1451. NIAT THALAK JATUH THALAK TANPA DIUCAPKAN?


Thalak disyaratkan diucapkan Karena niat saja (dihati) belum jatuh thalak.

اما الاحكام فإن الرجل إذا نوى طلاق امرأته ولم ينطق به لم يقع عليها الطلاق، وقال مالك في احدى الروايتين يقع، دليلنا ما رَوَى أَبُو هُرَيْرَةَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قال تجاوز الله لامتي ما حدثت به نفسها ما لم يكلم أو يعمد به " 

“Adapun hukum permasalahan ini, maka bila seorang laki-laki (suami) apabila berniat menthalak perempuannya (istrinya dan belum ia lafadzkan tidak jatuh thalak, sedangkan menurut Imam Malik ada dua riwayat salah satu riwayat dari beliau mengatakan sah. Dalil kami hadits diriwayatkan dari Abu Hurairah bahwa Nabi Shalallahu Alaihi Wasallam telah bersabda, 'Sesunguhnya Allah memaafkan. Dari umatku apa yang terbesit dalam dirinya (hatinya) selama belum dikatakan, atau disengaja olehnya' ”
[Al Majmuu' Syarh al Muhadzdzab XVII/98]

ثمَّ للطَّلَاق أَرْكَان مِنْهَا اللَّفْظ فَلَا يَقع الطَّلَاق بِمُجَرَّد النِّيَّة وَلَو حرك لِسَانه بِكَلِمَة الطَّلَاق وَلم يرفع صَوته قدرا يسمع نَفسه نقل الْمُزنِيّ فِيهِ قَوْلَيْنِ
أَحدهمَا تطلق لِأَنَّهُ أقوى من الْكِتَابَة مَعَ النِّيَّة
وَالثَّانِي لَا لِأَنَّهُ لَيْسَ بِكَلَام وَلِهَذَا اشْترط فِي صلَاته أَن يسمع نَفسه قَالَ النَّوَوِيّ الْأَظْهر الثَّانِي لِأَنَّهُ فِي حكم النِّيَّة الْمُجَرَّدَة بِخِلَاف الْكِتَابَة فَإِن فِي وُقُوع الطَّلَاق بِهِ حُصُول الإفهام وَلم يحصل هُنَا وَالله أعلم
[Kifaayah Al Akhyaar Halaman 388]

Wallahu A'lamu Bis Showaab

(Ismidar Abdurrahman As-Sanusi)

Link Diskusi:

Komentari

Lebih baru Lebih lama