1036. HUKUM SHALAT JUM'AT KURANG 40 ORANG II




Pertanyaan:
Izin bertanya pak ustaz sah kah sholat jum,,at bila yang hadir hanya tujuh orang ? Mohon penjelasannya trima kasih
[Nur Baiti]

Jawaban:
Pendapat yang Shahih lagi Mu'tamad dalam Madzhab Syafi'i jumlah jamaah shalat Jum'at yang sah ialah 40 orang termasuk imam. Karenanya shalat Jum'at kurang dari 40 orang tidak sah. Meskipun demikian, ada pendapat sebagian Syafi'iyah yang mengabsahkan shalat Jum'at kurang dari 40 orang yang mana menurut segolongan Ulama Syafi'iyah pendapat tersebut dikuatkan oleh pembesar Ulama Syafi'iyah yang mana bertaqlid pada pendapat tersebut lebih baik daripada bertaqlid kepada pendapat diluar Madzhab Syafi'i. Oleh karena itu Ulama Syafi'iyah menyebutkan Boleh bertaqlid pada pendapat yang mengabsahkan shalat Jum'at kurang dari 40 orang seperti pendapat Imam Abu Hanifah, hendaknya kalau taqlid kepada pendapat diluar Madzhab Syafi'i harus tahu ketentuan shalat Jum'at dari Madzhab yang diikuti seperti syarat wajib Jum'at, rukun dan sebagainya. Hanya saja; bila jama'ah Jum'at kurang dari 40 orang hendaknya mereka shalat Jum'at kemudian setelah selesai hendaknya mereka shalat Dzuhur demi menghindari perbedaan pendapat dikalangan Ulama.

الرابع كون مصليها أربعون، هذا معتمد الشافعي، والمعتمد اربعون ومنهم الإمام... -الى أن قال- ويستحب إذا اجتمع أقل من الأربعين أن يصلوا جمعة ثم يصلوا ظهرا للخروج من الخلاف
“Syarat sah Jum'at yang keempat jama'ah shalat Jum'at 40 orang, inilah pendapat yang Mu'tamad Imam Syafi'i dan pendapat yang Mu'tamad 40 orang termasuk imam... Disunahkan apabila jama'ah shalat Jum'at kurang dari 40 orang mereka shalat Jum'at, kemudian shalat Dzuhur demi menghindari perbedaan pendapat dikalangan Ulama”
[Syarh al Yaquut an Nafiis I Halaman 355]

فرع : يجوز تقليد القائل بجوازها بدون أربعين كأبي حنيفة، فإنه جوزها بأربعة أحدهم الإمام، ومالك فإنه جوزها بثلاثين أو بعشرين، فلا يكفي في تقليد بعضهم بل لا بد من تقليدهم وعلمهم بشروط ما يقلدون فيه عند ما يقلدون؛ ويسن فعل الظهر.
قال العلامة الكردي : في «فتاويه» : وهو الأحوط خروج من الخلاف. قاله المفتي محمد الحبشي.
[Kaasyifah as Sajaa Halaman 371]

قوله: أي غير الأمام الشافعي) أي باعتبار مذهبه الجديد، فلا ينافي أن له قولين قديمين في العدد أيضا، أحگهما أقلهم أربعة، حكاه عنه صاحب التلخيص، وحكاه شرح المهذب واختاره من أصحابه المزني، كما نقله الأذرعي في القوت، وكفى به سلفا في ترجيحه، فإنه من كبار أصحاب الشافعي ورواة كتبه الجديدة. وقد رجحه أيضا أبو بكر بن المنذر في الاشراف، كما نقله النووي في شرح المهذب. ثانى القولين اثنا عشر. وهل يجوز تقليد أحد هذين القولين الجواب: نعم. فانه قول للامام، نصره بعض أصحابه ورجحه، وقولهم القديم لا يعمل به: محله ما لم يعضده الاصحاب ويرجحوه، وإلا صار راجحا من هذه الحيثية،، وان كان مرجوحا من حيث نسبته للامام. وقال السيوطي: كثيرا ما يقول أصحابنا بتقليد أبي حنيفة في هذه المسألة، إذ هو قول للشافعي قام الدليل على رجحانه. اه ز وحينئذ تقليد أحد هذين القولين أولى من تقليد أبي حنيفة. فتنبه. وقد ألفت رسالة تتعلق بجواز العمل القديم للإمام الشافعي - رضي الله عنه - في صحة الجمعة بأربعة، وبغير ذلك. فانظرها إن شئت. اه. مول
[I'aanah at Tholibin II/70]

Wallahu A'lamu Bis Showaab

(Dijawab oleh: Ismidar Abdurrahman As-Sanusi)

Link Diskusi:

Artikel terkait:

Komentari

Lebih baru Lebih lama