1505. AQIDAH : SEBELUM KIAMAT APAKAH SURGA ADA PENGHUNINYA?


Pertanyaan:
sebenarnya seluruh manusia dari n. adam sampai umat nabi muhammad saw masuk surga dan neraka itu nanti setelah kiamat kubro terjadi atau memang ada yg sudah duluan masuk ( ke surga dan neraka ) ???
[Tajmal]

Jawaban:
Sejauh pengetahuan saya memang demikianlah, sebagaimana saya dengar dari guru² saya, sebelum terjadi hari Kiamat Kubro belum ada penghuni surga maupun neraka. Kalau ada pun yang berbeda dengan ini berarti belum sampai pengetahuan saya mengenai Itu. Hal ini juga berdasarkan hadits Nabi Shalallahu Alaihi Wasallam:

أَنَا أَكْثَرُ الأَنْبِيَاءِ تَبَعًا يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَأَنَا أَوَّلُ مَنْ يَقْرَعُ بَابَ الْجَنَّةِ

“Saya adalah nabi yang paling banyak pengikutnya di hari kiamat. Dan saya orang yang pertama kali mengetuk pintu surga.” (HR. Muslim 505, Ibnu Hibban 6481 dan yang lainnya).

أَنَا أَوَّلُ مَنْ يَدْخُلُ الْجَنَّةَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ، وَلَا فَخْرَ

Saya orang yang pertama masuk surga di hari kiamat. Dan bukan untuk sombong. (HR. Ahmad)

آتِي بَابَ الْجَنَّةِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ، فَأَسْتَفْتِحُ، فَيَقُولُ الْخَازِنُ: مَنْ أَنْتَ؟ فَأَقُولُ مُحَمَّدٌ. فَيَقُولُ: بِكَ أُمِرْتُ أَنْ لَا أَفْتَحَ لِأَحَدٍ قَبْلَكَ
"Aku datang ke pintu Surga dan meminta supaya pintu itu dibuka. Penjaga Surga bertanya, "Siapakah engkau?" Aku berkata, "Muhammad." Penjaga surga berkata lagi, "Aku diperintah untuk tidak membuka pintu ini bagi siapa saja sebelum engkau."
(HR. Muslim)

Hadits-hadits diatas menunjukkan orang yang pertama masuk surga adalah Baginda Nabi Shalallahu Alaihi Wasallam yaitu setelah terjadi kiamat. Logikanya, bila Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasallam masuk surga pertama kali pada hari Kiamat berarti sebelum Itu Belum ada penghuni surga karena yang pertama menghuni surga adalah Baginda Nabi Shalallahu Alaihi Wasallam.

Wallahu A'lamu Bis Showaab

(Dijawab oleh: Ismidar Abdurrahman As-Sanusi )

Link Diskusi:

Komentari

Lebih baru Lebih lama