1360. AQIDAH : QOUL ULAMA TENTANG HUKUM MEMPERCAYAI ISRA' DAN MI'RAJ NABI MUHAMMAD





Pertanyaan:
assalamaulaikum.. minta kaol ulama yng mengatakan wajib bagi setiap orng muslim mukalap harus meyaqini isro mi'roj nabi kita
[Zain Fauz]

Jawaban:
Wa'alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh

Wajib bagi setiap orang Islam atau mukmin berkeyakinan bahwa Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasallam sudah menjalani Isra' dan mi'raj, hal ini berdasarkan ayat Al Qur'an yang menyebutkan peristiwa Isra', hadits dan Ijma' Ulama. Demikian pula mi'raj yang disebutkan dalam hadits. Namun demikian, mengenai apakah mengingkari peristiwa Isra' dan mi'raj tergolong kafir (murtad) atau tidak dirinci dulu:
• Mengingkari peristiwa Isra' nabi tergolong kafir yakni murtad, karena peristiwa ini jelas disebutkan dalam ayat Al Qur'an, hadits dan Ijma' Ulama

• Mengingkari peristiwa Mi'raj nabi sampai beliau pergi ke Arasy, surga, neraka, dan lain sebagainya tidak sampai kafir tapi dihukumi fasiq. Sebab peristiwa tersebut hanya disebut dalam beberapa hadits dan tanpa terjadi Ijma' dan tidak disebutkan dalam Al Qur'an.

Demikian jawaban dapat saya kami berikan berdasarkan literatur klasik ahlussunah.

Wallahu A'lamu Bis Showaab

Referensi:
1. NuruDz-Dzolam Ala Mandzumah Al 'Awam Halaman 38-42

2. Tuhfah al Muriid Ilaa Jauharit Tauhid Halaman 357

Pengambilan Ibarot:
1. Al Ustadz Ahmad Faiz 

نور الظلام على المنظومة المسماة عقيدة العوام الصحفة ٣٧-٤٢
يجب على كل مكلف ان يعتقد ان الله تعالى أكرم نبيه ﷺبالإسراء والمعراج ليلا في نحو أربع ساعات او ثلاثة او أقل من ذلك 

2. Pengambilan Ibarot oleh Ismidar Abdurrahman As-Sanusi

تحفة المريد إلى جوهرة التوحيد لشيخ ابراهيم الباجوري الصحفة ١٥٧ دار الكتب العلمية بيروت لبنان
والإسراء من المسجد الحرام إلى المسجد الأقصى : ثابت بالكتاب والسنة وإجماع المسلمين فمن أنكره كفر، والمعراج من المسجد الأقصى إلى السموات السبع : ثابت بأحاديث المشهورة. ومنها إلى الجنة، ثم إلى المستوى أو العرش أو طرف العالم من فوق العرش، على الخلاف في ذلك ثابت بخبر الواحد، فمن أنكره لا يكفر لكن يفسق؛ والتحقيق أنه لم يصل إلى العرش كما نصوا عليه في موارد القصة.

MUSYAWIRIN: MASYAYIKH KAJIAN FIQIH GROUP WA

Link Diskusi:

Komentari

Lebih baru Lebih lama