1511. HUKUM BERMAKMUM PADA IMAM SHALAT JAMAK QOSHOR


Pertanyaan:
Asalamualaikum
Mohon kasih tau saya orang bodoh yg ingin belajar,barusan di rest area telah masuk sholat magrib,kemudia saya berniat melaksanakan magrib,ketika masuk masjid ada yg sedang qomat untuk melaksanakan berjamaah sebanyak 2 orang,tanpa berpikir panjang saya menjadi makmum ny,dan aneh nya ketika rokaat ke 2 lsng mengucap salam dan saya pun ikut salam,apakah jikalau dia melaksanakan sholat jama qoshor isya,saya harus mengulang melaksanakan sholat magrib??terimakasih
[Mugia Soleh]

Jawaban:
Wa'alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh

Orang yang tidak sedang bepergian atau tidak mengerjakan shalat Jamak Qoshor sah bermakmum pada Imam yang mengerjakan shalat Jamak Qoshor, bila imam itu salam makmum tinggal menyempurnakan shalatnya seperti biasa dan disunahkan setelah salam Imam menyeru "Sempurnakanlah shalat kalian sesungguhnya kami adalah kaum yang tengah melakukan bepergian". Wallahu A'lam

(Dijawab oleh: Ismidar Abdurrahman As-Sanusi)

Ibarot :

المجموع شرح المهذب الجزء الرابع صحـ ٣٥٧
(فَرْعٌ)
إذَا صَلَّى مُسَافِرٌ بمسافرين ومقيمين جاز ويقصر الامام والمسافرين وَيُتِمُّ الْمُقِيمُونَ وَيُسَنُّ لِلْإِمَامِ أَنْ يَقُولَ عَقِبَ سَلَامِهِ أَتِمُّوا فَإِنَّا قَوْمُ سَفَرٍ

Link Diskusi:

Komentari

Lebih baru Lebih lama