1361. SHALAT MEMBAWA NAJIS YANG DIKETAHUI SETELAH SHALAT, HARUSKAH DIULANGI?




Pertanyaan:
Assalamualaikum..para ustaz. mau nanya. Misal kita salat, terus kita baru tahu, ternyata celana dalam yang kita pakai ternyata kotor dan najis setelah beberapa jam dari pelaksanaan salat tersebut. Pertanyaannya apakah salat tersebut harus diulang lagi?
[Suheri Ariansyah]

Jawaban:
Wa'alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh

Bersih dari najis merupakan syarat sah shalat, maka oleh karena itu, bila membawa najis yang tidak dima'fu maka shalatnya tidak sah, meskipun sebelumnya tidak tahu dan diketahui sesudah shalat wajiblah mengulangi shalat yang dikerjakan saat membawa najis tersebut. Berbeda halnya, bila diyakini adanya najis itu sesudah shalat maka tidak wajib diulangi tapi disunahkan. Maksud mengulangi disini kalau waktu shalat tersebut masih ada, kalau tidak maka wajib diqodho' atau disunahkan diqodho' dengan pertimbangan MENGULANGI. Demikian pula, seandainya tahu ada najis tapi kemudian lupa lalu mengingatnya juga sama hukumnya.

Dengan demikian, pada pakaian dan semisalnya terdapat najis dan baru disadari setelah shalat meskipun sudah beberapa jam wajib diulangi shalat yang dirasa dikerjakan membawa najis. Berbeda kalau diyakini najis itu ada setelah shalat maka tidak wajib diulangi tapi disunahkan.

فلو صلى بنجس لم يعلمه أو علمه، ونسي ثم تذكر،
وجبت الإعادة لكل صلاة صلاها متيقنا فعلها مع ذلك النجس، بخلاف ما احتمل حدوثه بعده.
“Seandainya seseorang yang mengerjakan shalat dengan najis yang mana ia tidak mengetahui ada najis tersebut atau mengetahui lalu lupa kemudian mengingatnya wajib mengulangi setiap shalat yang mana shalatnya diyakini dikerjakan beserta najis berbeda najisnya ada sesudahnya (tidak wajib diulangi)”
[I'aanah at Thoolibiin I/98]

قَوْلُهُ: (وَلَوْ صَلَّى بِنَجَسٍ غَيْرِ مَعْفُوٍّ عَنْهُ لَمْ يَعْلَمْهُ) أَيْ حَالَ ابْتِدَائِهَا. وَقَوْلُهُ: (أَوْ عَلِمَهُ) أَيْ قَبْلَ الشُّرُوعِ فِيهَا وَقَوْلُهُ: (ثُمَّ تَذَكَّرَ) أَيْ بَعْدَ صَلَاتِهِ، وَأَشَارَ الشَّارِحُ بِذَلِكَ إلَى أَنَّ قَوْلَهُ فِيمَا تَقَدَّمَ وَطَهَارَةُ النَّجَسِ أَيْ فِي نَفْسِ الْأَمْرِ لَا فِي اعْتِقَادِهِ فَقَطْ وَقَوْلُهُ: فَصَلَّى لَا حَاجَةَ إلَيْهِ بَعْدَ قَوْلِهِ وَلَوْ صَلَّى.
قَوْلُهُ: (وَجَبَتْ الْإِعَادَةُ) لِتَفْرِيطِهِ بِتَرْكِ التَّطَهُّرِ فِي الصُّورَةِ الثَّانِيَةِ؛ وَلِأَنَّ الطَّهَارَةَ وَاجِبَةٌ فَلَا تَسْقُطُ بِالْجَهْلِ فِي الصُّورَةِ الْأُولَى، وَالْمُرَادُ بِالْإِعَادَةِ مَا يَشْمَلُ الْقَضَاءَ كَمَا إذَا تَذَكَّرَ بَعْدَ خُرُوجِ الْوَقْتِ، وَفِي إطْلَاقِ الْإِعَادَةِ عَلَى مَا بَعْدَ الْوَقْتِ تَغْلِيبٌ أَيْ غَلَّبَ الْإِعَادَةَ عَلَى الْقَضَاءِ فَسَمَّاهَا إعَادَةً، إذْ الْإِعَادَةُ فِعْلُ الْعِبَادَةِ ثَانِيًا فِي الْوَقْتِ، وَظَاهِرُهُ أَنَّ الْإِعَادَةَ فِي الصُّورَتَيْنِ أَعْنِي هَذِهِ وَمَا بَعْدَهَا عَلَى التَّرَاخِي، وَيُؤَيِّدُهُ مَا لَوْ نَسِيَ النِّيَّةَ فِي الصَّوْمِ مِنْ وُجُوبِ الْقَضَاءِ فِيهِ عَلَى التَّرَاخِي؛ لِأَنَّ النِّسْيَانَ يَقَعُ كَثِيرًا كَمَا نَقَلَهُ الْإِطْفِيحِيُّ عَنْ ع ش، وَلَوْ مَاتَ قَبْلَ التَّذَكُّرِ فَالْمَرْجُوُّ مِنْ اللَّهِ أَنْ لَا يُؤَاخِذَهُ لِرَفْعِهِ عَنْ هَذِهِ الْأُمَّةِ الْخَطَأَ وَالنِّسْيَانَ.
قَوْلُهُ: (بِخِلَافِ مَا) أَيْ صَلَاةٍ وَقَوْلُهُ: (اُحْتُمِلَ حُدُوثُهُ) أَيْ النَّجَسُ بَعْدَهَا أَيْ؛ لِأَنَّ الْأَصْلَ فِي كُلِّ حَادِثٍ تَقْدِيرُهُ بِأَقْرَبِ زَمَنٍ، وَالْأَصْلُ عَدَمُ وُجُودِهِ قَبْلَ ذَلِكَ. وَقَوْلُهُ: اُحْتُمِلَ حُدُوثُهُ أَيْ بِرَاجِحِيَّةٍ أَوْ مَرْجُوحِيَّةٍ أَوْ اسْتِوَاءِ الْأَمْرَيْنِ بِرْمَاوِيٌّ أَيْ: فَلَا يَجِبُ إعَادَتُهَا لَكِنْ يُسَنُّ كَمَا قَالَهُ فِي الْمَجْمُوعِ، 
[Hasyiyah Bujairomi ala al Khothiib I/447]

Wallahu A'lamu Bis Showaab

(Mujawwib : Ismidar Abdurrahman As-Sanusi)

Diangkat dari diskusi group WA: Kajian Fiqih


Komentari

Lebih baru Lebih lama