1357. BACAAN DUDUK DIANTARA DUA KHUTBAH



Pertanyaan:
Pas Khotib duduk diantara dua khutbah adakah bacaan tertentu yang dibaca
[Whydd]

Jawaban:
Duduk diantara dua Khutbah merupakan syarat khutbah itu sendiri dan juga Disyaratkan Tuma'ninah didalam duduk tersebut seukuran membaca surat Al ikhlas dan sunah ketika duduk membaca beberapa ayat Al Qur'an meskipun yang afdhol membaca surat Al ikhlas. Sebagian Ulama bahkan mengatakan bahwa ketika duduk itu disunahkan berdoa dengan sembarang doa meskipun para jama'ah karena waktu itu dinilai mustajab (mudah dikabulkan doa).

Dasar Pengambilan Ibarot:

وَهَلْ يَسْكُتُ فِي الْجُلُوسِ، أَوْ يَقْرَأُ، أَوْ يَذْكُرُ؟ سَكَتُوا عَنْهُ وَفِي صَحِيحِ ابْنِ حِبَّانَ أَنَّهُ - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - كَانَ يَقْرَأُ فِيهِ كَذَا فِي شَرْحِ م ر قَالَ: ع ش وَيُسَنُّ كَوْنُ مَا يَقْرَؤُهُ الْإِخْلَاصُ.
“Apakah diam sewaktu duduk (diantara dua Khutbah) atau membaca ayat atau berdzikir? 
Ulama diam tentangnya. Dalam shahih Ibnu Hibban "Adalah Nabi membaca ayat ketika duduk tersebut", demikian keterangan dalam Syarh Al-Jamal Romli, Ali Syibromalisy berkata : 'Sunah keberadaan yang dibaca surat Al ikhlas' ”
[Hasyiyah Bujairomi ala Syarh al Manhaj I/390]

قَوْلُهُ: (بِقَدْرِ سُورَةِ الْإِخْلَاصِ) وَأَنْ يَقْرَأَهَا أَيْضًا سَوَاءٌ إمَامَ مَحْصُورِينَ وَغَيْرِهِمْ ق ل.
“Keterangan Pengarang: (Seukuran membaca surat Al ikhlas") dan membacanya juga, Baik dia itu Imam yang diridhoi (membaca ayat panjang) dan selainnya, habis keterangan Qulyubi”
[Hasyiyah Bujairomi ala al Khothiib II/204]
وَ) أَنْ (يَكُونَ جُلُوسُهُ بَيْنَهُمَا) أَيْ بَيْنَ الْخُطْبَتَيْنِ (قَدْرَ سُورَةِ الْإِخْلَاصِ) تَقْرِيبًا لِذَلِكَ وَخُرُوجًا مِنْ خِلَافِ مَنْ أَوْجَبَهُ وَيَقْرَأُ فِيهِ شَيْئًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ لِلِاتِّبَاعِ، رَوَاهُ ابْنُ حِبَّانَ
(قَوْلُهُ: وَيَقْرَأُ فِيهِ شَيْئًا إلَخْ) وَالْأَفْضَلُ قِرَاءَةُ سُورَةِ الْإِخْلَاصِ اهـ. ح ل.
“Menjadikan duduk antara dua khutbah seukuran surat Al ikhlas sebagai pendekatan (Bukan dibatasi). Yang demikian itu demi menyalahi pendapat yang mewajibkannya dan membaca didalamnya sesuatu dari kitab Allah, demikianlah riwayat Ibnu Hibban.

(Keterangan Pengarang "Dan membaca sesuatu didalamnya") dan yang afdhol membaca surat Al ikhlas”
[Hasyiyah Al Jamal Ala Syarh al Manhaj II/36]

و) شرط (جلوس بينهما) بطمأنينة فيه، وسن أن يكون بقدر سورة الاخلاص، وأن يقرأها فيه.
(قوله: وأن يقرأها فيه) أي وسن أن يقرأ سورة الإخلاص في الجلوس المذكور.
“Dan Disyaratkan duduk antara keduanya dengan Tuma'ninah dan sunah menjadikannya seukuran surat Al ikhlas dan membacanya padanya.

(Keterangan Pengarang "Dan membacanya padanya") artinya: Dan disunahkan membaca surat Al ikhlas pada duduk tersebut.
[I'aanah at Thoolibiin II/83]

قال: (ويكون جلوسه بينهما قدر (سورة الإخلاص))؛ لأنه المأثور من فعل النبي صلى الله عليه وسلم، وهذا أكملها.
وفي (البحر): أنه أقلها، والمشهور: أن أقلها أن يطمئن كما بين السجدتين.
وهل يكون فيها ساكتا أو يقرأ؟ .. لم يصرحوا به، لكن في (كتاب ابن حبان) ] 2803 [: (أن النبي صلى الله عليه وسلم كان يقرأ في جلوسه من كتاب الله)، وقال القاضي حسين: الدعاء فيه مستجاب.
“Beliau (pengarang) berkata: ("Dan menjadikan Duduk antara keduanya seukuran surat Al ikhlas") karena Ma'tsur dari perbuatan Nabi Shalallahu Alaihi Wasallam dan inilah yang sempurna. Dalam kitab Al-Bahr menyebutkan itu yang minimal. dan pendapat yang masyhur bahwa minimalnya duduk tersebut Tuma'ninah sebagaimana antara dua sujud.

Apakah menjadikan padanya diam atau Membaca ayat? Ulama tidak menjelaskan, tapi dalam kitab Ibnu Hibban nomor hadits 2803: "Bahwa Nabi Shalallahu Alaihi Wasallam Membaca pada duduknya dari kitab Allah". Al Qodhiy Husain berkata: "Berdoa kala itu mustajab”
[An Najm al Wahhaj II/483]

عِبَارَةُ الْعُبَابِ وَأَنْ يَقْرَأَهَا فِيهِ قَالَ فِي شَرْحِهِ لَمْ أَرَ مَنْ تَعَرَّضَ لِنَدْبِهَا بِخُصُوصِهَا فِيهِ وَيُوَجَّهُ بِأَنَّ السُّنَّةَ قِرَاءَةُ شَيْءٍ مِنْ الْقُرْآنِ وَهِيَ أَوْلَى مِنْ غَيْرِهَا لِمَزِيدِ ثَوَابِهَا وَفَضَائِلِهَا وَخُصُوصِيَّاتِهَا انْتَهَى. اهـ. سم
“Redaksi Kitab Al-'Ubaab "Dan membacanya padanya", dalam Syarhnya beliau berkata: Tidak ada pendapat yang bertentangan karena kesunahannya dan kekhususannya didalamnya dan lawannya dan bahwa yang Sunah membaca sesuatu dari Al Qur'an, sedangkan surat Al ikhlas adalah lebih utama daripada selainnya karena tambahan pahalanya, keutamaannya dan kekhususannya, selesai keterangan Ibnu Qosim Al 'Ubadiy”
[Hawaasyi as Syarwani Ala at Tuhfah II/463]

قال الشرقاوي وأقل الجلوس أن يكون بقدر الطمأنينة في الصلاة كما في الجلوس بين
السجدتين ويسن أن يكون بقدر سورة الإخلاص وأن يقرأها فيه فلو ترك الجلوس بينهما
حسبتا واحدة فيجلس ويأتي بخطبة أخرى ومن خطب قاعداً لعذر فصل بينهما وجوباً
بسكتة فوق سكتة التنفس والعي بكسر العين أي التعب أي زائدة عليها
As Syarqowi berkata “Minimal duduk di antara dua khutbah
Jumat adalah sekiranya duduk tersebut seukuran dengan tumakninah
dalam sholat sebagaimana duduk di antara dua sujud. Disunahkan
bahwa khotib duduk di antara dua khutbah Jumat seukuran lamanya
membaca Surat al-Ikhlas dan khotib disunahkan membacanya saat
duduk tersebut. 
NB: Sedangkan para hadirin yang Berdoa kala itu lebih utama dibaca siir (pelan) tidak keras agar tidak mengganggu yang lain”
[Kaasyifah as Sajaa bab shalat Jum'at]

(وَسُئِلَ) نَفَعَ اللَّهُ بِهِ عَمَّا إذَا جَلَسَ الْخَطِيبُ بَيْنَ الْخُطْبَتَيْنِ هَلْ يُسْتَحَبُّ لَهُ فِي جُلُوسِهِ دُعَاءٌ أَوْ قِرَاءَةٌ أَوْ لَا وَهَلْ يُسَنُّ لِلْحَاضِرِينَ. حِينَئِذٍ أَنْ يَشْتَغِلُوا بِقِرَاءَةٍ أَوْ دُعَاءٍ أَوْ صَلَاةٍ عَلَى النَّبِيِّ - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - بِرَفْعِ الصَّوْتِ أَوْ لَا؟
(فَأَجَابَ) بِقَوْلِهِ: ذُكِرَ فِي الْعُبَابِ أَنَّهُ يُسَنُّ لَهُ قِرَاءَةُ سُورَةِ الْإِخْلَاصِ وَقُلْتُ فِي شَرْحِهِ لَمْ أَرَ مَنْ تَعَرَّضَ لِنَدْبِهَا بِخُصُوصِهَا فِيهِ وَيُوَجَّهُ بِأَنَّ السُّنَّةَ قِرَاءَةُ شَيْءٍ مِنْ الْقُرْآنِ فِيهِ كَمَا يَدُلُّ عَلَيْهِ رِوَايَةُ ابْنِ حِبَّانَ كَانَ - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - يَقْرَأُ فِي جُلُوسِهِ مِنْ كِتَابِ اللَّهِ وَإِذَا ثَبَتَ أَنَّ السُّنَّةَ ذَلِكَ فَهِيَ أَوْلَى مِنْ غَيْرِهَا لِمَزِيدِ ثَوَابِهَا وَفَضَائِلِهَا وَخُصُوصِيَّاتِهَا قَالَ الْقَاضِي وَالدُّعَاءُ فِي هَذِهِ الْجِلْسَةِ مُسْتَجَابٌ انْتَهَتْ عِبَارَةُ الشَّرْحِ الْمَذْكُورِ وَيُؤْخَذُ مِمَّا ذُكِرَ عَنْ الْقَاضِي أَنَّ السُّنَّةَ لِلْحَاضِرِينَ الِاشْتِغَالُ وَقْتَ هَذِهِ الْجِلْسَةِ بِالدُّعَاءِ لِمَا تَقَرَّرَ أَنَّهُ مُسْتَجَابٌ حِينَئِذٍ وَإِذَا اشْتَغَلُوا بِالدُّعَاءِ فَالْأَوْلَى أَنْ يَكُونَ سِرًّا لِمَا فِي الْجَهْرِ مِنْ التَّشْوِيشِ عَلَى بَعْضِهِمْ وَلِأَنَّ الْإِسْرَارَ هُوَ الْأَفْضَلُ فِي الدُّعَاءِ إلَّا لِعَارِضٍ.
[Al Fatawa Al Fiqhiyyah al Kubro I/252]


Wallahu A'lamu Bis Showaab

[Mujawwib: Ismidar Abdurrahman As-Sanusi dan Izul Khaf]

Link Diskusi:

Komentari

Lebih baru Lebih lama