0831. HUKUM SHALAT IED TANPA KHUTBAH

Pertanyaan:
Assalamu'alaikum...?
Ust...sya mau brtanya.
Bagaimana hukumnya solat Idul Fitri, klo d laksanakan secara berjamaah, tetapi gk pake khutbah...?
[Coboy]

Jawaban:
Wa'alaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh
Ketika shalat ied dilaksanakan berjamaah sunah setelah shalat dilakukan khutbah, hanya saja Khutbah tersebut hukumnya sunah dan tidak wajib, bahkan andai shalat ied berjamaah tersebut tanpa khutbah shalat ied tidak lah batal, artinya shalatnya sah. Ini kalau shalat Ied dilakukan berjamaah tapi kalau shalat sendirian dirumah tidak sunah Khutbah. Sekurang-kurangnya atau minimal yang disebut berjamaah adalah dua orang bahkan kalau dua orang tersebut satu orang Khutbah demi menggapai Kesunahan, khutbah Ied juga sunah kalau ada dua orang atau tiga orang meskipun mereka itu mau shalat sendirian seperti tidak ada yang mau jadi Imam.
أَمَّا الْأَحْكَامُ فَيُسَنُّ بَعْدَ صَلَاةِ الْعِيدِ خُطْبَتَانِ عَلَى مِنْبَرٍ 
“Adapun hukum-hukum (dalam pasal ini) disunahkan Sesudah shalat Ied dua khutbah atas mimbar”
[Al Majmuu' Syarh al Muhadzdzab V/22]
وَخُطْبَتُهَا بَعْدَهَا. وَلَوْ تُرِكَتِ الْخُطْبَةُ، لَمْ تَبْطُلِ الصَّلَاةُ. وَإِذَا قُلْنَا بِالْمَذْهَبِ، فَصَلَّاهَا الْمُنْفَرِدُ، لَمْ يَخْطُبْ عَلَى الصَّحِيحِ
“Dan khutbah (ied dilakukan) sesudah shalat dan jikalau meninggalkan Khutbah tidak batal shalatnya. Bila kita mengikuti pendapat yang dijadikan Madzhab maka shalat Ied sendirian tidak khutbah berdasarkan pendapat yang shahih”
[Roudhoh At Tholibin II/70]
قَوْلُهُ وَسُنَّ خُطْبَتَانِ بَعْدَهُمَا) فَلَوْ فُعِلَتَا قَضَاءً فِي جَمَاعَةٍ فَتُسَنُّ الْخُطْبَتَانِ حِينَئِذٍ
قَوْلُهُ لِجَمَاعَةٍ) أَيْ وَلَوْ صَلَّوْا فُرَادَى لِأَنَّ الْمَقْصُودَ الْوَعْظُ وَأَقَلُّ الْجَمَاعَةِ اثْنَانِ كَمَا مَرَّ فَلَوْ كَانَ اثْنَانِ مُجْتَمِعَانِ سُنَّ لِأَحَدِهِمَا أَنْ يَخْطُبَ وَإِنْ صَلَّى كُلٌّ مِنْهُمَا مُنْفَرِدًا اهـ. شَيْخُنَا

“(Ucapan Mushonnif: Disunahkan dua khutbah sesudahnya) Jikalau mengerjakannya secara qodho' berjamaah juga sunah dua khutbah ketika itu.
(Ucapan Mushonnif: Berjamaah) artinya walaupun mereka shalatnya sendiri-sendiri karena maksud Khutbah adalah nasehat, minimal berjamaah dua orang seperti berlaku, jikalau dua orang sunah salah satu dari keduanya Khutbah meskipun sebagian mereka shalat sendirian, selesai redaksi Guru kita”
[Hasyiyah al Jamal ala Syarh al Manhaj II/96]
Walllahu A'lamu Bis Showaab

[Ismidar Abdurrahman As-Sanusi]

Link Diskusi:

Komentari

Lebih baru Lebih lama