1406. FIQIH PUASA : SAAT ENAK-ENAKNYA BERSENGGAMA BERKUMANDANG ADZAN



Pertanyaan:
Assalamu'alaikum... izin bertanya. bagaimana hukumnya -dibulan puasa ini- ketika seorang suamihabis sahur ternyata syahwatnya "menggebu" sampai akhirnya dia "mendatangi" istrinya. karena dia pikir paling hanya 5-10 menit juga sudah selesai. Tapi ternyata sampai 20 menit sang suami belum juga "keluar' dan ketika akan mencapai puncaknya ternyata azan subuh menggema.🤭😄. Apa yang harus dilakukan? apakah tetap diteruskan -seperti menelan makan yang ada dimulut-walaupun sudah azan? atau langsung cabuuut aja?😝😜😜
[Suheri Arriansyah]

Jawaban:
Wa'alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh

Apabila sudah menggema adzan berarti telah terbit fajar yaitu awal waktu shubuh sudah masuk. Bila demikian adanya maka seseorang yang sedang menjima' istrinya dan saat itu pula terbit fajar maka hukumnya seperti keadaan orang yang tengah makan sedangkan dimulutnya ada makanan padahal sudah terbit fajar. Fokus pada masalah Jima'; Jika saat terbit fajar (menggema adzan) dirinya segera mencabut penisnya yakni tidak dibiarkan lama-lama lagi dan tidak ditekan lebih dalam 🙊 maka puasanya tetap sah karena dengan ia mencabutnya berarti ia sudah meninggalkan Jima' meskipun keluar mani, tapi bila tidak segera dicabut tapi dibiarkan maka batal puasanya dan wajib qodho dan Kaffarat.

Ketentuan mencabutnya seperti diatas yang tidak membatalkan puasa jikalau ketika ia mencabutnya ia bermaksud meninggalkan Jima' bukan bermaksud atau bertujuan untuk kelezatan, maknanya disini ketika dicabut malah bertujuan supaya Urusan klimaksnya tuntas 😁. Bila ini terjadi batal puasanya. Sedangkan bila mencabutnya tidak bertujuan apa-apa yakni hanya mencabut semata juga batal puasanya. Namun, kewajiban Kaffarat di situ hanya karena tidak dicabut dengan segera, bukan masalah lain seperti mencabutnya tidak bertujuan meninggalkan Jima'.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa bila seseorang sedang berhubungan intim dengan istrinya dan ketika tengah asyiknya menggema adzan atau sudah terbit fajar maka bila tidak dicabut dengan segera batal puasanya dan wajib Kaffarat, meskipun kalau dicabut dengan segera tapi bertujuan selain bertujuan meninggalkan Jima' seperti untuk mencari kenikmatan ataupun tanpa bertujuan sama sekali juga batal puasanya. Bila tidak demikian, seperti ia cabut dengan segera dan masuk pada ketentuan mencabut bertujuan untuk meninggalkan Jima' yang tidak membatalkan puasa, maka puasanya tetap sah, meskipun pada proses Jima' sampai klimaks. Semoga dapat dipahami sebagaimana mestinya.

Wallahu A'lam

Ibarot :

إعانة الطالبين على حل ألفاظ فتح المعين ٢٦٦/٢
ولو طلع الفجر وفي فمه طعام فلفظه قبل أن ينزل منه شئ لجوفه: صح صومه، وكذا لو كان مجامعا عند ابتداء طلوع الفجر فنزع في الحال - أي عقب طلوعه - فلا يفطر وإن أنزل، لان النزع ترك للجماع.
فإن لم ينزع حالا: لم ينعقد الصوم، وعليه القضاء والكفارة 
..... قوله: وكذا لو كان مجامعا) أي ومثل من طلع عليه الفجر وفي فمه طعام من طلع الفجر عليه وهو مجامع، فإنه يصح صومه.
(وقوله: فنزع في الحال) أي قاصدا بنزعه ترك الجماع لا التلذذ، وإلا بطل.
(وقوله: أي عقب طلوعه) أي الفجر، وهو تفسير مراد لقوله في الحال.
(وقوله: فلا يفطر) أي المجامع المذكور، وهو تفريع على مفهوم قوله وكذا الخ.
(وقوله: وإن أنزل) غاية في عدم الفطر.
أي لا يفطر مطلقا - سواء أنزل أم لا -.
فلا يضر الإنزال، لتولده من مباشرة مباحة.
(وقوله: لأن النزع ترك للجماع) أي فلا يتعلق به ما يتعلق بالجماع - كما لو حلف لا يلبس ثوبا وهو لابسه فنزعه حالا -.
وما ذكر: علة لعدم إفطاره بما ذكر (قوله: فإن لم ينزع حالا) مفهوم قوله فنزع في الحال (وقوله: لم ينعقد الصوم) أي لوجود المنافي - كما لو أحرم مجامعا.
(وقوله: وعليه القضاء والكفارة) قال في التحفة: لأنه لما منع الأنعقاد بمكثه: كان بمنزلة المفسد له بالجماع.

تحفة المحتاج في شرح المنهاج وحواشي الشرواني ٤١٣/٣
وَكَذَا لَوْ كَانَ مُجَامِعًا) عِنْدَ ابْتِدَاءِ طُلُوعِ الْفَجْرِ (فَنَزَعَ فِي الْحَالِ) أَيْ: عَقِبَ طُلُوعِهِ فَلَا يُفْطِرُ وَإِنْ أَنْزَلَ؛ لِأَنَّ النَّزْعَ تَرْكٌ لِلْجِمَاعِ وَمِنْ ثَمَّ اُشْتُرِطَ أَنْ يَقْصِدَ بِهِ تَرْكَهُ وَإِلَّا بَطَلَ كَمَا قَالَهُ جَمْعٌ مُتَقَدِّمُونَ
قَوْلُهُ أَنْ يَقْصِدَ بِهِ تَرْكَهُ) أَيْ: يَقْصِدُ بِنَزْعِهِ تَرْكَ الْجِمَاعِ لَا التَّلَذُّذَ نِهَايَةٌ قَالَ ع ش قَضِيَّتُهُ أَنَّهُ لَوْ لَمْ يَقْصِدْ شَيْئًا لَمْ يَصِحَّ صَوْمُهُ وَقَضِيَّةُ قَوْلِهِ م ر لَا التَّلَذُّذَ خِلَافُهُ وَيُمْكِنُ أَنَّ الْمُرَادَ بِالتَّلَذُّذِ مَا عَدَا قَصْدَ التَّرْكِ فَيَدْخُلُ فِيهِ حَالَةُ الْإِطْلَاقِ اسْتِصْحَابًا لِمَا هُوَ مَقْصُودُهُ مِنْ الْجِمَاعِ فَيَبْطُلُ صَوْمُهُ اهـ أَقُولُ قَوْلُ الشَّارِحِ وَإِلَّا بَطَلَ كَقَوْلِ الْمُغْنِي فَإِنْ لَمْ يَقْصِدْهُ بَطَلَ صَوْمُهُ كَالصَّرِيحِ فِي أَنَّ الْإِطْلَاقَ مُبْطِلٌ وَعِبَارَةُ الْحَفْنِي فَالْإِطْلَاقُ مُضِرٌّ كَمَا يَضُرُّ قَصْدُ اللَّذَّةِ اهـ.

حاشية البجيرمي على شرح المنهج = التجريد لنفع العبيد ٧٦/٢
قَوْلُهُ: فَنَزَعَ حَالًا) أَيْ بِقَصْدِ تَرْكِ الْجِمَاعِ فَالْإِطْلَاقُ مُضِرٌّ كَمَا يَضُرُّ قَصْدُ اللَّذَّةِ ح ف فَلَوْ اسْتَمَرَّ مُجَامِعًا بَطَلَ صَوْمُهُ مُطْلَقًا أَمَّا الْكَفَّارَةُ فَإِنْ عَلِمَ بِالْفَجْرِ حَالَ طُلُوعِهِ فَعَلَيْهِ الْكَفَّارَةُ وَإِنْ لَمْ يَنْعَقِدْ صَوْمُهُ لِأَنَّهُ انْعَقَدَ بِالْقُوَّةِ فَكَأَنَّهُ انْعَقَدَ، ثُمَّ فَسَدَ وَإِنْ لَمْ يَعْلَمْ فَلَا كَفَّارَةَ عَلَيْهِ أَيْ وَإِنْ عَلِمَ بِهِ بَعْدَ طُلُوعِهِ كَمَا فِي حَجّ.
(قَوْلُهُ: فَإِنْ مَكَثَ) أَيْ بَعْدَ طُلُوعِ الْفَجْرِ وَقَوْلُهُ: لَمْ يَصِحَّ أَيْ لَمْ يَنْعَقِدْ.

(Dijawab oleh: Ismidar Abdurrahman As-Sanusi)

Link Diskusi:

Komentari

Lebih baru Lebih lama