1405. HADITS : WANITA HAID DIPERINTAH MENGQODHO' PUASA TIDAK SHALAT


Pertanyaan:
...Tlg syekh2 minta hadits perintah qodo puasa bgi wanita tapi tdk di printah qodo shalat
[~FATHIN]

Jawaban:

وَحَدَّثَنَا عَبْدُ بْنُ حُمَيْدٍ، أَخْبَرَنَا عَبْدُ الرَّزَّاقِ، أَخْبَرَنَا مَعْمَرٌ، عَنْ عَاصِمٍ، عَنْ مُعَاذَةَ، قَالَتْ: سَأَلْتُ عَائِشَةَ فَقُلْتُ: مَا بَالُ الْحَائِضِ تَقْضِي الصَّوْمَ، وَلَا تَقْضِي الصَّلَاةَ. فَقَالَتْ: أَحَرُورِيَّةٌ أَنْتِ؟ قُلْتُ: لَسْتُ بِحَرُورِيَّةٍ، وَلَكِنِّي أَسْأَلُ. قَالَتْ: «كَانَ يُصِيبُنَا ذَلِكَ، فَنُؤْمَرُ بِقَضَاءِ الصَّوْمِ، وَلَا نُؤْمَرُ بِقَضَاءِ الصَّلَاةِ»
"Telah Menceritakan kepada kami Abdun bin Humaid, telah mengkhabarkan kepada kami Abdurrazaq, Telah mengkhabarkan kepada kami Ma'mar dari Ãshim Dari Mu’adzah binti Abdullah al-‘Adawiyah, dia berkata,

Saya bertanya kepada Aisyah, seraya berkata, “Kenapa gerangan wanita yang haid mengqadha puasa dan tidak mengqadha shalat?”

Maka Aisyah menjawab, “Apakah kamu dari golongan Haruriyah?”

Aku menjawab, “Aku bukan Haruriyah, akan tetapi aku hanya bertanya.”

Dia menjawab, “Kami dahulu juga mengalami haid, maka kami diperintahkan untuk mengqadha puasa dan tidak diperintahkan untuk mengqadha shalat.”
[Shahih Muslim, Kitab Haid, bab Wajib mengqodho' puasa bagi wanita haid tidak shalat, hadits nomor 335, Juz 1, Halaman 265. Cet. Daar al Ihyaa' at Turats al Arabiy Beirut / Al Maktabah as Syamilah]

Wallahu A'lamu Bis Showaab

(Dijawab oleh: Ismidar Abdurrahman As-Sanusi)

Link Diskusi:

Komentari

Lebih baru Lebih lama