1412. HUKUM MEMINDAHKAN ZAKAT


Pertanyaan:
Bagaimana hukum mengeluarkan zakatnya anak dikota Jember sedangkan anak berada di Jakarta?
[~•]

Jawaban:
Para Ulama Syafi'iyah berselisih pendapat tentang memindahkan zakat dari selain tempat mudzaki (orang yang mengeluarkan zakat). Seperti contoh di atas yakni seorang anak tinggalnya Di Jakarta tapi oleh orang tuanya dikeluarkan di Jember, atau yang mengeluarkan zakat bukan orang tua melainkan selainnya atau si mudzaki sendiri bukan di daerahnya. Kasus ini diranah Fiqih dinamakan نقل الزكاة + memindahkan zakat.

Pendapat yang masyhur dalam Madzhab Syafi'i tidak membolehkan dan mencegah hal itu, meskipun sebagian pendapat Dari kalangan Syafi'iyah ada yang membolehkan seperti pendapat Ibnu 'Ujail, Ibnu Shalaah dan Ulama lainnya, sehingga Syeikh Abu Makhramah mengatakan Itulah Qoul Mukhtar (terpilih) bilamana jaraknya dekat, bahkan Ibnu 'Athiq pernah mengatakan bahwa boleh bertaqlid pada pendapat yang membolehkan untuk pengamalan diri sendiri.

Lebih lanjut Dalam Footnoot (Catatan Pinggir/bawah) kitab I'aanah at Thoolibiin terdapat keterangan, pendapat yang membolehkan memindahkan zakat tersebut merupakan pendapat Madzhab Imam Abu Hanifah, dan sebagian Ulama Mujtahid seperti Imam Bukhari (Penulis kitab Hadits yang sudah tidak diragukan lagi kapasitas ilmunya dan namanya sudah terkenal dari dulu hingga sekarang. Dikitab tersebut disebutkan pula bahwa Ada pendapat yang dinuqilkan dari kalangan Syafi'iyah bahwa diperbolehkan memindahkan zakat karenanya boleh bertaqlid pada pendapat tersebut dan mengamalkannya dengan ketetapan pendapat tersebut.

Berdasarkan uraian yang disampaikan diatas dan berpijak lawan pendapat yang Masyhur atau Adzhar dalam Madzhab Syafi'i yang membolehkan memindahkan zakat maka itu kalau jarak pemindahannya dekat. Berapa batasannya?

Batasannya adalah jarak yang memperbolehkan memgqoshor shalat, bila lebih dari jarak yang memperbolehkan memgqoshor shalat maka tidak lagi diperbolehkan meskipun mengikuti pendapat muqobil Masyhur tadi.

Catatan:
Ukuran jarak yang memperbolehkan memgqoshor shalat menurut kalangan Syafi'iyah 81 Km/16 Farsakh/ 2 hari perjalanan.

(إِعْلَمْ) رَحِمَكَ اللهُ إِنَّ مَسْأَلَةَ نَقْلِ الزَّكَاةِ فِيْهَا اخْتِلاَفٌ كَثِيْرٌ بَيْنَ الْعُلَمَاءِ، وَالْمَشْهُوْرُ فِيْ مَذْهَبِ الشَّافِعِيِّ امْتِنَاعُ نَقْلِهَا إِذَا وُجِدَ الْمُسْتَحِقُّوْنَ لَهَا فِيْ بَلَدِهَا. وَمُقَابِلُ الْمَشْهُوْرُ جَوَازُ النَّقْلِ، وَهُوَ مَذْهَبَ الْاِمَامِ أَبِىْ حَنِيْفَةَ رَضِىَ اللهُ عَنْهُ وَكَثِيْرٌ مِنَ الْمُجْتَهِدِيْنَ، مِنْهُمُ اْلاِمَامُ الْبُخَارِيُّ – إِلَى أَنْ قَالَ - قَالَ شَارِحُهُ الْقَسْطَلاَنِىُّ: ظَاهِرُهُ أَنَّ الْمُؤَلِّفُ يَخْتَارُ جَوَازَ نَقْلِ الزَّكَاةِ مِنْ بَلَدِ الْمَالِ. وَهُوَ أَيْضًا مَذْهَبُ الْحَنَفِيَّةِ وَالْاَصَحُّ عِنْدَ الشَّافِعِيَّةِ وَالْمَالِكِيَّةِ عَدَمُ الْجَوَازِ: اِنْتَهَى.اهــ

 

Ketahuilah, Semoga Allah memberkatimu "Sesungguhnya masalah memindah zakat terdapat khilafiyah diantara ulama' .

Menurut Pendapat yang masyhûr dalam madzhab syâfi'i adalah melarang memindah zakat pada daerah lain, apabila pada daerah tersebut ditemukan orang-orang yang berhak menerima zakat.

Sedangkan menurut muqôbil masyhûr yang memperbolehkan memindah zakat, itu adalah madzhab imam Abu Hanifah ra, dan segolongan ulama' dari para mujtahid, diantara mereka adalah imam Al-Bukhôri, beliau (Imam Bukhari menyebutkan pada bab Mengambil sedekah dari orang kaya dan menyerahkan kepada Orang faqir ketika ada.

Pensyarhnya Al Qostholaniy berkata: Dzohir pernyataan Pengarang (Imam Bukhari) memilih memperbolehkan memindah zakat dari daerah harta zakat, itu adalah juga pendapat madzhab Hanafiyah. Sedangkan menurut pendapat yang ashoh madzhab Syâfi'î dan Malikiyyah tidak memperbolehkannya. Selesai.

Dalam kitab Al Minhaaj dan At Tuhfah milik Al-'Allaamah Ibn Hajar disebutkan: Pendapat yang Adzhar melarang memindahkan zakat meskipun dinuqil lawan pendapatnya oleh kebanyakan Ulama. Selesai.

Apabila sudah jelas adalah Qoul yang dinuqil dari Madzhab Syafi'i diperbolehkan bertaqlid padanya dan mengamalkan dengan ketetapannya".
[I'aanah at Thoolibiin II/212]

(مَسْأَلَةٌ : ج) وُجِدَتِ الْأَصْنَافُ أَوْ بَعْضُهُمْ بِمَحَلٍّ وَجَبَ الدَّفْعُ إِلَيْهِمْ ، كَبُرَتِ الْبَلْدَةُ أَوْ صَغُرَتْ وَحَرُمَ النَّقْلُ ، وَلَمْ يُجِزْهُ عَنِ الزَّكَاةِ إِلَّا عَلَى مَذْهَبِ أَبِي حَنِيفَةَ القَائِلِ بِجَوَازِهِ ، وَاخْتَارَهُ كَثِيرُونَ مِنَ الْأَصْحَابِ، خُصُوصاً إِنْ كَانَ لِقَرِيبٍ أَوْ صَدِيقٍ أَوْ ذِيْ فَضْلٍ وَقَالُوا : يَسْقُطُ بِهِ الْفَرْضُ ، فَإِذَا نُقِلَ مَعَ التَّقْلِيدِ جَازَ وَعَلَيْهِ عَمَلُنَا وَغَيْرُنَا وَلِذَلِكَ أَدِلَّةٌ اهـ وَعِبَارَةٌ ب اَلرَّاجِحُ فِى الْمَذْهَبِ عَدَمُ جَوَازِ نَقْلِ الزَّكاَتِ وَاخْتَارَ جَمْعُ الْجَوَازَ كَابْنِ عُجَيْلٍ وَابْنِ الصَّلاَحِ وَغَيْرِ هِمَا قَالَ أَبُو مَخْرَمَةَ وَهُوَ الْمُخْتاَرُ إِذاَ كاَنَ لِنَحْوِ قَرِيْبٍ وَاخْتَارَهُ الرَّوْياَنِى وَنَقَلَهُ الْخَطَّابِى عَنْ أَكْثَرِ الْعُلَماَءِ وَبِهِ قَالَ ابْنُ عَتِيْق فَيَجُوْزُ تَقْلِيْدُ هَؤُلاَءِ (مَسْأَلَةٌ ي ك) لاَيَجُوْزُ نَقْلُ الزَّكاَتِ وَالْفِطْرَةِ عَلىَ اْلأَظْهَرِ مِنْ أَقْوَالِ الشَّافِعِى نَعَمْ أُسْتُثْنِيَ فِى التُّحْفَةِ وَالنِّهَاَيَةِ مَا يَقْرُبُ مِنَ الْمَوْضِعِ وَيُعَدُّ مَعَهُ وَاحِدًا وَإِنْ خَرَجَ عَنِ السُّوْرِ. زَادَ ك وح. قَالَ فَالْمَوْضِعُ الَّذِى حَالَ الْحَوْلِ وَالْمَالُ فِيْهِ هُوَ مَحَلُّ إِخْرَاجِ زَكاَتِهِ هَذَا إِنْ كَانَ قَارًّا بِبَلَدٍ وَإِنْ كَانَ سَائِرًا وَلَمْ يَكُنْ نَحْوُ الْمَالِكِ مَعَهُ جَازَ تَأْخِيْرُهَا حَتَّى يَصِلَ إِلَيْهِ وَالْمَوْضِعُ الَّذِى غَرَبَتِ الشَّمْسُ وَالشَّخْصُ بِهِ هُوَ مَحَلُّ إِخْرَاجِ فِطْرِهِ. اهــ
“(Masalah : Jim) Jika didapati golongan penerima zakat atau sebagiannya di suatu wilayah maka wajib memberikan zakat kepada mereka baik wilayah itu luas maupun kecil, dan haram memindahkan zakat ke tempat lain dan tidak diperbolehkan kecuali oleh madzhab hanafi yang berpendapat atas kebolehannya. Pendapat madzhab Hanafi kemudian dipilih oleh banyak ulama (ashab) dari kita khususnya ketika penyalurannya diberikan kepada keluarga dekat, teman atau orang yang memiliki keutamaan. Dan mereka berkata, dengan model seperti itu gugurlah kewajiban zakatnya. Dengan demikian ketika zakat itu didistribusikan ke keluar daerah disertai mengikuti aturan yang terdapat dalam madzhab Hanafi itu diperbolehkan. Inilah yang menjadi dasar kami dan selain kami dalam mempraktikkannya. Karena terdapat beberapa alasan. Habis.

Redaksi Ba' : Pendapat yang kuat (unggul) dalam Madzhab Syafi'i tidak boleh memindahkan zakat dan yang dipilih sekumpulan Ulama memperbolehkannya seperti Ibnu 'Ujail, Ibnu Shalaah dan selain keduanya. Abu Makhramah berkata: Itulah pendapat yang terpilih bagi semacam Qorib, dipilih Ruyaani dan Dinuqil Al Khothobiy dari kebanyakan Ulama, dengan ini Ibnu 'Athiq berkata: Diperbolehkan bertaqlid pada pendapat mereka.

(Masalah : Ya' Kaf) Tidak diperbolehkan memindahkan zakat dan zakat fitrah berpijak pada pendapat yang Adzhar dari Qoul-qoul Syafi'i. Betul! Dalam kitab At Tuhfah dan An Nihaayah mengecualikan untuk tempat yang berdekatan dan masih dianggap satu walaupun berada di luar perbatasan.

Kaf dan Ha' (singkatan nama Ulama) menambahkan: Daerah tempat perputaran harta merupakan tempat pengeluaran zakatnya. Hal ini jika menempat di suatu tempat, sedangkan kalau bepergian, maka boleh mengakhirkan zakat sehingga sampai ke tempat yang di tuju. Dan daerah tempat terbenamnya matahari dan orang yang berada di sana merupakan tempat pengeluaran zakat fitrahnya. Habis”
[Bughyah al Mustarsyidiin Halaman 105, Cet. Al Haromain]

قوله: ولو إلى مسافة قريبة) في حاشية الجمل ما نصه: (فرع) ما حد المسافة التي يمتنع نقل الزكاة إليها؟ فيه تردد، والمتجه منه أن ضابطها في البلد ونحوه ما يجوز الترخص ببلوغه.
ثم رأيت ابن حجر مشى على ذلك في فتاويه، فحاصله أنه يمتنع نقلها إلى مكان يجوز فيه القصر
ويجوز إلى ما لا يجوز فيه القصر اه.
سم وعبارة ح ل: قوله إلى بلد آخر، أي إلى محل تقصر فيه الصلاة، وليس البلد الآخر بقيد، لأن المدار على نقلها لمحل تقصر فيه الصلاة: فإذا خرج مصري إلى خارج باب السور - كباب النصر - لحاجة آخر يوم من رمضان، فغربت عليه الشمس هناك، ثم دخل، وجب إخراج فطرته لفقراء خارج باب النصر.
اه.
وقوله: في فتاويه: مشى في التحفة على خلافه، ونصها مع الأصل: والأظهر منع نقل الزكاة عن محل المؤدي عنه إلى محل آخر به مستحق لتصرف إليه، ما لم يقرب منه، بأن ينسب إليه عرفا بحيث يعد معه بلدا واحدا، وإن خرج عن سوره وعمرانه.
وقول الشيخ أبي حامد: لا يجوز لمن في البلد أن يدفع زكاته لمن هو خارج السور، لأنه نقل للزكاة.
فيه حرج شديد، فالوجه ما ذكرته، لأنه ليس فيه إفراط ولا تفريط.
اه.
بتصرف.
وفي النهاية: وقد يجوز للمالك النقل فيما لو وقع تشقيص، كعشرين شاة ببلد، وعشرين بآخر، فله إخراج شاة بأحدهما - مع الكراهة - وفيما لو حال الحول ببادية لا مستحق بها، فيفرق الزكاة بأقرب محل إليه به مستحق، ولأهل الخيام الذين لا قرار لهم: صرفها لمن معهم، ولو بعض صنف - كمن بسفينة في اللجة - فإن فقدوا، فلمن بأقرب محل إليهم عند تمام الحول، والحلل المتمايزة - بنحو مرعى وماء - كل حلة كبلد، فيحرم النقل إليها، بخلاف غير المتميزة، فله النقل إليها لمن بدون مسافة القصر من محل الوجوب.
اه.
بتصرف.
[I'aanah at Thoolibiin II/223-224]

Wallahu A'lamu Bis Showaab

Komentari

Lebih baru Lebih lama