Pertanyaan:
Assalamu'alaikum sahabat fiqih semua ijin bertanya lagi nih,
Gimana hukumnya kalau seumpama seseorang mengambil buah-buahan di tanah wakaf itu dosa ga yah?
[Rii Nst]
Jawaban:
Walaikumussalam
Buah pohon yang berada ditanah waqaf, baik yang disediakan untuk umum atau tanah kuburan boleh bagi siapa saja memakan buah tersebut dan mengambilnya. Namun yang lebih utama bauh itu digunakan untuk kemaslahatan waqaf. Berbeda halnya, bila tanah waqof tersebut merupakan waqof yang khusus untuk pribadi, umpamanya, si Doel mewaqofkan tanahnya untuk si cung maka ketika tanah itu sudah berada pada kepemilikan si cung maka buah pohon tanah itu tidak boleh diambil atau dimakan oleh orang lain, bila ini terjadi maka wajib mengganti biaya apa yang diambil.
Adapun buah pohon yang berada di tanah masjid tidak boleh diambil orang lain kalau pohonnya ditanam untuk masjid, buah pohon itu hanya bisa digunakan untuk kemaslahatan masjid, jikalau ada pengurus masjid yang khusus, beda lagi kalau tidak ada pengurus khusus atau pohon itu ditanam untuk umum meskipun di tanah masjid maka boleh siapa saja mengambil buahnya dan memakannya. Dari ketentuan itu tentu mengecualikan pohon yang berada di tanah masjid yang bukan hasil tanaman melainkan tumbuh sendiri maka boleh diambil siapa saja.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hukum mengambil dan memakan buah pohon pada tanah waqof boleh kalau itu waqaf umum, sedangkan waqof khusus perorangan maka tidak boleh diambil buahnya melainkan harus atas izin yang punya, bila tidak harus mengganti dengan biaya. Sedangkan buah pohon yang berada di tanah masjid boleh diambil bila bukan hasil tanaman melainkan tumbuh sendiri; tetapi bila hasil tanaman misalnya yang menanamnya pengurusnya maka jika tujuan menanamnya hanya untuk masjid maka tidak boleh diambil orang lain, bila ini dilakukan harus mengganti dengan biaya; bila tidak bertujuan sebagaimana dimaksud seperti bertujuan untuk dimakan manusia atau ada qorinah pembeda maka boleh diambil Siapa saja. Semoga keterangan yang panjang lebar ini dapat dipahami sebagaimana mestinya.
فرع) ثمر الشجر النابت بالمقبرة المباحة مباح وصرفه لمصالحها أولى، وثمر المغروس في المسجد ملكه إن غرس له، فيصرف لمصالحه.
وإن غرس ليوءكل أو جهل الحال فمباح.
قوله: ثمر الشجر النابت بالمقبرة المباحة) أي لدفن المسلمين فيها بأن كانت موقوفة أو مسبلة لذلك.
وخرج بها: المملوكة، فإن ثمر الشجر النابت فيها مملوك أيضا، وقوله مباح، خبر ثمر، أي فيجوز لكل أحد الأكل منه (قوله: وصرفه) أي الثمر.
(وقوله: لمصالحها) أي المقبرة كتعميرها.
(وقوله: أولى) أي من تبقيته للناس، وعبارة الروض وشرحه، ولو نبتت شجرة بمقبرة فثمرتها مباحة للناس تبعا للمقبرة، وصرفها إلى مصالح المقبرة أولى من تبقيتها للناس، لا ثمرة شجرة غرست للمسجد فيه، فليست مباحة بلا عوض، بل يصرف الإمام عوضها لمصالحه، أي للمسجد، وتقييده بالإمام من زيادته، وظاهر أن محله إذا لم يكن ناظر خاص، وإنما خرجت الشجرة عن ملك غارسها هنا بلا لفظ، كما اقتضاه كلامهم، للقرينة الظاهرة.
وخرج بغرسها للمسجد، غرسها مسبلة للأكل، فيجوز أكلها بلا عوض، وكذا إن جهلت نيته حيث جرت العادة به.
اه (قوله: وثمر المغروس) أي الشجر المغروس في المسجد.
وقوله ملكه، أي المسجد بمعنى أنه يصرف في مصالحه، كما يفيده التفريع بعده، وليس مباحا للناس (قوله: إن غرس له) أي للمسجد بقصده لا للناس (قوله: فيصرف) أي الثمر، وهو تفريع على كونه ملكه (قوله: وإن غرس) أي الشجر.
وقوله ليؤكل، أي الشجر، وهو على حذف مضاف، أي ثمره.
والمراد غرس بقصد إباحته للناس (قوله: أو جهل الحال) أي لم يدر، هل هو غرس للمسجد أو ليؤكل؟ (قوله: فمباح) أي فثمره مباح، لأنه الظاهر في الصورة الجهل، أنه إنما غرس لعموم
المسلمين
[I'aanah at Tholibin III/183, Cet. Nurul Ilmi Surabaya]
[مسألة : ش] حكم الشجر النابت في أرض موقوفة لسكنى المسلمين أو المقبرة المسبلة أو الموقوفة الإباحة تبعا لها لكن قال الحناطي الأولى صرف ثمرها لمصالح الوقف أما الموقوفة على طائفة مخصوصة فتختص بهم فمن أخذ منهم شيأ ملكه وإن أخذ غيرهم ضمنه ويبرأ بدفعه لواحد منهم والأولى دفعه للحاكم ليصرفه في مصالحها كحفر بئر بها وتسويتها.
[Bughyah al Mustarsyidiin Halaman 216, Cetakan DKI]
Wallahu A'lamu Bis Showaab
(Dijawab oleh Ismidar Abdurrahman As-Sanusi)
Link Diskusi: