Pertanyaan:
Assalamualaikum,mau tanya kpda para ahli fiqih.🙏🙏🙏
Pa siih sbenarnya hukum para kaum Hawa yg ikut mengantarkan jenazah k Makam?
da yg bilang tidk boleh,da jg sbaliknya.🙏🙏
Wassalam bil Ma'af.
[Rismawan Awan]
Jawaban:
>> Ahmad Farhan
Hukumnya makruh, tapi tidak sampai diharamkan, dalil nya hadist Rasulullah, di dlm kitab riyadush Sholihin🙏
>> Ismidar Abdurrahman As-Sanusi
Walaikumussalam
Wanita ikut mengantar jenazah hukumnya makruh dengan syarat tidak menimbulkan fitnah, bila akan menimbulkan fitnah maka haram. Fitnah disini bermaksud karena pada umumnya wanita itu lemah hatinya mudah menangis tak karuan dan meratap maka itu sebabnya dilarang.
وَتَشْيِيعُ الْجِنَازَةِ سُنَّةٌ مُؤَكَّدَةٌ وَيُكْرَهُ لِلنِّسَاءِ مَا لَمْ يُخْشَ مِنْهُ فِتْنَةٌ أَيْ مِنْهُنَّ أَوْ عَلَيْهِنَّ وَإِلَّا حَرُمَ كَمَا هُوَ قِيَاسُ نَظَائِرِهِ اهـ. حَجّ. اهـ. ع ش
“Mengantar jenazah adalah sunah Muakkad dan makruh bagi wanita selagi tidak takut terjadi fitnah artinya sebagian dari mereka atau kepada mereka, bila sampai menimbulkan fitnah diharamkan sebagaimana diqiyaskan yang sudah tampak. Selesai Ibn Hajar dan Selesai kutipan Syeikh Ali Syibromalisy”
[Hasyiyah al Jamal ala Syarh al Manhaj II/165]
Nambahin gan**
Dalil larangan wanita ikut mengantar jenazah adalah hadits:
عَنْ أُمِّ عَطِيَّةَ نُهِينَا عَنِ اتِّبَاعِ الجنائز ولا يُعْزَمْ عَلَيْنَا
"Dari Ummi Athiyyah 'Kami dilarang mengantar janazah dan larangannya tidak keras bagi kami'" (HR. Bukhari dan Muslim)
Hadits tersebut diatas diambil mafhum oleh kalangan Syafi'iyah makruh wanita ikut mengantar jenazah, tidak haram, itu semua bila tidak menimbulkan fitnah seperti diterangkan Ulama Fiqih Syafi'iyah, bila tidak maka haram. Sebagian Ulama ada yang membolehkan, itulah Ulama Madinah dan Imam Malik; Hanya saja Imam Malik memakruhkan wanita yang masih muda ikut mengantar jenazah.
قَوْلُهُ (عَنْ أُمِّ عَطِيَّةَ نُهِينَا عَنِ اتِّبَاعِ الجنائز ولا يُعْزَمْ عَلَيْنَا) مَعْنَاهُ نَهَانَا رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ ذَلِكَ نَهْيَ كَرَاهَةِ تَنْزِيهٍ لَا نَهْيَ عَزِيمَةِ تَحْرِيمٍ وَمَذْهَبُ أَصْحَابِنَا أَنَّهُ مَكْرُوهٌ لَيْسَ بِحَرَامٍ لِهَذَا الْحَدِيثِ قَالَ الْقَاضِي قَالَ جُمْهُورُ الْعُلَمَاءِ بِمَنْعِهِنَّ مِنَ اتِّبَاعِهَا وَأَجَازَهُ عُلَمَاءُ الْمَدِينَةِ وَأَجَازَهُ مَالِكٌ وَكَرِهَهُ لِلشَّابَّةِ
“Dari Ummi Athiyyah 'Kami dilarang mengantar janazah dan larangannya tidak keras bagi kami', maknanya Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasallam melarang kami ikut mengantar jenazah, larangan itu adalah makruh tanzih, tidak haram. Madzhab para Sahabat kami (Ulama Syafi'iyah) larangan itu makruh bukan haram berdasarkan hadits ini. Al Qodhy Berkata: 'Mayoritas Ulama melarang wanita ikut mengantar jenazah, Ulama Ahli Madinah membolehkan dan Imam Malik membolehkan dan beliau memakruhkan bagi wanita yang masih muda”
[Syarh an Nawawi ala Muslim VII/2]
قَوْلُهُ وَلَمْ يَعْزِمْ عَلَيْنَا أَيْ وَلَمْ يُؤَكِّدْ عَلَيْنَا فِي الْمَنْعِ كَمَا أَكَّدَ عَلَيْنَا فِي غَيْرِهِ مِنَ الْمَنْهِيَّاتِ فَكَأَنَّهَا قَالَتْ كَرِهَ لَنَا اتِّبَاعَ الْجَنَائِزِ مِنْ غَيْرِ تَحْرِيمٍ وَقَالَ الْقُرْطُبِيُّ ظَاهِرُ سِيَاقِ أُمِّ عَطِيَّةَ أَنَّ النَّهْيَ نَهْيُ تَنْزِيهٍ وَبِهِ قَالَ جُمْهُورُ أَهْلِ الْعِلْمِ وَمَالَ مَالِكٌ إِلَى الْجَوَازِ وَهُوَ قَوْلُ أَهْلِ الْمَدِينَةِ وَيَدُلُّ عَلَى الْجَوَاز مَا رَوَاهُ بن أَبِي شَيْبَةَ مِنْ طَرِيقِ مُحَمَّدِ بْنِ عَمْرِو بْنِ عَطَاءٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ فِي جِنَازَةٍ فَرَأَى عُمَرُ امْرَأَةً فَصَاحَ بِهَا فَقَال دعها يَا عمر الحَدِيث وَأخرجه بن مَاجَهْ وَالنَّسَائِيُّ مِنْ هَذَا الْوَجْهِ وَمِنْ طَرِيقٍ أُخْرَى عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ عَمْرِو بْنِ عَطَاءٍ عَنْ سَلَمَةَ بْنِ الْأَزْرَقِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ وَرِجَالُهُ ثِقَاتٌ وَقَالَ الْمُهَلَّبُ فِي حَدِيثِ أُمِّ عَطِيَّةَ دَلَالَةٌ عَلَى أَنَّ النَّهْيَ مِنَ الشَّارِعِ عَلَى دَرَجَاتٍ وَقَالَ الدَّاوُدِيُّ قَوْلُهَا نُهِينَا عَنِ اتِّبَاعِ الْجَنَائِزِ أَيْ إِلَى أَنْ نَصِلَ إِلَى الْقُبُورِ
[Fath al Baari Li Ibn Hajar III/145]
Wallahu A'lamu Bis Showaab
Link Diskusi: