1089. CELANA BASAH TAPI TIDAK MIMPI WAJIBKAH MANDI?




Pertanyaan:
assalamualaikum abang2..
disini saya mau bertanyaa.
baru saja saya mengalami hal yg aneh bagi saya.. 
disaat saya terbangun dari tidur, saya mendapati celana saya yg basah. padahal sebelumnya saya tidak merasa mimpi basah. lalu bagaimana hukumnyaa? apakah saya harus mandi wajib atau tidak?
[Fajar Rayhan]

Jawaban:
Walaikumussalam

Apabila seseorang tidur dan dia yakin betul dia tidak mimpi basah, tapi ketika bangun melihat pada celananya basah maka wajib mandi. Tentunya basah tersebut bercirikan mani, kalau ragu mani atau bukan maka sebaiknya mandi saja.

وان رأى المنى ولم يذكر احتلاما لزمه الغسل Ù„ِÙ…َا رَÙˆَتْ عَائِØ´َØ©ُ رَضِÙŠَ اللَّÙ‡ُ عَÙ†ْÙ‡َا (Ø£َÙ†َّ النَّبِÙŠَّ صَÙ„َّÙ‰ اللَّÙ‡ُ عَÙ„َÙŠْÙ‡ِ ÙˆَسَÙ„َّÙ…َ سُئِÙ„َ عَÙ†ْ الرجل يجد البلل ولا يذكر الاحتلام قال يغتسل
“Bila seseorang melihat mani dan tidak ingat mimpi basah wajiblah baginya mandi berdasarkan riwayat Aisyah Radhiallahu Anha bahwasanya Nabi Shalallahu Alaihi Wasallam ditanya seseorang laki-laki yang mendapati basah dan tidak ingat mimpi basah, beliau menjawab: Mandi”
[Al Majmuu' Syarh al Muhadzdzab II/142]

Wallahu A'lamu Bis Showaab

(Dijawab oleh: Ismidar Abdurrahman As-Sanusi)

Link Diskusi:

Komentari

Lebih baru Lebih lama