al Manhaji Ala al Madzhab as Syafi'i I/83]

وَالْأَظْهَرُ أَنَّ دَمَ الْحَامِلِ حَيْضٌ. قَالُوا: وَسَبَبُ خُرُوجِ الدَّمِ مِنْ الْحَامِلِ ضَعْفُ الْوَلَدِ، فَإِنَّهُ يَتَغَدَّى بِدَمِ الْحَيْضِ، فَإِذَا ضَعُفَ الْوَلَدُ فَاضَ الدَّمُ، وَخَرَجَ ثُمَّ إنَّ الضَّعْفَ لَا يَكُونُ غَالِبًا إلَّا فِي الْأَشْفَاعِ مِنْ الشُّهُورِ، فَإِنَّ الْوَلَدَ يَقْوَى فِي الْفَرْدِ، وَلِذَلِكَ كَانَ مَنْ وُلِدَ لِسَبْعَةِ أَشْهُرٍ يَعِيشُ وَمَنْ وُلِدَ لِثَمَانِيَةِ أَشْهُرٍ لَا يَعِيشُ وَاَللَّهُ أَعْلَمُ. ذَكَرَهُ الشَّعْرَانِيُّ فِي الْمِيزَانِ. فَائِدَةٌ: قَالَ مُجَاهِدٌ: إذَا حَاضَتْ الْمَرْأَةُ فِي حَمْلِهَا كَانَ ذَلِكَ نُقْصَانًا فِي وَلَدِهَا، فَإِنْ زَادَتْ عَلَى التِّسْعَةِ كَانَ ذَلِكَ تَمَامًا لِمَا نَقَصَ. اهـ. شَبْرَخِيتِيٌّ.
[Hasyiyah Bujairomi ala Syarh al Manhaj I/338]

Wallahu A'lamu Bis Showaab
[Ismidar Abdurrahman As-Sanusi]

Link Diskusi:

Komentari

Lebih baru Lebih lama