1520. HUKUM TIDAK MENGUBUR JENAZAH KARENA HIDUP DI LAUT


Pertanyaan:
السلام علیکم 
Bgaimna hkmnya mayat dibuang dilaut bkn dikubur ditanah dikrnkn smasa hdpnya dilaut trus?
[فائر]

Jawaban:
Wa'alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh

Mengubur jenazah merupakan salah satu kewajiban bagi yang hidup dan hukumnya fardhu kifayah, sehingga bila ada jenazah yang tidak dikubur maka daerah itu berdosa semuanya, hukum ini sudah disepakati Ulama Islam, sehingga ketika seseorang itu meninggal wajib dikuburkan, sebab mengubur jenazah merupakan perbuatan memuliakan mayit dan tidak menguburnya termasuk perbuatan 'Ihaanah Al mayit. Dengan ini, Tidak ada anternatif lain selain dikubur, ini selagi berkemungkinan, bila tidak dimungkinkan dikubur seperti mayit yang ditemukan di laut atau meninggal karena tenggelam dan menguburnya tidak dimungkinkan karena suatu alasan maka alternatif yang diambil salah satunya kalau tidak ada jalan lain maka jenazah itu dihanyutkan, agar siapa yang menemukan bisa mengurusnya sebagaimana mestinya. Akan tetapi, selama bisa diurus sebagaimana mestinya tidak boleh tanpa dikuburkan.

Walllahu A'lamu Bis Showaab

Ibarot :
& الموسوعة الفقهية الجزء 21 صحـ : 8 مكتبة وزارة الأوقاف الكويتية
( دَفْنٌ ) التَّعْرِيفُ الدَّفْنُ فِي اللُّغَةِ بِمَعْنَى الْمُوَارَاةِ وَالسَّتْرِ يُقَالُ دَفَنَ الْمَيِّتَ وَارَاهُ وَدَفَنَ سِرَّهُ أَيْ كَتَمَهُ وَفِي اْلاصْطِلاَحِ مُوَارَاةُ الْمَيِّتِ فِي التُّرَابِ ( الْحُكْمُ اْلإِجْمَالِيُّ ) دَفْنُ الْمُسْلِمِ فَرْضُ كِفَايَةٍ إجْمَاعًا إنْ أَمْكَنَ وَالدَّلِيْلُ عَلَى وُجُوبِهِ تَوَارُثُ النَّاسِ مِنْ لَدُنْ آدَمَ عليه السلام إلَى يَوْمِنَا هَذَا مَعَ النَّكِيْرِ عَلَى تَارِكِهِ وَأَوَّلُ مَنْ قَامَ بِالدَّفْنِ هُوَ قَابِيْلُ الَّذِي أَرْشَدَهُ اللَّهُ إلَى دَفْنِ أَخِيْهِ هَابِيْلَ لِمَا جَاءَ فِيْ قَوْلِهِ تَعَالَى{ فَبَعَثَ اللَّهُ غُرَابًا يَبْحَثُ فِي اْلأَرْضِ لِيُرِيَهُ كَيْفَ يُوَارِيْ سَوْأَةَ أَخِيْهِ قَالَ يَا وَيْلَتَى أَعَجَزْتُ أَنْ أَكُوْنَ مِثْلَ هَذَا الْغُرَابِ فَأُوَارِيَ سَوْأَةَ أَخِيْ فَأَصْبَحَ مِنْ النَّادِمِيْنَ } وَإِذَا لَمْ يُمْكِنْ كَمَا لَوْ مَاتَ فِي سَفِينَةٍ غُسِلَ وَكُفِّنَ وَصُلِّيَ عَلَيْهِ ثُمَّ أُلْقِيَ فِي الْبَحْرِ إنْ لَمْ يَكُنْ قَرِيْبًا مِنَ الْبَرِّ وَتَقْدِيْرُ الْقُرْبِ بِأَنْ يَكُوْنَ بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَرِّ مُدَّةٌ لاَ يَتَغَيَّرُ فِيْهَا الْمَيِّتُ وَصَرَّحَ بَعْضُ الْفُقَهَاءِ أَنَّهُ يُثَقَّلُ بِشَيْءٍ لِيَرْسُبَ وَقَالَ الشَّافِعِيُّ يُثَقَّلُ إنْ كَانَ قَرِيْبًا مِنْ دَارِ الْحَرْبِ وَإِلاَّ يُرْبَطُ بَيْنَ لَوْحَيْنِ لِيَحْمِلَهُ الْبَحْرُ إلَى السَّاحِلِ فَرُبَّمَا وَقَعَ إلَى قَوْمٍ يَدْفَنُوْنَهُ اهـ

(Dijawab oleh: Ismidar Abdurrahman As-Sanusi)

Link Diskusi:

Komentari

Lebih baru Lebih lama