0819. CARA MEMBASUH JENGGOT SAAT WUDHU

Pertanyaan:
>> Imam Sukma Ningrat
Assalamualaikum para ustadz. 
Saya kembali dengan membawa pertanyaan. 
1. Apakah jenggot wajib dibasuh (basah) saat wudlu? 
2. Bagaimana jika panjang jenggotnya contoh 1 meter, apakah tetap wajib di basuh?

Wassalam

Jawaban:
>> Nur Fuad As-Syaiban
وعليكم السلام ورحمة الله...
No. 1.

وأما لحية الرجل الكثيفة بأن لم يرَ المخاطبُ بشرتَها من خلالها فيكفي غسل ظاهرها، بخلاف الخفيفة، وهي ما يرى المخاطب بشرتها، فيجب إيصال الماء لبشرتها، وبخلاف لحية امرأة وخنثى، فيجب إيصال الماء لبشرتهما ولو كثفا.
ولا بد مع غسل الوجه من غسل جزء من الرأس والرقبة وما تحت الذقن.
[محمد بن قاسم الغزي، فتح القريب المجيب في شرح ألفاظ التقريب = القول المختار في شرح غاية الاختصار، صفحة ٣٢]

No.2

Sependek ini hukumnya wajib.


(الثاني غسل الوجه) وهو ما بين منابت شعر رأسه وتحت منتهى لحيته وما بين أذنيه
وباطنها مع البشرة التي تحتها وإن كثفت لأ ا من الوجه لا باطن الكثيف الخارج عنه فمنه شعوره كالحاجبين والأهداب والشاربين والعذارين فيجب غسل ظاهر هذه الشعور

"Fardhu wudhu [yang kedua adalah membasuh wajah.] Dari sisi bagian atas ke bawah, batasan wajah adalah bagian antara tempat-tempat tumbuhnya rambut dan bawah ujung jenggot. Dari sisi bagian samping, batasan wajah adalah bagian antara kedua
telinga. Termasuk dalam bagian wajah adalah rambut-rambut yang
tumbuh di atasnya, seperti; dua alis, bulu mata, kumis, dan rambut di tepi pipi yang berhadapan dengan telinga (Jawa; Godek). Oleh karena itu, diwajibkan membasuh bagian luar dan bagian dalam rambut-rambut tersebut beserta kulit di bawahnya, meskipun tebal, karena rambut-rambut tersebut termasuk bagian wajah. Sedangkan rambut tebal yang di luar batas wajah maka hanya diwajibkan membasuh bagian luarnya saja."



Untuk lebih sorihnya, kita tunggu masyayikhnya hadir

>> Ismidar Abdurrahman As-Sanusi
Walaikumsalam

1. Ketika wudhu bagi orang yang mempunyai jénggot yang tebal wajib membasuh dengan mengaliri air pada jenggot tersebut, artinya sampai basah, namun, cukup membasuh bagian Dzohir saja, yakni yang nampak, sedangkan yang bathin atau yang tidak nampak tidak wajib, sunah pula menyela jenggot saat wudhu.

اللِّحْيَةُ الْكَثِيفَةُ يَجِبُ غَسْلُ ظَاهِرِهَا بِلَا خِلَافٍ وَلَا يَجِبُ غَسْلُ بَاطِنِهَا وَلَا الْبَشَرَةِ تَحْتَهُ هَذَا هُوَ الْمَذْهَبُ الصَّحِيحُ الْمَشْهُورُ الَّذِي نَصَّ عَلَيْهِ الشَّافِعِيُّ رَحِمَهُ اللَّهُ وَقَطَعَ بِهِ جُمْهُورُ الْأَصْحَابِ 
“Jenggot yang kategori tebal wajib dibasuh dzohirnya tanpa ada khilaf dan tidak wajib membasuh batinnya dan tidak pula rambut yang berada diatas jenggot, inilah yang dijadikan Madzhab, shahih lagi masyhur yang diterangkan oleh Imam Syafi'i Rahimahullah dan ditetapkan Mayoritas pengikut beliau”.
[Al Majmuu' Syarh al Muhadzdzab I/374]

2. Jenggot yang panjangnya melebihi ukuran wajah ada dua pendapat yang berkisar dalam kitab Syafi'i, apakah wajib dibasuh kala wudhu, namun demikian pendapat yang shahih mengatakan wajib membasuhnya. Dengan ini maka jenggot yang panjangnya sampai 1 at
Atau 2 meter wajib dibasuh sampai basah dan ketentuannya sama dengan point' 1 yaitu wajib membasuh luarnya saja.

فإن خرجت عن حد الوجه وكانت كثيفة وجب غسل ظاهرها فقط، وإن كانت نادرة الكثافة وإن خفت، وجب غسل ظاهرها وباطنها.
“Jika bulu jenggot melebihi ukuran wajah dan jenggot itu tebal wajib membasuh dzohirnya saja, dan jika tipis wajib membasuh dzohir dan bathin”.
[I'aanah at Tholibin I/51]

أَمَّا حُكْمُ الْمَسْأَلَةِ فَقَالَ أَصْحَابُنَا إذَا خَرَجَتْ اللِّحْيَةُ عَنْ حَدِّ الْوَجْهِ طُولًا أَوْ عَرْضًا أَوْ خَرَجَ شَعْرُ الْعِذَارِ أَوْ الْعَارِضِ أَوْ السِّبَالِ فَهَلْ يَجِبُ إفَاضَةُ الْمَاءِ عَلَى الْخَارِجِ فِيهِ قَوْلَانِ مَشْهُورَانِ وَهَذِهِ الْمَسْأَلَةُ أَوَّلُ مَسْأَلَةٍ نَقَلَ الْمُزَنِيّ فِي الْمُخْتَصَرِ فِيهَا قَوْلَيْنِ الصَّحِيحُ مِنْهُمَا عِنْدَ الْأَصْحَابِ الْوُجُوبُ وَقَطَعَ بِهِ جَمَاعَاتٌ من اصحاب المختصرات والثاني لَا يَجِبُ لَكِنْ يُسْتَحَبُّ وَالْقَوْلَانِ جَارِيَانِ فِي الْخَارِجِ عَنْ حَدِّ الْوَجْهِ طُولًا أَوْ عَرْضًا كما ذكرناه صرح به أبو على البند نيجي فِي كِتَابِهِ الْجَامِعِ وَآخَرُونَ: ثُمَّ إنَّ عِبَارَةَ جُمْهُورِ الْأَصْحَابِ كَعِبَارَةِ الْمُصَنِّفِ يَقُولُونَ هَلْ يَجِبُ إفَاضَةُ الْمَاءِ عَلَى الْخَارِجِ فِيهِ قَوْلَانِ: وَعِبَارَةُ صَاحِبِ الشَّامِلِ وَقَلِيلِينَ هَلْ يَجِبُ غَسْلُ ظَاهِرِ الْخَارِجِ فِيهِ قَوْلَانِ قَالَ الرَّافِعِيُّ لَفْظُ الْإِفَاضَةِ فِي اصْطِلَاحِ الْمُتَقَدِّمِينَ إذَا اُسْتُعْمِلَ فِي الشَّعْرِ كَانَ لِإِمْرَارِ الْمَاءِ عَلَى الظَّاهِرِ وَلَفْظُ الْغَسْلِ لِلْإِمْرَارِ عَلَى الظَّاهِرِ مَعَ الْإِدْخَالِ فِي الْبَاطِنِ وَلِهَذَا اعْتَرَضُوا عَلَى الزُّبَيْرِيِّ حِينَ قَالَ فِي هَذِهِ الْمَسْأَلَةِ يَجِبُ الْغَسْلُ فِي قَوْلٍ وَالْإِفَاضَةُ فِي قَوْلٍ وَقَالُوا الْغَسْلُ غَيْرُ وَاجِبٍ قَوْلًا وَاحِدًا وَإِنَّمَا الْقَوْلَانِ فِي الْإِفَاضَةِ وَمَقْصُودُ الْأَئِمَّةِ بِلَفْظِ الْإِفَاضَةِ أَنَّ دَاخِلَ الْمُسْتَرْسِلِ لَا يَجِبُ غَسْلُهُ قَوْلًا وَاحِدًا -إلى أن قال- 

* (فَرْعٌ)

وَقَدْ ذَكَرْنَا الْقَوْلَيْنِ فِي وُجُوبِ إفَاضَةِ الْمَاءِ عَلَى ظَاهِرِ شُعُورِ الْوَجْهِ الْخَارِجَةِ عَنْ حَدِّهِ وَالصَّحِيحُ مِنْهُمَا عِنْدَ الْأَصْحَابِ الْوُجُوبُ كَمَا سَبَقَ وَهُوَ مَحْكِيٌّ عَنْ مَالِكٍ وَأَحْمَدَ وَعَدَمُ الْوُجُوبِ مَحْكِيٌّ عَنْ أَبِي حَنِيفَةَ وَدَاوُد وَاخْتَارَهُ الْمُزَنِيّ وَدَلِيلُ الْقَوْلَيْنِ مَا ذَكَرَهُ الْمُصَنِّفُ: وَأَجَابَ الْأَصْحَابُ لِلْقَوْلِ الصَّحِيحِ بِمَا احْتَجَّ بِهِ الْآخَرُ مِنْ الْقِيَاسِ عَلَى الذُّؤَابَةِ بِجَوَابَيْنِ: أَحَدُهُمَا أَنَّ الرَّأْسَ اسْمٌ لِمَا تَرَأَّسَ وَعَلَا وَلَيْسَتْ الذُّؤَابَةُ كَذَلِكَ وَالْوَجْهُ مَا حَصَلَتْ بِهِ الْمُوَاجَهَةُ وَهِيَ حَاصِلَةٌ بِالْمُسْتَرْسِلِ: وَالثَّانِي أَنَّا سَلَكْنَا الِاحْتِيَاطَ فِي الْمَوْضِعَيْنِ وَاَللَّهُ أَعْلَمُ
[Al Majmuu' Syarh al Muhadzdzab I/379-380]

Walllahu A'lamu Bis Showaab

Berdasarkan Ibarot yang disampaikan diatas termasuk ibarot Ustadz Nur Fuad As-syaiban maka bisa diraih kesimpulan:
1. Ketika berwudhu maka wajib membasuh Jenggot, baik jenggot itu tebal maupun tipis. Adapun jenggot yang tipis wajib membasuh dzohir dan batin artinya sampai ke kulit, sedang jenggot yang tebal cukup membasuh yang terlihat saja, namun sunah menyela jari supaya air sampai ke kulit. Ukuran membasuh harus air itu mengalir, sebab dalam pembahasan wudhu tidak disebut membasuh melainkan air itu harus mengalir.

2. Jenggot yang tebal sampai melebihi wajah terjadi khilaf dalam Madzhab Syafi'i, namun yang shahih dan ditetapkan kebanyakan Ulama Syafi'iyah wajib membasuhnya, dengan ini walaupun panjang sampai ke tanah 😀 wajib dibasuh, batasannya cukup dibasuh bagian Dzohir saja dan bagian bathin sunah disela.

Walllahu A'lamu Bis Showaab

Link Diskusi:

Komentari

Lebih baru Lebih lama