014. TIDAK MELAKUKAN WIRID SESUDAH SHALAT TIDAK SAH?




Pertanyaan:
Assalamualaikum. Nanya ustadz bgmna hukumnya orang solat subuh setelah salam langsung lari utk mematikan kompor krn pd wkt solat sdh ingat klo belum mematikan kompor ketika masak air? Apakah solatnya sah ?

Ada dawuh dari guru من ترك الورد كل القرد siapa yg niggalkan wirid stlh solat maka ia spt monyet...itu maksudnya apa stlh solat kita harus wirid ? G boleh langsung pergi gitu aja ? Ato gmn ?
[Abine Muhammad Robith]

Jawaban:
Wa'alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa apabila sudah melakukan salam pada shalat maka agenda shalat sudah terhitung sah selama tidak kurang Syarat dan rukun. Jadi tidak melakukan wirid sesudah shalat maka shalatnya sah sebab wiridan sesudah shalat adalah sunah yang dianjurkan berdasarkan perbuatan Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasallam sebagaimana dimuat dalam kitab hadits dan fiqih. Kendatipun demikian, melakukan wiridan sesudah shalat merupakan pekerjaan yang terpuji, disamping menjalankan sunah Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasallam juga sebagai waktu yang baik untuk melakukan dzikir dan berdoa. Adapun meninggalkan wiridan sesudah shalat merupakan perbuatan acuh terhadap Allah. Sehingga sebagian Ulama ada yang berungkap:

من ليس له ورد فهو قرد
"Siapa yang tidak melakukan wirid maka ia adalah kera (monyet".

Ungkapan tersebut merupakan ungkapan Syeikh Abdurrahman As-Saqaaf. Maksud beliau beliau menganjurkan agar jangan meninggalkan wiridan sesudah shalat, tapi jangan dimaknai sebuah kewajiban dan itu bukan hadits tapi Qoul Ulama.

[فرع] ويسن أن يجلس بعد الصلاة ليأتي بالذكر والدعاء الواردين بعد الصلاة لأن ترك
ذلك جفوة أي إعراض بين العبد وربه، ولأن الدعاء مستجاب بعد الصلاة 
CABANG]
Disunahkan duduk setelah selesai dari sholat untuk
melakukan dzikir dan doa setelah sholat yang sesuai dengan keterangan yang ada (waarid) karena meninggalkan keduanya
merupakan bentuk sikap acuh yang dilakukan hamba terhadap
Tuhan-nya dan karena doa setelah sholat merupakan doa yang
mustajab (terkabulkan).
[Kaasyifah as Sajaa Ala Safiinah an Najaa Halaman 264, Daar al Haawi]

وقال سيدي الشيخ عبد الرحمن السقاف رضي الله عنه: من لم يكن له ورد فهو قرد، وقال بعض العارفين: الواردات من حيث الأوراد فمن لم يكن له ورد في ظاهره لم يكن له وارد في سرائره.
[Risaalah Al Mu'awwanah Halaman 13, Daar Musthofa Al Baabi Al Halbiy]

Wallahu A'lamu Bis Showaab

[Mujawwib: Ismidar Abdurrahman As-Sanusi]

Link Diskusi:

Komentari

Lebih baru Lebih lama