Pertanyaan:
Jikalau menggali kubur,menemui tulangnya mayat lama,apakah menggalinya boleh di teruskan dan mengubur mayat baru di situ,atau harus pindah ..??
[Afwan Zakariya Jr]
Jawaban:
Sebenarnya tidak boleh menguburkan jenazah yang baru sementara anggota badan jenazah yang lama belum hancur, ini hukumnya haram, sehingga ketika tengah menggali liang lahat lalu menemukan anggota badan jenazah yang masih ada seperti ada tinggal tulang atau tengkorak maka bila proses penggalian belum selesai wajib menutup kembali kuburan tersebut dengan dengan tanah yang digali itu, dan tidak boleh menguburkan jenazah yang baru ketika ini kecuali memang ada kebutuhan mendesak atau kondisi dharurat seperti banyaknya orang yang meninggal sehingga tidak lokasi untuk menguburkan jenazah yang lain. Bila tidak demikian, haram hukumnya menguburkan jenazah yang baru tersebut. Lain halnya jika proses penggalian sudah selesai boleh melanjutkan proses penggalian dan menguburkan jenazah yang baru pada liang lahat yang masih ada bagian anggota tubuh mayit yang lama, tetapi tentunya terlebih dahulu membuat pemisah antara bagian tubuh mayit yang lama dengan jenazah yang baru bahkan menurut Syeikh Ibn Hajar Al Haitami haram melanjutkan penguburan bila tidak ada kebutuhan sebab akan menyakiti mayit yang lama.
Keharaman tersebut diatas yakni sebelum anggota mayit yang lama belum hancur ini dikecualikan dengan tulang ekor sebab anggota ini tidak bisa hancur (punah) karenanya bila hanya tinggal tulang ekor saja diperbolehkan karena ada pengecualian.
Ketika diketahui bahwa lokasi yang akan digali merupakan bekas kuburan lama tidak boleh menggali kuburan tersebut kecuali memang bisa dipastikan anggota badan jenazah yang lama sudah hancur semua; artinya sudah tidak ada bendanya lagi kecuali tulang ekor sebagaimana sudah dijelaskan. Berbeda dengan kuburan orang alim yang terkenal atau wali Allah yang masyhur tetap haram digali untuk menguburkan jenazah yang baru secara mutlak, artinya meskipun bisa dipastikan anggota badan jenazah tersebut sudah hancur. Tentunya untuk mengetahui batasan hancurnya tubuh mayit dengan meminta orang yang tau mengenai hal tersebut.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ketika menggali liang lahat dan menemukan anggota badan jenazah yang lama belum hancur selain tulang ekor seperti masih berbentuk tengkorak wajib menghentikan penggalian ketika proses penggalian belum selesai dan haram menguburkan jenazah yang baru pada kuburan tersebut kecuali memang ada kebutuhan mendesak seperti banyaknya jenazah dan lain sebagainya maka tidak mengapa disatukan pada kuburan lama yang tengah digali, hendaknya dikasi pembatas agar tidak tertindih sebab akan menyakiti mayit. Berbeda halnya bila proses penggalian sudah selesai boleh melanjutkan penggalian dan menguburkan jenazah yang baru disitu, tapi sesudah membuat pembatas sebagaimana maklum, bahkan menurut Syeikh Ibn Hajar Al Haitami bila tidak mendesak betul tetap haram karena menyakiti anggota badan jenazah yang lama. Pendapat beliau ini disetujui para pembesar ulama Syafi'iyah yang lain seperti Syeikh Syibromalisy, Syarwani dan selain mereka yang menjelaskan Keharaman tersebut meskipun dijadikan pembatas tetap haram. Ya! Tentunya tidak ada hajat, kalau ada hajat tidak diharamkan.
Wallahu A'lamu Bis Showaab
Ibarot:
إعانة الطالبين على حل ألفاظ فتح المعين ,2/135
ويحرم أيضا: إدخال ميت على آخر، وإن اتحدا جنسا، قبل بلاء جميعه، ويرجع فيه لاهل الخبرة بالارض.
ولو وجد بعض عظمه قبل تمام الحفر وجب رد ترابه، أو بعده فلا.
ويجوز الدفن معه
قوله: وإن اتحدا) أي الميت الذي في القبر، والميت المدخل عليه.
(قوله: قبل بلاء
جميعه) متعلق بيحرم، أي يحرم الإدخال المذكور قبل بلاء جميع الميت الذي في القبر.
قال سم: وأفهم جواز النبش، بعد بلاء جميعه.
ويستثنى قبر عالم مشهور، أو ولي مشهور، فيمتنع نبشه.
اه.
(قوله: ويرجع فيه) أي في البلاء، أي مدته.
(وقوله: لأهل الخبرة بالأرض) أي لأهل المعرفة بقدر المدة التي يبلى فيها الميت في أرضهم.
(قوله: ولو وجدبعض عظمه) أي الميت الذي في القبر.
(وقوله: قبل تمام الحفر) أي قبل أن يكمل حفر القبر.
(قوله: وجب رد ترابه) أي ويحرم تكميل الحفر والدفن فيه لما يلزم عليه من الإدخال المحرم.
وهذا إذا لم يحتج إلى الدفن في ذلك القبر، بأن كثر الموتى، وإلا فلا بأس بذلك.
(قوله: أو بعده) أي أو وجد عظمه، بعد تمام الحفر، فلا يجب رد التراب.
(قوله: ويجوز الدفن معه) أي مع العظم لكن بعد تنحيته عن محله.
وعبارة التحفة: أو بعده نحاه ودفن الآخر.
فإن ضاق بأن لم يمكن دفنه إلا عليه، فظاهر قولهم نحاه حرمة الدفن هنا، حيث لا حاجة، ليس ببعيد، لأن الإيذاء هنا أشد.
اه.
تحفة المحتاج في شرح المنهاج وحواشي الشرواني والعبادي، ١٧٣/٣
وَيَحْرُمُ أَيْضًا إدْخَالُ مَيِّتٍ عَلَى آخَرَ وَإِنْ اتَّحَدَا قَبْلَ بِلَى جَمِيعِهِ أَيْ إلَّا عَجْبَ الذَّنَبِ فَإِنَّهُ لَا يَبْلَى كَمَا مَرَّ عَلَى أَنَّهُ لَا يَحُسُّ فَلِذَا لَمْ يَسْتَثْنُوهُ وَيُرْجَعُ فِيهِ لِأَهْلِ الْخِبْرَةِ بِالْأَرْضِ وَلَوْ وَجَدَ عَظْمَةً قَبْلَ كَمَالِ الْحَفْرِ طَمَّهُ وُجُوبًا مَا لَمْ يَحْتَجْ إلَيْهِ أَوْ بَعْدَهُ نَحَاهُ وَدَفَنَ الْآخَرَ فَإِنْ ضَاقَ بِأَنْ لَمْ يُمْكِنْ دَفْنُهُ إلَّا عَلَيْهِ فَظَاهِرُ قَوْلِهِمْ نَحَاهُ حُرْمَةُ الدَّفْنِ هُنَا حَيْثُ لَا حَاجَةَ وَلَيْسَ بِبَعِيدٍ لِأَنَّ الْإِيذَاءَ هُنَا أَشَدُّ
(قَوْلُهُ إدْخَالُ مَيِّتٍ عَلَى آخَرَ إلَخْ) وَفِي الزِّيَادِيِّ وَمَحَلُّ تَحْرِيمِهِ عِنْدَ عَدَمِ الضَّرُورَةِ وَأَمَّا عِنْدَهَا فَيَجُوزُ كَمَا فِي الِابْتِدَاءِ رَمْلِيٌّ انْتَهَى اهـ ع ش (قَوْلُهُ قَبْلَ بِلَى جَمِيعِهِ) أَفْهَمَ جَوَازُ النَّبْشِ بَعْدَ بِلَى جَمِيعِهِ وَيُسْتَثْنَى قَبْرُ عَالِمٍ مَشْهُورٍ أَوْ وَلِيٍّ مَشْهُورٍ فَيُمْتَنَعُ نَبْشُهُ مُطْلَقًا م ر اهـ سم (قَوْلُهُ عَلَى أَنَّهُ إلَخْ) أَيْ عَجْبُ الذَّنَبِ (قَوْلُهُ وَيَرْجِعُ فِيهِ) أَيْ فِي الْبِلَى (قَوْلُهُ نَحَاهُ) أَيْ نَحَى الْعَظْمَ مِنْ الْقَبْرِ بِأَنْ يَجْعَلَهُ فِي جَانِبٍ أَوْ فِي مَوْضِعٍ آخَرَ كُرْدِيٌّ وَحَلَبِيٌّ وَزِيَادِيٌّ (قَوْلُهُ وَلَيْسَ بِبَعِيدٍ إلَخْ) ظَاهِرُهُ الْحُرْمَةُ وَإِنْ وُضِعَ بَيْنَهُمَا حَائِلٌ كَمَا لَوْ فُرِشَ عَلَى الْعِظَامِ رَمْلٌ ثُمَّ وُضِعَ عَلَيْهِ الْمَيِّتُ فَلْيُرَاجَعْ ع ش أَقُولُ قَدْ يُوَافِقُ ذَلِكَ الظَّاهِرُ قَوْلَ شَيْخِنَا وَيَحْرُمُ جَمْعُ عِظَامِ الْمَوْتَى لِدَفْنِ غَيْرِهِمْ وَكَذَا وَضَعَ الْمَيِّتِ فَوْقَهَا اهـ.
حواشي السبراملشي على النهاية ج ٣ ص ١٢
قَالَ حَجّ: وَلَوْ وَجَدَ عَظْمَهُ قَبْلَ كَمَالِ الْحَفْرِ طَمَّهُ وُجُوبًا مَا لَمْ يَحْتَجْ إلَيْهِ أَوْ بَعْدَهُ نَحَّاهُ وَدَفَنَ الْآخَرَ، فَإِنْ ضَاقَ بِأَنْ لَمْ يُمْكِنْ دَفْنُهُ إلَّا عَلَيْهِ فَظَاهِرُ قَوْلِهِمْ نَحَّاهُ حُرْمَةُ الدَّفْنِ هُنَا حَيْثُ لَا حَاجَةَ وَلَيْسَ بِبَعِيدٍ؛ لِأَنَّ الْإِيذَاءَ هُنَا أَشَدُّ اهـ، وَظَاهِرُهُ الْحُرْمَةُ وَإِنْ وُضِعَ بَيْنَهُمَا حَائِلٌ كَمَا لَوْ فُرِشَ عَلَى الْعِظَامِ رَمْلٌ، ثُمَّ وُضِعَ عَلَيْهِ الْمَيِّتُ فَلْيُرَاجَعْ -إلى أن قال-
(قَوْلُهُ: أَنَّهُ لَمْ يَبْقَ مِنْ الْمَيِّتِ شَيْءٌ إلَخْ) أَيْ سِوَى عَجَبِ الذَّنْبِ؛ لِأَنَّهُ لَا يَبْلَى
Editor sekaligus Mujawwib: Ismidar Abdurrahman As-Sanusi
Link Diskusi: