1450. DEFINISI MUKALLAF, BALIGH DAN MUMAYYIZ


Pertanyaan:
Assalamualaikum wr wb.... 
Izin bertanya... Tp mohon maaf jika pertanyaanya fiqih rendahan... Ana msh awam jd butuh penjelasan. 

Pertanyaannya.. 
Apa perbedaan mukallaf,baligh dan mumayyiz... 

Atas penjelasannya kmi ucapkan trimakasih

🙏🙏🙏
[....2202]

Jawaban:
Wa'alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh

1. Mukallaf

Yang dimaksud mukallaf dalam ranah Fiqih adalah orang yang sudah baligh, berakal, selamat panca indera dan sampai dakwah Islam padanya.

Dari pengertian tersebut hingga menghasilkan penjabaran bahwa mukallaf adalah orang yang sudah dibebankan hukum syariat karena ia sudah cukup syaratnya seperti shalat, puasa dan lain sebagainya.

نهاية الزين صحـ ٩
(مُكَلّف) أَي بَالغ عَاقل سليم الْحَواس بلغته الدعْوَة

2. Baligh
Baligh (بالغ) atau Bulugh (بلوغ) yaitu usia seseorang yaitu anak kecil sampai pada usia dewasa yaitu usia seseorang untuk menjalankan Khithob (perintah) hukum syariat seperti shalat, puasa, haji dan sebagainya.

Seseorang sampai pada usia baligh (dewasa) yang terkena beban hukum syariat bisa diketahui dengan tanda-tandanya:

1. Mimpi basah (Ihtilam) 
Yaitu keluar mani bagi laki-laki dan perempuan. Tanda ini tidak mutlak; maksudnya meskipun keluar mani tidak dalam tidur juga termasuk baligh seperti keluar disebabkan onani, bersetubuh dan lain sebagainya meskipun ia tahan keluarnya juga termasuk baligh.

Usia seseorang yang keluar mani dengan tanda-tanda baligh tersebut menurut Syeikh Al Bajuri dan Syeikh Al Khothiib as Syarbini dibatasi pada umur 9 tahun, karenanya bila belum sampai usia tersebut belum dianggap baligh. Sedangkan menurut Syeikh Ibn Hajar Al Haitami dan Syeikh Al Islam Zakariya Al Anshori tidak dibatasi umur tersebut, meskipun sedikit kurang tetap dikategorikan sebagai baligh. Adapun menurut Imam Romli menurut yang Dinuqil Abdul Kariim bagi perempuan tidak dibatasi umur tersebut yakni boleh kurang, sedangkan bagi laki-laki harus umur 9 tahun.

2. Melihat darah haid
Wanita yang mengeluarkan darah haid juga termasuk tanda-tanda baligh; menurut kebiasaan seorang wanita yang mulai mengeluarkan haid pada umur 9 tahun, tapi terkadang bisa lebih, sesuai tingkat kesehatan seorang wanita. Ketika seorang wanita mengeluarkan darah haid pada masa itu, cukup dijadikan sebagai tanda dia sudah baligh.

3. Sempurna umur 15 tahun
Apabila tidak didasari mimpi basah atau keluar darah haid, baligh juga ditetapkan dengan sempurnanya umur 15 tahun. Seperti pada usia 9 tahun sampai lebih belum pernah mengalami mimpi basah atau haid dan itu berlanjut pada usia 15 tahun, maka seseorang dinyatakan baligh dengan genap berusia 15 tahun.

Namun demikian, tanda-tanda baligh tersebut tidak disyaratkan berkumpul 1, andai salah satunya saja dialami seseorang ia sudah dinyatakan baligh.

Wallahu A'lam

Ibarot :

الفقه المنهجي على مذهب الإمام الشافعي الجزء الاول صحـ ٧٨
سن البلوغ:
يقصد بالبلوغ السن التي إذا بلغها الإنسان ـ ذكراً أو أنثى ـ أصبح أهلاً لتوجه الخطاب إليه بالتكليف الشرعية: من صلاة، وصوم، وحج، وغيرها.
ويعرف البلوغ بأمور:
الأول: الاحتلام بخروج المني، بالنسبة للذكر والأنثى.
الثاني: رؤية دم الحيض بالنسبة للأنثى. والوقت الذي يمكن أن يحصل فيه الاحتلام، أو الحيض، فيكون قد تحقق البلوغ، هو استكمال تسع سنين قمرية من العمر. ثم التأخر عن هذا الوقت أو عدم التأخر إنما يتبع طبيعة البلاد، وظروف الحياة.
الثالث: باستكمال الخامسة عشرة من العمر، بالسنين القمرية، إذا لم يحصل الاحتلام أو الحيض

كاشفة السجا في شرح سفينة النجا صحـ ١٩
فصل) في بيان بلوغ المراهق والمعصر
(علامات البلوغ ثلاث) في حق الأنثى واثنان في حق الذكر أحدها (تمام خمس عشرة سنة) قمرية تحديدية باتفاق (في الذكر والأنثى) وابتداؤها من انفصال جميع البدن (و) ثانيها (الاحتلام) أي الإمناء وإن لم يخرج المني من الذكر كأن أحس بخروجه فأمسكه وسواء خرج من طريقه المعتاد أو غيره مع الانسداد الأصلي وسواء كان في نوم أو يقظة
بجماع أو غيره (في الذكر والأنثى لتسع سنين) قمرية تحديدية عند البيجوري والشربيني والذي اعتمده ابن حجر وشيخ الإسلام أنها تقريبية ونقل عبدالكريم عن الرملي أنها
تقريبية في الأنثى وتحديدية في الذكر (و) ثالثها (الحيض في الأنثى لتسع سنين) تقريبية
بأن كان نقصها أقل من ستة عشر يوماً ولو بلحظة وأما حبلها فليس بلوغاً بل علامة على بلوغها بالإمناء قبله وأما الخنثى فحكمه أنه إن أمنى من ذكره وحاض من فرجه حكم ببلوغه فإن وجد أحدهما أو كلاهما من أحد فرجيه فلا يحكم ببلوغه

3. Mumayyiz/Tamyiz
Terjadi perselisihan pendapat dikalangan Ulama terkait yang dimaksud Mumayyiz (مميز). Secara umum dibagi tiga:

1) Sudah pandai makan sendiri, minum sendiri, dan istinja' sendiri. Inilah pendapat yang masyhur dan paling Bagus. Berpijak pada pendapat ini maka satu orang anak dengan anak yang lain tidak sama keadaannya. Ada seorang anak bisa melakukan itu semua sendiri dan bagi anak yang lain belum bisa. Usia anak yang bisa melaksanakan ini bisa umur 5 tahun atau empat tahun, bahkan lebih. Sebagian Ulama Hanafiyah menyebutkan bahwa umur anak 4 tahun sudah bisa hafal Al-Qur'an tapi disangkal Khalifah pada masa Abu Hanifah bahwa tidak bisa itu terlaksana kecuali bersamaan umur 10 tahun. Sedangkan Ulama yang mengatakan umur 4 tahun bisa melakukan hal itu (yang saya sebutkan di atas mulai dari makan sendiri..dst) adalah Sufyan bin 'Uyainah seorang Seorang THOBI'IN. Tentunya pandainya seorang anak melakukan hal itu sendiri sesudah diajari, gimana mau tahu dan mengamalkan sendiri kalau tidak diajari?

2). Sudah bisa membedakan mana bagian kanan dan bagian kiri.

3). Mengetahui atau mengenal sesuatu yang membahayakan dan yang memanfaatkan.

Wallahu A'lam

Ibarot :

كاشفة السجا في شرح سفينة النجا صحـ ١٩
وحد التمييز هو أن يصيرا بحيث يأكلان وحدهما ويشربان وحدهما ويستنجيان وحدهما

إعانة الطالبين على حل ألفاظ فتح المعين الجزء الاول صحـ ٣٣
(ويؤمر) ذو صبا ذكر أو انثى (مميز) بأن صار يأكل ويشرب ويستنجي وحده.
(قوله: بأن صار يأكل إلخ) هذا أحسن ما قيل في ضابط المميز.
وقيل: أن يعرف يمينه من شماله.
وقيل: أن يفهم الخطاب ويرد الجواب.
والمراد بمعرفة يمينه من شماله معرفة ما يضره وينفعه.
ويوافق التفسير الثاني خبر أبي دواد أنه - صلى الله عليه وسلم - سئل: متى يؤمر الصبي بالصلاة؟ فقال: إذا عرف يمينه من شماله.
أي ما يضره مما ينفعه.
اه ع ش بتصرف.

حاشية البجيرمي على الخطيب الجزء الاول صحـ ٤١٠
وَقَالَ فِي الْكِفَايَةِ: إنَّهُ الْمَشْهُورُ، وَأَحْسَنُ مَا قِيلَ فِي حَدِّ التَّمْيِيزِ أَنَّهُ يَصِيرُ الطِّفْلُ بِحَيْثُ يَأْكُلُ وَحْدَهُ وَيَشْرَبُ وَحْدَهُ وَيَسْتَنْجِي وَحْدَهُ، وَفِي رِوَايَةٍ أَبِي دَاوُد: «أَنَّ النَّبِيَّ - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - سُئِلَ مَتَى يُصَلِّي الصَّبِيُّ؟ قَالَ: إذَا عَرَفَ شِمَالَهُ مِنْ يَمِينِهِ» قَالَ الدَّمِيرِيُّ: وَالْمُرَادُ إذَا عَرَفَ مَا يَضُرُّهُ وَمَا يَنْفَعُهُ
قَوْلُهُ: (وَيَسْتَنْجِي وَحْدَهُ) أَيْ بَعْدَ تَعْلِيمِهِ كَيْفِيَّةَ الِاسْتِنْجَاءِ وَإِلَّا فَقَبْلَ تَعْلِيمِهِ لَا مَعْرِفَةَ لَهُ بِهِ، فَكَيْفَ يَعْرِفُهُ

تحفة المحتاج في شرح المنهاج وحواشي الشرواني الجزء الاول صحـ ٤٥٠
فَعِنْدَ التَّمْيِيزِ بِأَنْ يَأْكُلَ وَيَشْرَبَ وَيَسْتَنْجِيَ وَحْدَهُ وَيُوَافِقُهُ خَبَرُ أَبِي دَاوُد «أَنَّهُ - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - سُئِلَ مَتَى يُؤْمَرُ الصَّبِيُّ بِالصَّلَاةِ فَقَالَ إذَا عَرَفَ يَمِينَهُ مِنْ شِمَالِهِ أَيْ مَا يَضُرُّهُ مِمَّا يَنْفَعُهُ»
(قَوْلُهُ: بِأَنْ يَأْكُلَ وَيَشْرَبَ إلَخْ) وَيَخْتَلِفُ بِاخْتِلَافِ أَحْوَالِ الصِّبْيَانِ فَقَدْ يَحْصُلُ مَعَ الْخَمْسِ، بَلْ الْأَرْبَعِ فَقَدْ حَكَى بَعْضُ الْحَنَفِيَّةِ أَنَّ ابْنَ أَرْبَعِ سِنِينَ حَفِظَ الْقُرْآنَ وَنَاظَرَ فِيهِ عِنْدَ الْخَلِيفَةِ فِي زَمَنِ أَبِي حَنِيفَةَ - رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ - وَقَدْ لَا يَحْصُلُ إلَّا مَعَ الْعَشْرِ شَرْحُ بَافَضْلٍ وَقَوْلُهُ، بَلْ الْأَرْبَعُ إلَخْ قِيلَ هُوَ سُفْيَانُ بْنُ عُيَيْنَةَ التَّابِعِيُّ كُرْدِيٌّ

النجم الوهاج في شرح المنهاج الجزء الثاني صحـ ٣٧
و (المميز): من يأكل وحده، ويشرب وحده، ويستنجي وحده.
وفي (أبي داوود) [498] أن النبي صلى الله عليه وسلم سئل: متى يصلي الصبي؟ قال: (إذا عرف شماله من يمينه)، والمراد: عرف ما يضره وما ينفعه.

(Dijawab oleh: Ismidar Abdurrahman As-Sanusi)

Link Diskusi:

Komentari

Lebih baru Lebih lama