1482. HUKUM BERBICARA KARENA MENGINGATKAN IMAM


Pertanyaan:
1. Cara mengingatkan Imam tersebut adalah dengan membaca tasbih dengan niatan dzikir.
Lalu bagaimana jikab sudah diingatkan dengan subhanallah namun Imam tidak tahu kesalahannya?
Langsung saja bilang ke Pak Imam, seperti ucapan "Sampeyan belum baca Fatihah Pak".
Lalu apakah boleh mengucapkan seperti itu, Apakah ucapan seperti itu tidak membatalkan salat?
Di dalam kitab Mizan kubro perkataan seperti itu tidak membatalkan salat, karena perkataan seperti "Sampeyan belum baca Fatihah Pak" ini bertujuan untuk maslahah salat.
Intinya makmum sudah tasbih Imam tidak sadar kesalahannya, maka jalan satu-satunya adalah dengan mengatakan "Sampeyan belum baca Fatihah Pak".
Ini juga pernah disampaikan Gus baha ketika pengajian di pondoknya Gus Kyai Haji Ali mashuri Sidoarjo.
Tolong dikoreksi?
[Irfan Kurniawan]

Jawaban:
Saya tanggapi points 1. Makmum yang mengucapkan perkataan seperti itu shalat makmum batal karena perkataan tersebut termasuk dalam kategori خطاب الأدميين yakni perkataan manusia. Sedangkan jelas dalam hadits :

إِن هَذِه الصَّلَاة لَا يصلح فِيهَا شَيْء من كَلَام النَّاس إِنَّمَا هُوَ التَّسْبِيح وَالتَّكْبِير وَقِرَاءَة الْقُرْآن

Sedangkan Dalam fiqih Syafi'i sudah diatur mengingatkan Imam itu dengan tepuk tangan bagi perempuan dan bacaan tasbih bagi lelaki. Madzhab Syafi'i tidak membedakan perkataan manusia tersebut dalam shalat baik perkataan itu ada kaitannya dengan maslahat shalat atau tidak maka tetap batal. Inilah yang ditulis dikitab² Syafi'i yang kerap dikaji seperti:

1. Syeikh Taqiyuddin Al Hushi:

إِذا تكلم الْمُصَلِّي عَامِدًا بِمَا يصلح لخطاب الْآدَمِيّين بطلت صلَاته سَوَاء كَانَ يتَعَلَّق بمصلحة الصَّلَاة أَو غَيرهَا وَلَو كلمة لما رُوِيَ عَن زيد بن أَرقم رَضِي الله عَنهُ قَالَ كُنَّا نتكلم فِي الصَّلَاة حَتَّى نزل قَوْله تَعَالَى {وَقومُوا لله قَانِتِينَ} فَأمرنَا بِالسُّكُوتِ ونهينا عَن الْكَلَام وَقَالَ عَلَيْهِ الصَّلَاة وَالسَّلَام لمعاوية بن الحكم السّلمِيّ وَقد شمت عاطساً فِي الصَّلَاة
(إِن هَذِه الصَّلَاة لَا يصلح فِيهَا شَيْء من كَلَام النَّاس إِنَّمَا هُوَ التَّسْبِيح وَالتَّكْبِير وَقِرَاءَة الْقُرْآن)
[Kifaayah Al Akhyaar I/122, Cet. Daar al Fikr Surabaya]

Fokus:

إِذا تكلم الْمُصَلِّي عَامِدًا بِمَا يصلح لخطاب الْآدَمِيّين بطلت صلَاته سَوَاء كَانَ يتَعَلَّق بمصلحة الصَّلَاة أَو غَيرهَا وَلَو كلمة
“Apabila orang yang shalat berbicara secara sengaja dengan perkataan Khithob Adami batal shalatnya, baik ada urusan dengan kemaslahatan shalat ataupun selainnya walaupun satu kalimat”

2. Syeikh Al Bajuri beserta matannya oleh Syekh Al Ghaziy:

{فصل} في عدد مبطلات الصلاة. (والذي يبطل الصلاة أحدَ عشرَ شيئا: الكلام العمد) الصالح لخطاب الآدميين، سواء تعلق بمصلحة الصلاة أو لا
[Fathul Qorib pada Kitab shalat, perkara yang membatalkan shalat]

Ibarot tersebut sama seperti pada kifaayah Al Akhyaar yaitu:

الكلام العمد) الصالح لخطاب الآدميين، سواء تعلق بمصلحة الصلاة أو لا
“Berbicara karena Khithob Adami, baik ada urusan dengan kemaslahatan shalat atau tidak”

Syeikh Al Bajuri memberikan contoh perkara yang ada urusan dengan kemaslahatan shalat dan yang tidak; beliau menuliskan begini pada Hasyiahnya Ala Ibn Qosim:

قوله : (سواء تعلق بمصلحة الصلاة أو لا) فالأول كما لو قاله لإمامه إذا كما لركعة زائدة لم تقم أو أقعد أو هذه خامسة. والثاني كما لو تكلم بكلام أجنبي لا مصلحة فيه للصلاة فتبطل به إجماعا قاله في المجموع.
[Hasyiyah Al Bajuri Ala Ibn Qosim I/177, Cet. Al Haromain]

Coba perhatikan baik-baik, contoh beliau bawakan sama persis dengan kasus tersebut, hanya topiknya aja yang Beda:

فالأول كما لو قاله لإمامه إذا كما لركعة زائدة لم تقم أو أقعد أو هذه خامسة
Yang pertama (Yaitu ada urusan kemaslahatan shalat) seperti ungkapannya kepada Imam bila Imam berdiri ke raka'at yang ditambah (seperti raka'at ke 5 pada kasus shalat Dzuhur dan ashar, atau raka'at ke 4 pada kasus shalat Maghrib, atau raka'at ke 3 pada kasus shalat shubuh): "Jangan berdiri!", "Duduklah!" Atau "Ini raka'at ke-lima".

والثاني كما لو تكلم بكلام أجنبي لا مصلحة فيه للصلاة فتبطل به إجماعا قاله في المجموع.
Yang kedua (tidak ada urusan kemaslahatan shalat) seperti jika ia berbicara dengan pembicaraan Anjabi (manusia) yang perkataan itu tidak ada kemaslahatan shalat maka batal shalatnya berdasarkan Ijma' Ulama seperti dalam kitab Al Majmuu'”

3. Syeikh Nawawi al-Bantani

 (سواء تعلق) أي ذلك الكلام (بمصلحة الصلاة أو لا) كما لو قال لإمامه إذا قام سهوا لركعة زائدة لا تتم أو أقعد أو تكلم بكلام لا مصلحة فيه للصلاة
[Tausyieh Ala Ibn Qosim Halaman 65, Cet. Pustaka As Salam Surabaya]

Jadi, Madzhab Syafi'i tetap mengatakan batal berbicara dalam shalat dengan perkataan manusia seperti memakai bahasa sendiri meskipun ada sangkut-pautnya dengan urusan shalat. Karena itu, kalau Imam tidak mempedulikan setelah diingatkan dengan ucapan semacam tasbih atau membacakan surat yang ia lupa dan terus lanjut maka ketika hendak ruku' wajib mufaraqah. Bila tidak dilakukan batal juga shalat Makmum terlebih yang ditinggalkan Imam rukun shalat seperti Fatihah.

Ada Madzhab tidak membatalkan Kalau perkataan itu perkataan manusia untuk kemaslahatan shalat yaitu Madzhab Maliki dan Al Auza'i. Jadi, sesuaikan dengan Madzhab mana kita ikut, sedangkan Madzhab Syafi'i, Sudah berlalu yaitu batal.

Wallahu A'lam

Ibarot (tambahan) :

وإن تكلم بكلام يصلح لخطاب الآدميين. . فهذا على أضربٍ:
أحدها: أن يقصد إلى الكلام وهو عالم بأن هذا يبطل الصلاة، وكان ذلك لغير مصلحة الصلاة، غير مجيب للنبي - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ -، وغير منذرٍ لأعمى، فهذا تبطل الصلاة به، وهو إجماع لا خلاف فيه، والدليل عليه: قوله - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ -: «إن صلاتنا هذه لا يصلح فيها شيء من كلام الآدميين» ، وقوله: - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ -: «الكلام ينقض الصلاة، ولا ينقض الوضوء» .
الضرب الثاني: أن يتكلم عامدًا عالمًا بتحريمه لمصلحة الصلاة، فهذا يبطل الصلاة عندنا، وبه قال أبو حنيفة.
وقال مالك والأوزاعي: (لا تبطل به الصلاة) .

دليلنا: قوله - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ -: «الكلام ينقض الصلاة، ولا ينقض الوضوء» ، وقوله - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ -: «إذا نابكم شيء في الصلاة. . فليسبح الرِّجال، وليصفق النساء» .
فلو كان الكلام لمصلحة الصلاة لا يبطلها. . لما عدل عنه إلى التسبيح والتصفيق.
ولأنه خطاب لآدمي غير واجب على وجه العمد، مع العلم بتحريمه، فأبطل الصلاة، كما لو كان لغير مصلحة الصلاة.
[Al Bayaan Fii Madzhab Al Imaam as Syafi'i II/304, Al Maktabah As Syamilah Apk]

Wallahu A'lamu Bis Showaab

(Dijawab oleh: Ismidar Abdurrahman As-Sanusi)

Ibarot direkomendasikan oleh:
Muhdi

Moh Laits Al Fatih

• 

Komentari

Lebih baru Lebih lama