1441. HUKUM MENULIS AYAT ALQURAN DALAM KONDISI BERHADATS


Pertanyaan:
Assalamualaikum...maaf kiayi izin bertanya..misalkan kita menulis sebagian huruf hijaiyah atau ayat dari al qur'an apakah harus punya wudhu..?walaupun menulisnya tidak sambil pegang mushaf🙏🙏🙏
[~.]

Jawaban:
Wa'alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh

Menulis ayat atau huruf Al Qur'an tanpa kondisi suci seperti berhadats kecil maupun berhadats besar boleh dan tidak haram selagi ketika menulis tidak memegang tulisan itu dan tidak membawanya dalam keadaan berhadats, inilah pendapat yang Dishahihkan Imam Nawawi dalam kitab Al Majmuu' dan At Tibyaan, serta diikuti Syeikh Al Islam Zakariya Al Anshori. Namun, bila menyentuh tulisan itu ketika menulis dan membawanya hukumnya haram.

(الرَّابِعَةُ) إذَا كَتَبَ الْمُحْدِثُ أو الجنب مصحفا نظران حَمَلَهُ أَوْ مَسَّهُ فِي حَالِ كِتَابَتِهِ حَرُمَ وَإِلَّا فَالصَّحِيحُ جَوَازُهُ لِأَنَّهُ غَيْرُ حَامِلٍ وَلَا مَاسٍّ وَفِيهِ وَجْهٌ مَشْهُورٌ أَنَّهُ يَحْرُمُ وَوَجْهٌ ثَالِثٌ حَكَاهُ الْمَاوَرْدِيُّ أَنَّهُ يَحْرُمُ عَلَى الْجُنُبِ دُونَ الْمُحْدِثِ
“(4) Apabila orang berhadats (kecil) atau junub menulis mushaf ada rincian; Bila membawanya dan menyentuhnya ketika menulisnya haram hukumnya, dan bila tidak maka pendapat yang Shahih memperbolehkannya karena tidak membawa dan tidak menyentuh. Sedangkan menurut pendapat yang masyhur mengharamkannya dan pendapat yang ketiga yang diceritakan Al Mawardi haram bagi orang junub tapi tidak orang yang berhadats (kecil)”
[Al Majmuu' Syarh al Muhadzdzab II/70]

(وَلَا) يَحْرُمُ (كَتْبُهُ) أَيْ الْقُرْآنَ (بِلَا مَسٍّ وَ) حَمْلٍ
“Dan tidak haram menulis Al Qur'an dengan tidak menyentuh dan membawanya”
[Asnaa Al Mathoolib I/61]

وَالْكَتْبَ عَنْ مَسٍّ خَلَا) أَيْ: وَلَا يَمْنَعُ الْحَدَثُ كَتْبَ الْقُرْآنِ إذَا خَلَا الْمَكْتُوبُ عَنْ مَسٍّ وَحَمْلٍ
“Dan menulis dari menyentuh tidak mengapa. Artinya dan tidak dicegah hadats menulis Al Qur'an Jika ketiadaan yang menulis dari menyentuh dan membawa”
[Al Ghoror Al Bahiyyah Syarh al Bahjah Al Wardiyyah I/148]

[فصل] إذا كتب الجنب أو المحدث مصحكان يحمل الورقة أو جسها حال الكتابة فحرام وان لم يحملها ولم يمسها ففيه ثلاثة أوجه * 1 - الصحيح جوازه * 2 - والثاني تحريمه * 3 - والثالث يجوز للمحدث ويحرم على الجنب حمله مع غيره
[At Tibyaan Fii Aadaab Hamlah Al Qur'an Halaman 194]

Wallahu A'lamu Bis Showaab

(Dijawab oleh: Ismidar Abdurrahman As-Sanusi)

Link Diskusi:

Baca Artikel terkait 👇

Komentari

Lebih baru Lebih lama