1411. JUMLAH THALAK BILA DITHALAK LALU RUJUK KEMUDIAN DI THALAK LAGI


Pertanyaan:
Asalamualaikum ustadz mau tanya..klo suami mentalak istri nya terus si suami ngajak rujuk istri ga mau .terus suami meng iya kan lagi kata talak itu .apa kah jatuh talak nya satu apa dua??
[Fazia Hana Putri]

Jawaban:
Wa'alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh

Permasalahan yang ditanyakan saudari penanya sebagai berikut 👇
Contoh kasus: "Wahai istriku! Kini aku thalak engkau"

Setelah terjadi thalak tersebut otomatis perempuan itu menjalani masa Iddah dan pada masa Iddah suami merujuknya tapi istri tidak mau, setelah itu suami mengucapkan lagi kata thalak. Berapakah jumlah thalak yang dijatuhkan, thalak 1 atau 2?

Dengan pertanyaan yang diajukan tersebut dapat saya tanggapi bahwa thalak yang jatuh tersebut terjadi thalak 2, kecuali thalak yang terakhir yang diucapkan tersebut sebagai Ta'kid (penguat) dari thalak pertama maka terjadi 1. Tetapi kalau tidak ada maksud penguat maka tergolong thalak 2. Ini merupakan pendapat Mayoritas ulama Kalangan Hanafiyah, Malikiyyah, Syafi'iyah dan pendapat yang dijadikan Madzhab dari kalangan Hanabilah.

وَذَهَبَ جُمْهُورُ الْفُقَهَاءِ - الْحَنَفِيَّةِ وَالْمَالِكِيَّةِ وَالشَّافِعِيَّةِ وَهُوَ الْمَذْهَبُ عِنْدَ الْحَنَابِلَةِ - إِلَى وُقُوعِ الطَّلاَقِ عَلَى الْمُعْتَدَّةِ مِنْ طَلاَقٍ رَجْعِيٍّ، حَتَّى لَوْ قَال الرَّجُل لِزَوْجَتِهِ الْمَدْخُول بِهَا: أَنْتِ طَالِقٌ، ثُمَّ قَال لَهَا فِي عِدَّتِهَا: أَنْتِ طَالِقٌ، ثَانِيَةً، كَانَتَا طَلْقَتَيْنِ، مَا لَمْ يُرِدْ تَأْكِيدَ الأُْولَى، فَإِنْ أَرَادَ تَأْكِيدَ الأُْولَى لَمْ تَقَعِ الثَّانِيَةُ، مَا لَمْ تَكُنْ قَرَائِنُ الْحَال تَمْنَعُ صِحَّةَ إِرَادَةِ التَّأْكِيدِ، وَذَلِكَ لأَِنَّ الطَّلاَقَ الرَّجْعِيَّ لاَ يُنْهِي الْعَلاَقَةَ بَيْنَ الزَّوْجَيْنِ قَبْل انْقِضَاءِ الْعِدَّةِ، بِدَلاَلَةِ جَوَازِ رُجُوعِهِ إِلَيْهَا فِي الْعِدَّةِ بِالْعَقْدِ الأَْوَّل دُونَ عَقْدٍ جَدِيدٍ (1) .
__________
(1) ابن عابدين 3 / 230، والدسوقي 2 / 378، ومغني المحتاج 3 / 293، والإنصاف 9 / 152 والمغني 7 / 292، وكشاف القناع 5 / 428.
[Al Mausu'ah al Fiqhiyyah al Kuwaitiyyah XXIX/13]

(وَيَلْحَقُ) الطَّلَاقُ (رَجْعِيَّةً) لِأَنَّهَا فِي حُكْمِ الزَّوْجَاتِ لِبَقَاءِ الْوِلَايَةِ عَلَيْهَا بِمِلْكِ الرَّجْعَةِ، قَالَ الشَّافِعِيُّ - رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ -: الرَّجْعِيَّةُ زَوْجَةٌ فِي خَمْسِ آيَاتٍ مِنْ كِتَابِ اللَّهِ تَعَالَى، يُرِيدُ بِذَلِكَ لُحُوقَ الطَّلَاقِ، وَصِحَّةَ الظِّهَارِ، وَاللِّعَانِ، وَالْإِيلَاءِ، وَالْمِيرَاثِ
[Mughni al Muhtaaj IV/476]

Wallahu A'lamu Bis Showaab

(Dijawab oleh: Ismidar Abdurrahman As-Sanusi)

Link Diskusi:

Komentari

Lebih baru Lebih lama