1297. BACAAN ATAU DOA KETIKA MENDENGAR ADZAN

Sumber gambar: islam.nu.or.id


Oleh: Ismidar Abdurrahman As-Sanusi

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Selamat sore dengan suasana hujan gak kunjung reda dan selamat beraktifitas,, walaupun akitivitasnya istirahat. Saya cuma menyampaikan dari Ulama Madzhab Syafi'i:

(فوائد) ذكر في هامش مقامات الحريري ما نصه: من قال حين يسمع المؤذن مرحبا بالقائل عدلا، مرحبا بالصلاة أهلا.
كتب الله له ألف ألف حسنة، ومحا عنه ألفي ألف سيئة، ورفع له ألفي ألف درجة.
اه.
وفي الشنواني ما نصه: من قال حين يسمع قول المؤذن: أشهد أن محمدا رسول الله: مرحبا بحبيبي وقرة عيني محمد بن عبد الله - صلى الله عليه وسلم -.
ثم يقبل
إبهاميه ويجعلهما على عينيه لم يعم ولم يرمد أبدا.
وذكر أبو محمد بن سبع في شفاء الصدور: وأن من قال إذا فرغ المؤذن من أذانه: لا إله إلا الله وحده لا شريك له، كل شئ هالك إلا وجهه.
اللهم أنت الذي مننت علي بهذه الشهادة وما شهدتها إلا لك، ولا يقبلها مني غيرك، فاجعلها لي قربة عندك وحجابا من نارك، واغفر لي ولوالدي ولكل مؤمن ومؤمنة برحمتك، إنك على كل شئ قدير.
أدخله الله الجنة بغير حساب.
والله سبحانه وتعالى أعلم.
(Beberapa Faidah)
• Disebutkan dalam kitab Hamisy Maqomaath : Siapa saja mengucapkan ketika mendengar adzan:

مَرْحَبًا بِالْقَائِلِ عَدْلًا, مَرْحَبًا بِالصَّلَاةِ أَهْلًا
Artinya :”Selamat datang wahai pengumandang adzan yang adil, selamat datang wahai shalat selamat datang”. (semoga kita menjadi ahli ibadah, aamiin..), Allah menulis baginya sejuta kebaikan dan menghapuskan darinya sejuta kejelekan serta mengangkat derajatnya hingga sejuta derajat.

• Dalam kitab (karangan) As-Syanwaaniy diterangkan: Siapa mengucapkan ketika mendengar ucapan orang yang adzan pas kalimat (أشهد أن محمدا رسول لله ):
مرْحَبًاً بِحَبِيْبِي وَقُرَّةِ عَيْنِي مُحَمَّدِ بْنِ عَبْدِ اللّهِ
Artinya: "Selamat datang kekasihku dan penyejuk hatiku Muhammad bin Abdullah". lalu ia mengecup dua jempol tanganya (kanan dan kiri) setelah itu ia jadikan keduanya untuk mengusap dua matanya, maka ia tidak akan mengalami buta atau lamur selamanya.

• Abu Muhammad bin Sabi’ dalam kitab Syifa-us Shudur menyebutkan bahwa siapa saja yang mengucapkan setelah muadzin selesai adzan ‘Laa ilaaha illallaahu wahdahuu laa syariika lahu, kullu syai-in haalikun illaa wajhahu. Allaahumma antal ladzii mananta ‘alayya bihaadzihis syahaadati wamaa syahidtuhaa illaa laka walaa yaqbaluhaa minnii ghairuka faj’alhaa lii qurbatan ‘indaka wahijaaban min naarika waghfirlii wa liwaalidayya wa likulli mu’minin wa mu’minatin birohmatika innaka ‘alaa kulli syai-in qodiir’, maka Allah memasukkan dirinya ke surga tanpa hisab.
[I'aanah at Thoolibiin I/281, Al Maktabah as Syamilah, I/241, Cet. Al Haromain]

Dari beberapa redaksi kitab yang dikutip Syeikh Bakri Syata Dimyati setidaknya ada beberapa amaliyyah yakni bacaan atau doa yang dibaca bagi para pendengar adzan, diantaranya:

1. Bacaan ketika mendengar adzan:
مَرْحَبًا بِالْقَائِلِ عَدْلًا, مَرْحَبًا بِالصَّلَاةِ أَهْلًا

Siapa yang membaca bacaan tersebut mendapat keutamaan yaitu "Allah menulis baginya sejuta kebaikan dan menghapuskan darinya sejuta kejelekan serta mengangkat derajatnya hingga sejuta derajat". WAAAW! Sungguh luar biasa ganjarannya hanya dengan membaca beberapa kalimat. Namun kita tidak tahu apakah keterangan yang dikutip Syeikh Bakri Syata Dimyati itu dari kitab Hamisy Maqomaath dari sang pengarang atau berdasarkan hadits. Namun, bila itu merujuk dari hadits memang ada hadits yang menyebutkan demikian yang matannya sedikit berbeda dengan kutipan Syeikh Bakri Syata Dimyati yaitu:
من سمع المنادي بالصلاة فقال مرحبا بالقائلين عدلا مرحبا بالصلاة وأهلا كتب الله له ألفي ألف حسنة ومحا عنه ألفي ألف سيئة ورفع له ألفي ألف درجة.
"Siapa yang mendengar seruan shalat maka lalu ia mengucapkan MARHABAN BIL QOOILIIN 'ADLAAN MARHABAN BIS SHOLATI WA AHLAN, Allah menulis baginya sejuta kebaikan, dan menghapuskan darinya sejuta kejelekan serta mengangkat derajatnya hingga sejuta derajat".

Riwayat tersebut disebutkan oleh Imam Suyuthi dikeluarkan (diriwayatkan) Al Khothiib dari Musa bin Ja'far dari ayahnya dari kakeknya. Berikut redaksi Imam Suyuthi:

23144- من قال حين يسمع المؤذن يؤذن مرحبًا بالقائلين عدلاً مرحبًا بالصلاة وأهلاً كتب الله له ألفى ألف حسنة ومحا عنه ألفى ألف سيئة ورفع له ألفى ألف درجة (الخطيب عن موسى بن جعفر عن أبيه عن جده)
أخرجه الخطيب (13/38) .
[السيوطي، جامع الأحاديث، ١٣٢/٢١]

Dari segi status hadits tersebut Ulama ahli hadits dari kalangan ahlussunah:
1. imam Syaukani:

22 - حديث: "مَنْ سَمِعَ الْمُنَادِيَ بِالصَّلاةِ فَقَالَ: مَرْحَبًا بِالْقَائِلِينَ عَدْلا مَرْحَبًا بِالصَّلاةِ وَأَهْلا كَتَبَ اللَّهُ لَهُ أَلْفَيْ ألف حسنة _ إلخ.
قال في التذكرة: موضوع (1) .
________
(1) القائل (موضوع) هو السيوطي في الذيل، ومنه أخذه ابن طاهر الفتنى والخبر في لسان الميزان 6 / 200 قال ابن حجر (باطل) .
[الشوكاني، الفوائد المجموعة، صفحة ٢١]
"Dalam kitab At-Tadzkiroh: Maudhu' (palsu)¹
_____
¹Perkataan: "MAUDHU'" adalah Imam Suyuthi dalam kitab Adz-Dzil, riwayat tersebut disebutkan dalam kitab Lisaan Al Mizaan Juz 6 halaman 200. Ibnu Hajar berkata: 'Bathil'"
(Imam Syaukani, Fawaaid Al Majmu'ah Halaman 21)

2. Syeikh 'Ajuluwani, Ahli hadits di Syam 
2503 - من سمع المنادي بالصلاة فقال مرحبا بالقائلين عدلا مرحبا بالصلاة وأهلا كتب الله له ألفي ألف حسنة ومحا عنه ألفي ألف سيئة ورفع له ألفي ألف درجة.
هو موضوع كما في اللآلئ.
[العجلوني، كشف الخفاء ط القدسي، ٢٥٤/٢]
Hadits: (Ucapan pendengar adzan "MARHABAN.....dst) merupakan hadits Maudhu' sebagaimana diterangkan dalam kitab Al-Lalaali'
(Syeikh 'Ajuluwani, Kasyful Khofaa' II/254)

Dari beberapa redaksi kitab diatas bila keterangan Dalam Kitab Hamisy Maqomaath yang dikutip Syeikh Bakri Syata Dimyati dengan merujuk hadits yang dimaksud maka tidak boleh diamalkan karena mengamalkan hadits Maudhu' (palsu) tidak diperbolehkan Ulama terkhusus Ulama Madzhab Syafi'i. Tetapi kalau bukan bersandar kepada hadits tapi merupakan anjuran sang pengarang maka tidak masalah sebab anjuran Ulama boleh diamalkan tetapi perkataan dalam kitab jangan diakui sebagai hadits karena tidak shahih dari Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasallam. Namun sebagai perbuatan berhati-hati sebaiknya tidak diamalkan karena dalil yang dijadikan landasan merupakan hadits Maudhu'.

قد أجاز بعض العلماء رواية الحديث الضعيف من غير بيان ضعفه بشروط : أولا أن يكون الحديث في القصص أو المواعظ أو فضائل الأعمال أو نحو ذلك مما لا يتعلق بصفات الله والعقائد ولا بالحلال والحرام وسائر الأحكام الشرعية وأن لايكون الحديث موضوعا أو ضعيفا شديد الضعف
(التقريرات السنية : ص : ١٨)

2. Ucapan pendengar adzan ketika ungkapan: (أشهد أن محمدا رسول لله )؛
مرْحَبًاً بِحَبِيْبِي وَقُرَّةِ عَيْنِي مُحَمَّدِ بْنِ عَبْدِ اللّه

Adapun keutamaan orang yang mengucapkannya terlebih dahulu praktek harus Ia lakukan ialah: mengecup dua jempol tanganya (kanan dan kiri) setelah itu ia jadikan keduanya untuk mengusap dua matanya, maka ia tidak akan mengalami buta atau lamur selamanya. Keterangan ini juga merujuk hadits, lafadz disebutkan itulah redaksi haditsnya. Teks tersebut diriwayatkan Abu Al 'Abbas Ibnu Abu Bakar Ar-Radaad Al Yamani salah seorang Ulama Sufi, tapi sanadnya majhul dan terputus sehingga Ulama Ahli hadits menilai hadits tersebut tidak Shahih. Hadits ini juga ada jalur lain tapi semuanya tidak sah. Karenanya Syekh As Syarwani setelah mengutip pernyataan Syeikh Mulaa Ali Al Qori, beliau menuliskan:


وَكُلُّ مَا يُرْوَى فِي هَذَا فَلَا يَصِحُّ رَفْعُهُ أَلْبَتَّةَ قُلْت وَإِذَا ثَبَتَ رَفْعُهُ إلَى الصِّدِّيقِ فَيَكْفِي الْعَمَلُ بِهِ لِقَوْلِهِ – عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ – «عَلَيْكُمْ بِسُنَّتِي وَسُنَّةِ الْخُلَفَاءِ الرَّاشِدِينَ» وَقِيلَ لَا يَفْعَلُ وَلَا يُنْهَى وَغَرَابَتُهُ لَا تَخْفَى عَلَى ذَوِي النُّهَى اهـ

Artinya: “Setiap pernyataan yang diriwayatkan (mengenai mengecup kedua ibu jari saat mendengar asyhadu anna Muhammad Rasulullah), tidak valid untuk dinisbahkan kepada Rasulullah adanya. Seandainya memang benar menghubungkan ungkpan tersebut kepada Sayyiduna Abu Bakr as-shiddiq maka cukuplah itu sebagai dalil untuk mengamalkannya karena adanya keterangan hadis Shahih yang mengatakan: Hendaklah kalian mengamalkan sunnahku dan sunnah para pemimpinku yang mendapat petunjuk. Pendapat lain mengatakan, kaifiat tersebut (mengecup kedua ibu jari) tidak diamalkan tetapi juga tidak boleh dilarang. Status hadisnya yang dicurigai keabsahannya sudah umum diketahui oleh orang yang mengerti.
(Hawaasyi as Syarwani Ala at Tuhfah I/479]

Begitulah Ulama Ahli hadits dan ahli fikih menyingkapi amaliyyah yang banyak dilakukan Ulama sufi yang meskipun merujuk hadits tapi hadits tersebut tidak Shahih. Namun Ulama ahli hadits dari kalangan ahlussunah belum ada mengatakan hadits tersebut Maudhu' tapi mereka katakan tidak Shahih dari Rasulullah sehingga diakhirat kutipan Syeikh as Syarwani tidak ada anjuran melakukan dan juga tidak dilarang. Ini penilaian Ulama ahli hadits mengenai status hadits diatas:

1. Syeikh'Ajuluwani, Ahli hadits di Syam:

2296 - مسح العينين بباطن أنملتي السبابتين بعد تقبيلهما عند سماع قول المؤذن أشهد أن محمدا رسول الله مع قوله أشهد أن محمد عبده ورسوله رضيت بالله ربا وبالإسلام دينا ومحمد صلى الله عليه وسلم نبيا.
رواه الديلمي عن أبي بكر أنه لما سمع قول المؤذن أشهد أن محمدا رسول الله قاله وقبل باطن الأنملتين السبابتين ومسح عينيه فقال صلى الله عليه وسلم من فَعَلَ فِعْلَ خليلي فقد حلت له شفاعتي.
قال في المقاصد ولا يصح، وقال القاري وإذا ثبت رفعه إلى الصديق فيكفي العمل به لقوله عليه الصلاة والسلام عليكم بسنتي وسنة الخلفاء الراشدين من بعدي، وقيل لا يفعل ولا ينهي، كذا لا يصح ما رواه أبو العباس ابن أبي بكر الرداد اليماني المتصوف في كتابه موجبات الرحمة وعزائم المغفرة بسند فيه مجاهيل مع انقطاعه عن الخضر عليه الصلاة والسلام أنه قال من قال حين يسمع المؤذن يقول أشهد أن محمدا رسول الله مرحبا بحبيبي وقرة عيني محمد بن عبد الله صلى الله عليه وسلم ثم يقبل إبهاميه ويجعلهما على عينيه لم يعم ولم يرمد أبدا، ثم روى بسند فيه من لم أعرفه عن الفقيه محمد السيابا فيما حكى عن نفسه أنه هبت ريح فوقعت منه حصاة في عينه وأعياه خروجها وآلمته أشد الألم وأنه لما سمع المؤذن يقول أشهد أن محمدا رسول الله قال ذلك فخرجت الحصاة من فوره، قال الرداد هذا يسير في جنب فضائل رسول الله صلى الله عليه وسلم وحكى الشمس محمد صالح المدني أمامها وخطيبها في تاريخه عن المجد أحد القدماء من المصريين أنه سمعه يقول من صلى على النبي صلى الله عليه وسلم إذا سمع ذكره في الأذان وجمع أصبعيه المسبحة والإبهام وقبلهما ومسح بهما عينيه لم يرمد أبدا، ثم قال ابن صالح المذكور وسمعت ذلك أيضا من الفقيه محمد بن الزرندي عن بعض شيوخ العراق أو العجم وأنه يقول عند ما يمسح عينيه صلى الله عليك يا سيدي يا رسول الله يا حبيب قلبي ويا نور بصري ويا قرة عيني وقال لي كل منهما منذ فعلته لم ترمد عيني قال ابن صالح وأنا ولله الحمد والشكر منذ سمعته منهما استعملت فمل ترمد عيني وأرجو أن عافيتهما تدوم وإني أسلم من العمى إن شاء الله تعالى، قال وروي عن الفقيه أبي الحسن علي بن محمد من قال حين يسمع المؤذن يقول أشهد أن محمدا رسول الله مرحبا بحبيبي وقرة عيني محمد بن عبد الله صلى الله عليه وسلم ويقبل إبهاميه ويجهلهما على عينيه لم يعم ولم يرمد، ونقل عن الطاووسي أنه سمع من محمد بن أبي نصر البخاري حديثا من قبل عند سماعه من المؤذن كلمة الشهادة ظفري إبهاميه ومسحهما على عينيه وقال عند المسح اللهم احفظ حدقتي ونورهما ببركة حدقتي محمد صلى الله عليه وسلم ونورهما لم يعم، ولم يصح في المرفوع من كل هذا شئ.
[العجلوني، كشف الخفاء ط القدسي، ٢٠٦/٢]

Setelah beliau menyebutkan beberapa redaksi riwayat tentang bacaan tersebut coba perhatikan akhir ungkapan Beliau:
ولم يصح في المرفوع من كل هذا شئ.
Karenanya hadits atau riwayat yang menyebutkan tentang itu tidak ada yang Shahih dari Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasallam. Namun boleh diamalkan karena haditsnya tidak dikategorikan Maudhu'.

2. Imam Syaukani:
19 - حديث: " مَنْ قَالَ حِينَ يَسْمَعُ أَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ: مَرْحَبًا بِحَبِيبِي وَقُرَّةِ عَيْنِي مُحَمَّدِ بنِ عَبْدِ اللَّهِ ثُمَّ يُقَبِّلُ إِبْهَامَيْهِ وَيَجْعَلُهُمَا عَلَى عَيْنَيْهِ لَمْ يَعْمَ وَلَمْ يَرْمَدْ أَبَدًا.
قَالَ فِي التذكرة: لا يصح (2) .
_______
(2) في المقاصد: أن هذا أورده بعض المتصوفة، بسند فيه مجاهيل مع انقطاعه، عن الخضر، أقول: أفمثل هذا يقتصر فيه على كلمة (لا يصح) ؟
[الشوكاني، الفوائد المجموعة، صفحة ٢٠]

Demikian penilaian Ulama ahli hadits tentang amaliyyah yang kedua yang dikutip Syeikh Bakri Syata Dimyati dari keterangan Syeikh As Syanwani.

3. Bacaan ketika muadzin selesai adzan:

Laa ilaaha illallaahu wahdahuu laa syariika lahu, kullu syai-in haalikun illaa wajhahu. Allaahumma antal ladzii mananta ‘alayya bihaadzihis syahaadati wamaa syahidtuhaa illaa laka walaa yaqbaluhaa minnii ghairuka faj’alhaa lii qurbatan ‘indaka wahijaaban min naarika waghfirlii wa liwaalidayya wa likulli mu’minin wa mu’minatin birohmatika innaka ‘alaa kulli syai-in qodiir’, maka Allah memasukkan dirinya ke surga tanpa hisab.

Penulis (Ismidar Abdurrahman As-Sanusi) belum menjumpai keterangan itu dari hadits karena berbagai kitab hadits dan Ulama yang mentakhrij hadits tidak ada menyebutkan bacaan tersebut, demikian pula kitab fiqih Syafi'iyah yang ada pada penulis, kemungkinan itu bukan berdasarkan hadits tapi merupakan anjuran dari sang pengarang yang keutamaannya tidak diketahui. Oleh karenanya selama belum dijumpai keterangan yang membatalkannya maka boleh diamalkan.

Demikian keterangan seputar amaliyyah pendengar adzan yang dikutip Syeikh Bakri Syata Dimyati dari Ulama lebih kepada bidang tasawuf, niat hati tidak ada sedikitpun mentarjih perkataan Ulama tetapi cuma mengambil pertimbangan lain baik dari fiqih maupun dari hadits agar kiranya amaliyyah kita berdasarkan dalil yang kuat sehingga bisa dipertanggungjawabkan. Sedangkan apa yang tidak ada keterangan membatalkan maka itu tidak masalah untuk diamalkan terlebih selagi tidak diketahui merujuk hadits Maudhu' (palsu).

Semoga bermanfaat 👏

Wallahu A'lamu Bis Showaab

Penulis: Ismidar Abdurrahman As-Sanusi

Komentari

Lebih baru Lebih lama