1434. ALASAN SHALAT JENAZAH TANPA RUKU' DAN SUJUD


Pertanyaan:
>> Ahmad Badawi
Assalamualaikum.... 
Mi. Saya yg bodoh ini mau tanya. 
Mengapa solat jenazah tidak ada rukun dan sujud nya.......?
 Sementara solat lain disertai rujuk dan sujud.

Jawaban:
>> Anwar Ibrahim Batubara 
Menurut saya ada beberapa alasan :

1. Karena mengikuti Rasulullah sebagaiamna yg beliau lakukan, begitu juga ajarannya turun temurun sampai kita skrng. 

2. Kalau seandainya ruku' + sujud itu disyariatkan, nanti akan dikira kita sujud kepada manusia yg mati sebab posisi mayat ada shof paling depan, bakalan dikira kita tunduk kpd yg mati, kita menyembah yg tdk memiliki daya upaya

3. Bacaan sujud & ruku, tdk sesuai dgn kondisi sholat jenazah . . . Didalam ruku' kita mentadzhim Tuhan, dan didalam Sujud kita mengangungkan Tuhan, sementara tujuan terpenting dari sholat jenazah itu adalah mendoahkan si Mayit

>> Ismidar Abdurrahman As-Sanusi
Wa'alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh

Alasan shalat jenazah tanpa ada ruku' dan sujud agar orang tidak Jahil (tidak berilmu/bodoh) tidak mengatakan bahwa shalat jenazah merupakan bentuk ibadah terhadap mayit, oleh karena itulah ditolak sangkaan itu dengan tidak adanya ruku'dan sujud pada shalat jenazah.

قَالَ الْحَافِظُ ابْنُ حَجَرٍ فِي فَتْحِ الْبَارِي وَإِنَّمَا لَمْ يَكُنْ فِيهَا رُكُوعٌ وَلَا سُجُودٌ لِئَلَّا يُتَوَهَّمَ بَعْضُ الْجَهَلَةِ أَنَّهَا عِبَادَةٌ لِلْمَيِّتِ فَيَضِلَّ بِذَلِكَ اهـ. بِحُرُوفِهِ.
“Al Hafidz Ibnu Hajar dalam kitabnya Fathul Baari berkata: Sesungguhnya tidak adanya ruku' dan sujud pada shalat jenazah agar menolak sangkaan orang jahil shalat jenazah merupakan ibadah terhadap mayit, karenanya ditolak sangkaan Itu dengan tidak adanya ruku'dan sujud”
[Hasyiyah Al Jamal Ala Syarh al Manhaj II/269]

وَإِنَّمَا لَمْ يَكُنْ فِيهَا رُكُوعٌ وَلَا سُجُودٌ لِئَلَّا يَتَوَهَّمَ بَعْضُ الْجَهَلَةِ أَنَّهَا عِبَادَةٌ لِلْمَيِّتِ فَيَضِلَّ بِذَلِكَ انْتهى
[Fath Al Baari Li Ibn Hajar III/192]

Wallahu A'lamu Bis Showaab

>> Moh Yaqub
Wa'alaikumus salam warohmatullah
Hikmah dalam sholat Jenazah tidak ada ruku' dan sujudnya, hanya supaya sebagian orang-orang yang bodoh tidak menduga bahwa sholat Jenazah itu merupakan bentuk ibadah kepada mayat, lalu mereka tersesat sebab dugaan itu.

1. حاشية الجمل (7/ 49)
( قَوْلُهُ وَقِيَامُ قَادِرٍ عَلَيْهِ ) أَيْ ، وَلَوْ صَبِيًّا أَوْ امْرَأَةً صَلَّيَا مَعَ الرِّجَالِ ؛ لِأَنَّ الْقِيَامَ هُوَ الْمُقَوِّمُ لِصُورَتِهَا فَفِي عَدَمِهِ مَحْوٌ لَهَا بِالْكُلِّيَّةِ ، فَإِنْ عَجَزَ صَلَّى عَلَى حَسَبِ حَالِهِ ا هـ ح ل قَالَ الْحَافِظُ ابْنُ حَجَرٍ فِي فَتْحِ الْبَارِي وَإِنَّمَا لَمْ يَكُنْ فِيهَا رُكُوعٌ وَلَا سُجُودٌ لِئَلَّا يَُتَوَهَّمَ بَعْضُ الْجَهَلَةِ أَنَّهَا عِبَادَةٌ لِلْمَيِّتِ فَيَضِلَّ بِذَلِكَ ا هـ .بِحُرُوفِهِ .
2. فتح الباري لابن حجر (3/ 192)
وَإِنَّمَا لَمْ يَكُنْ فِيهَا رُكُوعٌ وَلَا سُجُودٌ لِئَلَّا يَتَوَهَّمَ بَعْضُ الْجَهَلَةِ أَنَّهَا عِبَادَةٌ لِلْمَيِّتِ فَيَضِلَّ بِذَلِكَ انْتهى
3. كوثر المعاني الدراري في كشف خبايا صحيح البخاري (12/ 19)
وإنما لم يكن فيها ركوع وسجود لئلا يتوهم بعض الجهلة أنها عبادة للميت، فيضل بذلك. ونقل ابن عبد البرّ الاتفاق على اشتراط الطهارة لها، إلا عن الشعبيّ قال: ووافقه إبراهيم بن علية، وهو ممن يُرغب عن كثير من قوله، ونقل غيره أن ابن جرير الطبريّ وافقهما على ذلك، وهو مذهب شاذّ، قال ابن رشيد: وفي استدلال البخاريّ بالأحاديث التي صُدِّر بها الباب من تسميتها صلاة لمطلوبه من إثبات شرط الطهارة إشكال, لأنه كإن تمسك بالعُرف الشرعيّ عارضه عدم الركوع والسجود، وإن تمسك بالحقيقة اللغوية عارضته الشرائط المذكورة. ولم يستو التبادر في الإطلاق، فيُدّعى الاشتراك لتوقف الإِطلاق على القيد عند إرادة الجنازة، بخلاف ذات الركوع والسجود، فتعين العمل على المجاز، ولم يستدل البخاري على مطلوبه بمجرد تسميتها صلاة، بل بذلك وبما انضم إليه من وجود جميع الشرائط، إلا الركوع والسجود، وقد تقدم ذكر الحكمة في حذفهما منها.

Link Diskusi:

Komentari

Lebih baru Lebih lama