1242. HUKUM JUAL BELI TANPA IJAB QOBUL DALAM PERSPEKTIF FIQIH

Sumber gambar: bincangsyariah.com


Pertanyaan:
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Mohon kepada guru-guru hendaknya kita bertukar pikiran yang sesuai dengan referensi kitab tentang jual beli MUATHAH.
Demikian harapan kepada guru-guru sekalian.
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
[Akhy Yusda Alhubbi]

========

السلام عليكم...

Ijin ber tanya para masaih...gimana hukum nya jual beli tanpa ijab qobul???misal anak2,kadang orang tua juga masih yng g pake...sah kah jual beli nya???
[Dani Ramdhani]

Jawaban:
Wa'alaikumsalam

Praktek jual beli tanpa ijab qobul sudah mengakar di masyarakat, tidak hanya bagi anak-anak malah orang tua sekalipun banyak melakukan praktek jual beli tanpa ijab qobul ini. 
Jual beli tanpa ijab qobul dalam ranah Fiqih diistilahkan "Bai' Mu'athoh", sedangkan mengenai sah atau tidak praktek jual beli tanpa ijab qobul atau diistilahkan Bai'Mu'athoh itu telah terjadi perbedaan pendapat dikalangan Ulama terkhusus dalam Madzhab Syafi'i sendiri; Pendapat yang masyhur dalam Madzhab Syafi'i dan yang diputuskan Mayoritas Ulama Syafi'iyah bahwa jual beli tanpa ijab qobul tidak sah, sebagian pendapat dari kalangan Syafi'iyah mengabsahkan, sebagian yang lain mengungkapkan bahwa bila jual beli tanpa ijab qobul itu sudah dianggap jual beli oleh khalayak ramai maka jual beli tersebut sah, pendapat ini dipilih sebagian Ulama Syafi'iyah bahkan Imam Ruyaaani dan Al Mutawalli menyatakan itulah pendapat yang difatwakan. Sungguh pun demikian, Imam Nawawi Rahimahullahu Ta'ala setelah menyebutkan khilaf tersebut menyatakan bahwa pendapat yang Mukhtar (terpilih) sah jual beli tanpa ijab qobul, kalau memang itu sudah dianggap jual beli oleh masyarakat umum, dasar yang menjadi hujjah imam Nawawi berdasarkan Firman Allah yang artinya "Allah menghalalkan jual beli", dari firman Allah ini tanpa menyebutkan ijab qobul dalam jual beli maka dikembalikan dengan kebiasaan manusia dan juga praktek jual beli pada Zaman Nabi Shalallahu Alaihi Wasallam dan para Khulafaur Rasyidin tanpa menshalatkan jual beli.. Imam Nawawi menyebutkan contoh jual beli Mu'athoh itu, beliau berkata "Contoh dari jual beli secara mu'athoh yang terjadi perbedaan pendapat di atas ialah : semisal jika orang itu memberikan uang dan ia mengambil barang sedagai gantinya. Dan tidak ada kalimat yang menayatkan ijab qobul. Maka jika secara dhohir ada kerelaan diantara keduanya (pembeli dan penjual) maka itulah yang dinamakan jual beli secara mu'athoh yang mana keabsahannya terjadi khilaf".

Dengan demikian, dapatlah diketahui bahwa praktek jual beli yang beredar di masyarakat dengan cara tanpa ijab qobul dipertimbangkan Ulama, pendapat yang masyhur dalam Madzhab Syafi'i tidak mengabsahkan, namun sebagian pendapat sebagian Syafi'iyah mengabsahkan kalau manusia menganggap itu jual beli, pendapat ini dipilih sebagian Ulama Syafi'iyah termasuk Imam Nawawi sendiri. Jadi, pendapat terakhir ini boleh diikuti tanpa perlu bertaqlid kepada Madzhab lain.


Wallahu A'lamu Bis Showaab

Ibarot:

المجموع شرح المهذب ج ٩ ص ١٦٢-١٦٣
الْمَشْهُورُ مِنْ مَذْهَبِنَا أَنَّهُ لَا يَصِحُّ الْبَيْعُ إلَّا بِالْإِيجَابِ وَالْقَبُولِ وَلَا تَصِحُّ الْمُعَاطَاةُ فِي قَلِيلٍ وَلَا كَثِيرٍ وَبِهَذَا قَطَعَ الْمُصَنِّفُ وَالْجُمْهُورُ وَفِيهِ وَجْهٌ مَشْهُورٌ عَنْ ابْنِ سُرَيْجٍ أَنَّهُ يَصِحُّ الْبَيْعُ بِالْمُعَاطَاةِ خَرَّجَهُ مِنْ مَسْأَلَةِ الْهَدْيِ إذَا قَلَّدَهُ صَاحِبُهُ فَهَلْ يَصِيرُ بِالتَّقْلِيدِ هَدْيًا مَنْذُورًا فِيهِ قَوْلَانِ مَشْهُورَانِ (الصَّحِيحُ) الْجَدِيدُ لَا يَصِيرُ (وَالْقَدِيمُ) أَنَّهُ يَصِيرُ وَيُقَامُ الْفِعْلُ مَقَامَ الْقَوْلِ فَخَرَّجَ ابْنُ سُرَيْجٍ مِنْ ذَلِكَ الْقَوْلِ وَجْهًا فِي صِحَّةِ البيع بالمعاطاة وَاخْتَارَ جَمَاعَاتٌ مِنْ أَصْحَابِنَا جَوَازَ الْبَيْعِ بالمعاطاة فيما يعد بيعا وقال مالك كلما عَدَّهُ النَّاسُ بَيْعًا فَهُوَ بَيْعٌ وَمِمَّنْ اخْتَارَ مِنْ أَصْحَابِنَا أَنَّ الْمُعَاطَاةَ فِيمَا يُعَدُّ بَيْعًا

صَحِيحَةٌ وَأَنَّ مَا عَدَّهُ النَّاسُ بَيْعًا فَهُوَ بَيْعٌ صَاحِبُ الشَّامِلِ وَالْمُتَوَلِّي وَالْبَغَوِيُّ وَالرُّويَانِيُّ وَكَانَ يُفْتِي بِهِ وَقَالَ الْمُتَوَلِّي وَهَذَا هُوَ الْمُخْتَارُ لِلْفَتْوَى وَكَذَا قَالَهُ آخَرُونَ وَهَذَا هُوَ الْمُخْتَارُ لِأَنَّ اللَّهَ تَعَالَى أَحَلَّ الْبَيْعَ وَلَمْ يَثْبُتْ فِي الشَّرْعِ لَفْظٌ لَهُ فَوَجَبَ الرُّجُوعُ إلَى العرف فكلما عَدَّهُ النَّاسُ بَيْعًا كَانَ بَيْعًا كَمَا فِي الْقَبْضِ وَالْحِرْزِ وَإِحْيَاءِ الْمَوَاتِ وَغَيْرِ ذَلِكَ مِنْ الْأَلْفَاظِ الْمُطْلَقَةِ فَإِنَّهَا كُلَّهَا تُحْمَلُ عَلَى الْعُرْفِ وَلَفْظَةُ الْبَيْعِ مَشْهُورَةٌ وَقَدْ اشْتَهَرَتْ الْأَحَادِيثُ بِالْبَيْعِ من النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَأَصْحَابَهُ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمْ فِي زَمَنِهِ وَبَعْدَهُ وَلَمْ يَثْبُتْ في شئ مِنْهَا مَعَ كَثْرَتِهَا اشْتِرَاطُ الْإِيجَابِ وَالْقَبُولِ وَاَللَّهُ أعلم

* وأحسن من هَذِهِ الْمَسْأَلَةَ وَأَوْضَحَهَا الْمُتَوَلِّي فَقَالَ الْمُعَاطَاةُ الَّتِي جَرَتْ بِهَا الْعَادَةُ بِأَنْ يَزِنَ النَّقْدَ وَيَأْخُذَ الْمَتَاعَ مِنْ غَيْرِ إيجَابٍ وَلَا قَبُولٍ لَيْسَتْ بَيْعًا عَلَى الْمَشْهُورِ مِنْ مَذْهَبِ الشَّافِعِيِّ وَقَالَ ابْنُ سُرَيْجٍ كُلُّ مَا جَرَتْ الْعَادَةُ فِيهِ بِالْمُعَاطَاةِ وَعَدَّهُ بَيْعًا فَهُوَ بَيْعٌ وَمَا لَمْ تَجْرِ فِيهِ الْعَادَةُ بِالْمُعَاطَاةِ كَالْجَوَارِي وَالدَّوَابِّ وَالْعَقَارِ لَا يَكُونُ بَيْعًا قَالَ وَهَذَا هُوَ الْمُخْتَارُ لِلْفَتْوَى

* وَبِهِ قَالَ مَالِكٌ وَقَالَ أَبُو حَنِيفَةَ المعاطاة بيع في المحقرات فاما النفيس فلابد فِيهِ مِنْ الْإِيجَابِ وَالْقَبُولِ وَوَجْهُ الْمَشْهُورِ الْقِيَاسُ عَلَى النِّكَاحِ فَإِنَّهُ لَا يَنْعَقِدُ إلَّا بِاللَّفْظِ وَقِيَاسًا عَلَى الْعَقَارِ وَالنَّفَائِسِ وَوَجْهُ طَرِيقَةِ ابْنِ سُرَيْجٍ أَنَّ الْبَيْعَ كَانَ مَعْهُودًا قَبْلَ وُرُودِ الشرع فورد ولم يغير حقيقته بَلْ عَلَّقَ بِهِ أَحْكَامًا فَوَجَبَ الرُّجُوعُ فِيهِ إلَى الْعُرْفِ وَكُلُّ مَا كَانَ عَدُّوهُ بَيْعًا جَعَلْنَاهُ بَيْعًا كَمَا يُرْجَعُ فِي إحْيَاءِ الْمَوَاتِ وَالْحِرْزِ وَالْقَبْضِ إلَى الْعُرْفِ قَالَ وَلَمْ يُنْقَلْ عَنْهُمْ لَفْظُ التَّبَايُعِ وَاَللَّهُ أَعْلَمُ

* (فَرْعٌ)

صُورَةُ الْمُعَاطَاةِ الَّتِي فِيهَا الْخِلَافُ السَّابِقُ أَنْ يُعْطِيَهُ دِرْهَمًا أَوْ غَيْرَهُ وَيَأْخُذَ مِنْهُ شَيْئًا فِي مقابلته وَلَا يُوجَدُ لَفْظٌ أَوْ يُوجَدُ لَفْظٌ مِنْ أَحَدِهِمَا دُونَ الْآخَرِ فَإِذَا ظَهَرَ وَالْقَرِينَةُ وُجُودُ الرِّضَى مِنْ الْجَانِبَيْنِ حَصَلَتْ الْمُعَاطَاةُ وَجَرَى فِيهَا الْخِلَافُ


Link Diskusi:

Komentari

Lebih baru Lebih lama