1415. FIQIH PUASA : MAKAN KARENA LUPA SAAT BERPUASA


Pertanyaan:
cerita pengalaman dulu yai,, pda bulan romadon,sya pulang dari main, kebetulan sore pas mau magrib, waktu itu itu hausnya mnta ampun, dan ntah knp sya gk ingat pdhl lagi puasa, sya langsung minum tuh marjan(klo gk slah), kata umi sya, blom adzan,, mah kebetulan si aii minuman sebagian udah di telan, dan sebagian masih ada di mulut,, llu sya telan lagi deh, karna tanggung,,,, nah itu batal gk puasanya yai,,, ma'lum blom tau....🙏
[Nazzar]

Jawaban:
Makan dan minum karena lupa pada saat berpuasa maka puasanya tidak batal meskipun makannya banyak. Berbeda halnya, sudah tahu makan siang karena lupa pada saat berpuasa tidak membatalkan puasa, setelah sadar lalu makan lagi kedua kalinya maka makan kedua kali ini membatalkan puasa, karena yang tidak membatalkan puasa itu bila karena lupa, sedangkan kalau disengaja maka membatalkan puasa. Sama dengan ketentuan ini seperti yang ditanyakan oleh saudara penanya, sudah sadar dan ada sebagian makanan belum ditelan, dia berprasangka makan karena lupa tidak membatalkan puasa lalu nekat melanjutkan karena tanggung dan dia fikir hukumnya sama dengan lupa, maka puasa yang dijalani itu batal dan wajib imsak. Oleh karena yang dimaafkan karena lupa, kalau ingat lalu dilanjutkan sama halnya dengan sengaja. 

Semoga paham. Wallahu A'lam

Ibarot :

إعانة الطالبين على حل ألفاظ فتح المعين ٢ ص ٢٦٠
(قوله: فلا يفطر كل منهم) أي من الناسي، والجاهل، والمكره، وذلك لعموم خبر الصحيحين: من نسي وهو صائم فأكل أو شرب - وفي رواية وشرب - فليتم صومه، فإنما أطعمه الله وسقاه، وصح، ولا قضاء عليه.
ولخبر: رفع عن أمتي الخطأ، والنسيان، وما استكرهوا عليه.
والجاهل كالناسي، بجامع العذر.
(قوله: وإن كثر أكله) أي فإنه لا يفطر بذلك، وتقدم الفرق بين الصوم وبين الصلاة، فارجع إليه إن شئت.
(قوله: ولو ظن أن أكله ناسيا مفطر الخ) يعني لو أكل ناسيا وظن أن أكله نسيانا مفطر، فأكل ثانيا عمدا جاهلا بوجوب الإمساك - أي باستمرار الصوم في حقه، بعدم فطره بالأكل نسيانا - أفطر بالأكل الثاني، لوقوعه منه عمدا.

Fokus 👇

بعدم فطره بالأكل نسيانا - أفطر بالأكل الثاني، لوقوعه منه عمدا.
"Tidak batal makan karena lupa, batal makan kedua karena adanya unsur kesengajaan”

(Dijawab oleh: Ismidar Abdurrahman As-Sanusi)

Link Diskusi:

Komentari

Lebih baru Lebih lama