1027. TADARUSAN SAMPAI MENGGANGGU




Pertanyaan:
Asala mualaikum wr wb

 Saya izin bertanya apa yg membenarkan tentang tadarusan di mesjid, di larang karena menggangu orang yg tidur,karena di haramkan dalam fiqih
Kasih tau sabab musabab dan referensinya terima kasih🙏
[Aruell Al Muharom]

Jawaban:
Walaikumussalam

Membaca Al Qur'an memang dianjurkan dengan keras, termasuk keumuman "KERAS" disini dengan menggunakan alat pengeras suara; namun selama tidak menggangu orang shalat, tidur, berdzikir, belajar ilmu dan amal; bila ini dilakukan maka dilarang; sebab dilarang sebab ada unsur menyakiti/atau mengganggu. Bila ini terjadi hendaknya dengan suara rendah lebih utama. Itupun tidak mutlak; dapat diseimbangkan sekiranya belum waktu orang tidur atau bukan waktu shalat bisa dengan pengeras suara dan bila sudah waktunya maka hentikan pemakaian pengeras suara dan cukup dengan suara biasa hanya area masjid yang mendengar. Hanya saja bila ada unsur mengganggu sebagaimana disebutkan dihukumi makruh; ini kalau tingkat mengganggunya lebih kecil tapi kalau taraf mengganggunya lebih besar maka dihukumi haram.

فَقَدْ نَقَلَ فِي الْمَجْمُوعِ عَنْ الْعُلَمَاءِ أَنَّ مَحَلَّ فَضِيلَةِ رَفْعِ الصَّوْتِ بِقِرَاءَةِ الْقُرْآنِ إذَا لَمْ يَخَفْ رِيَاءً وَلَمْ يَتَأَذَّ بِهِ أَحَدٌ، وَإِلَّا فَالْإِسْرَارُ أَفْضَلُ، وَهَذَا جَمْعٌ بَيْنَ الْأَخْبَارِ الْمُقْتَضِيَةِ لِأَفْضَلِيَّةِ الْإِسْرَارِ، وَالْأَخْبَارِ الْمُقْتَضِيَةِ لِأَفْضَلِيَّةِ الرَّفْعِ اهـ.
وَيُقَاسُ عَلَى ذَلِكَ مَنْ يَجْهَرُ بِالذِّكْرِ أَوْ الْقِرَاءَةِ بِحَضْرَةِ مَنْ يُطَالِعُ أَوْ يَدْرِسُ أَوْ يُصَنِّفُ كَمَا أَفْتَى بِهِ شَيْخِي قَالَ: وَلَا يَخْفَى أَنَّ الْحُكْمَ عَلَى كُلٍّ مِنْ الْإِسْرَارِ وَالْجَهْرِ بِكَوْنِهِ سُنَّةً مِنْ حَيْثُ ذَاتُهُ، وَاخْتَلَفُوا فِي التَّوَسُّطِ، فَقَالَ بَعْضُهُمْ، يُعْرَفُ بِالْقَايِسَةِ بَيْنَ الْجَهْرِ وَالْإِسْرَارِ كَمَا أَشَارَ إلَيْهِ بِقَوْلِهِ تَعَالَى: {وَلا تَجْهَرْ بِصَلاتِكَ} [الإسراء: 110] الْآيَةَ.
[Mughni al Muhtaaj I/363]

مسألة : ك) : لا يكره في المسجد الجهر بالذكر بأنواعه ، ومنه قراءة القرآن إلا إن شوّش على مصلّ أو أذى نائماً ، بل إن كثر التأذي حرم فيمنع منه حينئذ ، كما لو جلس بعد الأذان يذكر الله تعالى ، وكل من أتى للصلاة جلس معه وشوّش على المصلين ، فإن لم يكن ثم تشويش أبيح بل ندب لنحو تعليم إن لم يخف رياء
[Bughyah al Mustarsyidiin Halaman 44]

Wallahu A'lamu Bis Showaab

(Dijawab oleh : Ismidar Abdurrahman As-Sanusi)

Link Diskusi:

Komentari

Lebih baru Lebih lama