0839. SAAT LUPA TAKBIR TAMBAHAN SHALAT IED

Pertanyaan:
Bagaimn hukumnya Klo imam lupa takbir rekaat pertama wktu sholat idulftri
[Alamsyah]

Jawaban:
Lupa takbir dalam shalat Ied ditafsil:
• Bila lupa Ketika ruku' atau sesudahnya
Maka gak usah takbir dan tidak perlu diulang bahkan andai nekat kembali berdiri untuk bertakbir batal shalatnya bila mengetahui keharamannya dan bila tidak tidak batal.
• Bila ingat sebelum ruku' atau saat membaca Fatihah atau sesudahnya ada dua pendapat dalam Madzhab Syafi'i:
1. Pendapat yang shahih
Tidak perlu bertakbir, ini juga Qoul Jadid imam Syafi'i
Karena sudah terlewat pada tempatnya sebab tempat membaca takbir zawaid itu sebelum membaca Al Fatihah.
2. Qoul Qodim
Diulang membaca takbir bahkan andai ingat tengah membaca Al Fatihah lupa takbir maka Fatihahnya diputuskan lalu bertakbir setelah selesai ulangi Fatihahnya.

Pendapat yang benar sebagaimana dikatakan Imam Nawawi adalah pendapat pertama, ini juga yang ditetapkan Mayoritas Ulama Syafi'iyah dan dinaskan Imam Syafi'i dalam kitab Al Umm.


Wallahu A'lamu Bis Showaab

المجموع شرح المهذب ج ٥ ص ١٩ المكتبة الإسلامية
فَرْعٌ)
لَوْ نَسِيَ التَّكْبِيرَاتِ الزَّائِدَةَ فِي صَلَاةِ الْعِيدِ فِي رَكْعَةٍ فَتَذَكَّرَهُنَّ فِي الرُّكُوعِ أَوْ بَعْدَهُ مَضَى فِي صَلَاتِهِ وَلَا يُكَبِّرُهُنَّ وَلَا يَقْضِيهِنَّ فَإِنْ عَادَ إلَى الْقِيَامِ لِيُكَبِّرَهُنَّ بَطَلَتْ صَلَاتُهُ إنْ كَانَ عَالِمًا بِتَحْرِيمِهِ وَإِلَّا فَلَا وَلَوْ تَذَكَّرَهُنَّ قَبْلَ الرُّكُوعِ إمَّا فِي الْقِرَاءَةِ وَإِمَّا بَعْدَهَا فَقَوْلَانِ (الصَّحِيحُ)
الْجَدِيدُ أَنَّهُ لَا يَأْتِي بِهِنَّ لِفَوَاتِ مَحَلِّهِنَّ وَهُوَ قَبْلَ الْقِرَاءَةِ وَالْقَدِيمُ يَأْتِي بِهِنَّ سَوَاءٌ ذَكَرَهُنَّ فِي الْقِرَاءَةِ أَوْ بَعْدَهَا مَا لَمْ يَرْكَعْ وَعِنْدَهُ أَنَّ مَحَلَّهُنَّ الْقِيَامُ وَهُوَ بَاقٍ فَعَلَى الْقَدِيمِ لَوْ تَذَكَّرَ فِي أَثْنَاءِ الْفَاتِحَةِ قَطَعَهَا وَكَبَّرَهُنَّ ثُمَّ اسْتَأْنَفَ الْفَاتِحَةَ وَلَوْ تَذَكَّرَهُنَّ بَعْدَ الْفَاتِحَةِ كَبَّرَهُنَّ وَيُسْتَحَبُّ اسْتِئْنَافُ الْفَاتِحَةِ وَفِيهِ وَجْهٌ شَاذٌّ حَكَاهُ الرَّافِعِيُّ أَنَّهُ يَجِبُ اسْتِئْنَافُ الْفَاتِحَةِ (وَالصَّوَابُ) الْأَوَّلُ وَبِهِ قَطَعَ الْجُمْهُورُ وَنَصَّ عَلَيْهِ فِي الْأُمِّ وَاتَّفَقُوا عَلَى أَنَّهُ لَوْ تَرَكَهُنَّ حَتَّى تَعَوُّذَ وَلَمْ يَشْرَعْ فِي الْفَاتِحَةِ أَتَى بِهِنَّ لِأَنَّ مَحَلَّهُنَّ قَبْلَ الْقِرَاءَةِ وَتَقْدِيمُهُنَّ عَلَى التَّعَوُّذِ سُنَّةٌ لاشرط

[Ismidar Abdurrahman As-Sanusi]

Link Diskusi:

Komentari

Lebih baru Lebih lama