1324. AMALIYYAH : MEWUDHUKAN MAYIT DENGAN MENYIRAM SELURUH TUBUH DAN LEWAT DIBAWAH KERANDA JENAZAH

Sumber gambar: sidogiri.net


Pertanyaan:
Assalamu 'alaikum wr.wb
Para kyai, asatidz,adatidzah,gus2,lora,abuya...., rahimakumulloh!!!

Izin bertanya...
*Bagaimana hukumnya mewudhu'kan jenazah dg cara menyiram langsung dari ujung kepala sampai ujung kaki ?
*adakah hal tsb dasar hadits dan referensi di kitab lainnya?
*dan bagaimana pula hukumnya ketika jenazah diangkat/dipikul,ada anggota keluarganya melewati 3× di bawahnya jenazah yg dipikul tsb sblum diberangkatkan ke kuburan?

Syukron katsiiron
[Hameed Pendozza]

Jawaban:
Wa'alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh

1. Tidak ada disebutkan dalam hadits dan juga pada literatur klasik Syafi'iyah cara Wudhu demikian. Sebab mewudhukan mayit tidak ada perbedaan dengan wudhu orang hidup sebagaimana sudah dimaklumi. Sedangkan menyiram dari kepala sampai kaki bukanlah wudhu melainkan mengguyurkan air, sebab wudhu itu ada ketentuan, syarat dan rukun seperti harus tertib per anggota, karenanya kalau hanya menyiramkan air pada seluruh tubuh mayit bukanlah wudhu.

Ibarot:

كاشفة السجا على سفينة النجا الصحفة ٢٩٧ دار الحاوي
وأن يوضئه قبل الغسل كالحي ثلاثا ثلاثا بمضمضة وٱستنشاق، ويميل رأسه فيهما لئلا يصل الماء باطنه

شرح المقدمة الحضرمية المسمى بشرى الكريم بشرح مسائل التعليم الصفحة ٤٥١
ثم يوضئه) ثلاثاً ثلاثاً كالحي، بمضمضة واستنشاق وينشفه ويميل فيهما رأسه؛ لئلا يسبق الماء إلى بطنه، ولا يكفي عنهما ما مر؛ لأنه كالسواك، ويخرج بعود لين ما تحت أظفاره وظاهر أذنيه وصماخيه.

2. Perbuatan keluarga mayit lewat didepan keranda usungan memang sudah sering terjadi seperti di daerah saya sendiri. Konon mereka berkeyakinan bila anak cucu jenazah tidak lewat dibawah kerangka mereka mengatakan ruh jenazah tersebut sering datang kepada sanak keluarga dan menghantui mereka. Lebih parah lagi ada yang melakukan itu dengan cara merunduk seperti layaknya orang ruku' terlebih orang yang bertubuh tinggi. Perbuatan yang demikian ini merupakan bid'ah yang tidak ada asalnya dan haram dilakukan bahkan bisa menjadi kufur pelakunya bila ada unsur pengagungan seperti layaknya pengagungan terhadap Allah Taala dan ada keyakinan bahwa bila tidak menyorok atau lewat dibawah kerangka jenazah memang tertimpa mudhorot atau kalau lewat tidak terjadi sesuatu itu tanpa ikut campur tangan Allah Taala.


Ibarot:

حاشية الجمل على شرح المنهج ج ٢ ص ١٦٥
قَالَ فِي الْمَطَالِعِ وَالتَّزَاحُمُ عَلَى النَّعْشِ وَالْمَيِّتِ بِدْعَةٌ مَكْرُوهَةٌ وَكَانَ الْحَسَنُ إذَا رَآهُمْ يَزْدَحِمُونَ عَلَيْهِ يَقُولُ: إخْوَانَ الشَّيَاطِينِ اهـ. بِرْمَاوِيٌّ

إعانة الطالبين على حل ألفاظ فتح المعين، ج ٤ ص ١٥٤
قال البجيرمي: الحاصل أن الانحناء لمخلوق، كما يفعل عند ملاقاة العظماء، حرام عند الاطلاق أو قصد تعظيمهم لا كتعظيم الله تعالى، وكفر إن قصد تعظيمهم كتعظيم الله تعالى.
اه.

فتاوى شرعية للشيخ حسنين محمد مخلوف ج ٢ ص ٤٨-٥٠
{السؤال} سار الناس بجنازة فى البلدة وأمامها الطبول والبنود، وإذا بالنعش يدور بالناس ويرجع بهم الى الوراء ثم يندفع الى الأمام بسرعة، فاعتقد الناس أن ذلك من فعل الميت تعلقا منه ببعض الأماكن، فتقدم آخرون لحمل النعش فحصل معهم ما حصل مع السابقين فهل هذا من فعل الميت حقيقة ؟
{الجواب} كثر ادعاء الناس حدوث هذه الحالة من الموتى فى بلادنا وخاصة القرى إذا كانوا من المنتسبين الى بعض الطرق الصوفية . فيزعمون أن المتوفى دفع الجنازة الى جهة كرها عن حامليها، ثم جذبها الى أخرى كذلك، وكلما أكثر المشيعون من الأذكار ازداد الدفع والجذب، وهكذا الى أن ينتهي بهم المطاف الى القبر بعد جهد وعناء .
وليس لهذا أصل فى الدين، فلم يرد فى الكتاب ولا فى السنة ما يشير الى وقوع مثل ذلك لنبي أو وليّ لا فى الأمم السابقة ولا فى هذه الأمة . وما أثر شيء من ذلك فى الصدر الأول وهو خير القرون وأفضلها عن أصحابيّ أو تابعيّ ولا عن إمام من أئمة المسلمين ولا صالح من أتقيائهم المرضيين، ولو وقع " وهو مما تتوافر الدواعى على نقله بلا ريب " لنقله الينا الثقات كما نقلوا الينا صحيح الأخبار والآثار . وقد أفاض المؤرخون فى وصف جنازة إمام أهل الحديث وأتقى الأمة فى عصره الإمام أحمد بن حنبل رضي الله عنه وصفا دقيقا لم يقل أحد إنه فعل مثل ذلك .

تحفة المريد إلى جوهر التوحيد الصحفة ٥٨
فمن اعتقد أن الأسباب العادية كالنار والسكين والأكل والشرب تؤثر فى مسبباتها الحرق والقطع والشبع والرى بطبعها وذاتها فهو كافر بالإجماع أو بقوة خلقها الله فيها ففى كفره قولان والأصح أنه ليس بكافر بل فاسق مبتدع ومثل القائلين بذلك المعتزلة القائلون بأن العبد يخلق أفعال نفسه الإختيارية بقدرة خلقها الله فيه فالأصح عدم كفرهم ومن اعتقد المؤثر هو الله لكن جعل بين الأسباب ومسبباتها تلازما عقليا بحيث لا يصح تخلفها فهو جاهل وربما جره ذلك إلى الكفر فإنه قد ينكر معجزات الأنبياء لكونها على خلاف العادة ومن اعتقد أن المؤثر هو الله وجعل بين الأسباب والمسببات تلازما عادي بحيث يصح تخلفها فهو المؤمن الناجى إن شاء الله

NB:

Keterangan hukum diatas bisa berubah dengan kondisi yang terjadi, yaitu apabila perbuatan lewat dibawah keranda jenazah ada menimbulkan hal dibawah ini hukumnya haram:
• Berdesakan saat lewat
• Posisi yang dilakukan membungkuk

° Berhukum kafir pelakunya bila kerkeyakinan apabila sanak keluarga tidak lewat dibawah kerangka jenazah sesuatu yang buruk terjadi atau kalau lewat tidak terjadi dengan sebab perbuatan itu tanpa beri'tikad campur tangan Allah.

° Menjadi hukum sunah bila melakukan itu semua untuk menepis omongan masyarakat seperti sudah sangat mentradisi seandainya tidak dilakukan masyarakat membicarakannya dengan tidak ².

° Boleh ketika dilakukan tanpa ada kondisi tersebut diatas seperti hanya melakukan saja tanpa keyakinan apa-apa dan hendaknya dilakukan dengan cepat agar tidak menghambat proses pemakaman.

Wallahu A'lam

(Dijawab oleh: Ismidar Abdurrahman As-Sanusi)

Link Diskusi:

Komentari

Lebih baru Lebih lama