1290. HUKUM NIKAH TANPA SE-KUFU

Sumber gambar: Otosection


Pertanyaan:
Assalamu'alaikum para ustadz
Ada sdkit pertanyaan yg sy tanyakan mengenai bab kupu 
Apakah kupu jadi syarat sah ato tdk ?
Misal : laki2 jawa nikah dg wanita arab keturan habib/sayid
Wanita kaya dg laki2 dekil dan miskin.
Wanita pintar( rajin ibadah, solat) dg laki2 anak jalanan.
Tolong kasih sarah ttg kupu serta ibarotnya ?
Trima kasih
[Kholik]

Jawaban:
Wa'alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh

Syeikh Wahbah Zuhailiy menyebutkan bahwa Ulama empat Madzhab sudah sepakat yaitu Pendapat yang dinilai kuat dari kalangan Hanabilah, Pendapat Mu'tamad dari kalangan Malikiyyah dan pendapat yang adzhar dari kalangan Syafi'iyah bahwa Kufu (sebanding/sepadan) merupakan syarat wajib nikah bukan merupakan syarat sah nikah; karenanya bila seseorang menikah tanpa se-Kufu maka pernikahannya sah seperti orang bangsawan menikah dengan rakyat jelata, namun para wali bisa membatalkan pernikahan atau fasakh atau tidak, dan juga para Wali bisa menggugurkan hak Kufu tersebut, bila Kufu merupakan syarat sah nikah maka tidak bisa digugurkan para wali.

Kendatipun demikian, terdapat nas Syafi'iyah yaitu Syeikh Sayyid Bakri Syata Dimyati bahwa Kufu menjadi syarat sah nikah ketika tidak Ridha, artinya bila si wanita dan para wali tidak setuju dikawinkan dengan lelaki tidak se-Kufu maka pernikahan tersebut tidak sah, tetapi bila mereka setuju dan tidak ada yang tidak Ridha maka Kufu tidak menjadi syarat sah nikah.

Dengan demikian dapat disimpulkan secara umum Kufu tidak menjadi syarat sah nikah hanya syarat wajib nikah selagi tidak dilandasi dengan Ridha, ketika ada keridhaan (setuju) maka Kufu bukan merupakan syarat. Namun "SETUJU" disini hanyalah bagi mempelai wanita dan para wali, tidak cukup misalnya mempelai wanita saking cintanya 😁 setuju saja meski bermodalkan sendal tapi para walinya tidak setuju maka tidak sah pernikahan Itu. Konteks "SETUJU" wali perempuan tidak cukup hanya seorang bila ada wali sederajat yang lain tidak setuju dan lain setuju maka juga tidak terjadi. Demikian adanya semoga bisa dipahami Sebagaimana mestinya 👏 Wallahu A'lam

عبارتي :
الفقه الإسلامي وأدلته للزحيلي، ٦٧٤١/٩
هل الكفاءة شرط صحة أو شرط لزوم؟ اتفق فقهاء المذاهب الأربعة في الراجح عند الحنابلة والمعتمد عند المالكية والأظهر عند الشافعية (1) على أن الكفاءة شرط لزوم في الزواج، وليست شرطاً في صحة النكاح، فإذا تزوجت المرأة غير كفء، كان العقد صحيحاً، وكان لأوليائها حق الاعتراض عليه وطلب فسخه، دفعاً لضرر العار عن أنفسهم، إلا أن يسقطوا حقهم في الاعتراض فيلزم، ولو كانت الكفاءة شرط صحة لما صح، حتى ولو أسقط الأولياء حقهم في الاعتراض؛ لأن شرط الصحة لا يسقط بالإسقاط.
__________
(1) البدائع: 317/ 2، الدسوقي: 249/ 2، مغني المحتاج: 164/ 3، المهذب: 38/ 2، كشاف القناع: 71/ 2، المغني: 480/ 6، فتح القدير: 419/ 2، اللباب: 12/ 3.

إعانة الطالبين على حل ألفاظ فتح المعين، ٣٧٧/٣
فصل في الكفاءة أي في بيان خصال الكفاءة المعتبرة في النكاح لدفع العار والضرر.
وهي لغة: التساوي والتعادل.
واصطلاحا أمر يوجب عدمه عارا.
وضابطها مساواة الزوج للزوجة في كمال أو خسة ما عدا السلامة من عيوب النكاح (قوله: وهي) أي الكفاءة.
وقوله معتبرة في النكاح لا لصحته: أي غالبا، فلا ينافي أنها قد تعتبر للصحة، كما في التزويج بالإجبار، وعبارة التحفة: وهي معتبرة في النكاح لا لصحته مطلقا بل حيث لا رضا من المرأة وحدها في جب ولا عنة ومع وليها الأقرب فقط فيما عداهما.
اه.
ومثله في النهاية وقوله بل حيث لا رضا، مقابل قوله لا لصحته مطلقا، فكأنه قيل لا تعتبر للصحة على الإطلاق وإنما تعتبر حيث لا رضا.
اه.
ع ش.
(والحاصل) الكفاءة تعتبر شرط للصحة عند عدم الرضا، وإلا فليست شرطا لها (قوله: بل لأنها حق للمرأة) أستفيد منه أن المراعى فيها جانب الزوجة لا الزوج.
وقوله والولي: أي واحدا كان أو جماعة مستوين في الدرجة، فلا بد مع رضاها بغير الكفء من رضا سائر الأولياء به.
ولا يكفي رضا أحدهم دون الباقين، كما سيأتي في كلامه، (قوله: فلهما) أي المرأة والولي (قوله: إسقاطها) أي الكفاءة: أي ولو كانت شرطا لصحة العقد مطلقا لما صح حينئذ.
والمراد بالسقوط رضاهما بغير الكفء وذلك لانه - صلى الله عليه وسلم - زوج بناته من غير كفء ولا مكافئ لهن، وأمر فاطمة بنت قيس نكاح أسامة فنكحته وهو مولى وهي قرشية ولو كانت شرطا للصحة مطلقا لما صح ذلك

(Dijawab oleh: Ismidar Abdurrahman As-Sanusi)

Sumber Diskusi:

Komentari

Lebih baru Lebih lama