1535. UNGKAPAN WASIAT MENGGUNAKAN SHIGHOT KINAYAH


Pertanyaan:
Izin bertanya hukum wasiat kan Sunnah muakad Yi 

Pertanyaannya, dalam wasiat menggunakan kalimat kinayah apakah diperbolehkan?
[Khuyygf]

Jawaban:
Lafadz Wasiat menggunakan Shighot Kinayah Yaitu lafadz sindiran yang menunjukan kepada wasiat diperbolehkan dan sah. Hanya saja butuh niat ketika mengucapkannya karena sudah Maklum setiap ungkapan kinayah memerlukan niat. Apakah niatnya cukup berbarengan dengan bagian dari lafadz atau harus berbarengan pada seluruh lafadz sebagaimana pada masalah jual beli ? Pendapat yang mendekati kebenaran cukup niatnya berbarengan dengan bagian dari lafadz dan tidak harus berbarengan pada seluruh lafadz. Demikian pula menulis wasiat dengan menggunakan ungkapan/tulisan Kinayah juga boleh serta sah dengan disertai niat.

Wallahu A'lam

(Dijawab oleh: Ismidar Abdurrahman As-Sanusi)

Ibarot :

- Kitab I'aanah at Thoolibiin Juz 3 halaman 206, Cet. Nurul Ilmi Surabaya

(قوله: وتنعقد) أي الوصية.
وقوله بالكناية، هي التي تحتمل الوصية وغيرها، ومعلوم أن الكناية تفتقر إلى النية.
قال ع ش: وهل يكتفي في النية باقترانها بجزء من اللفظ أو لا بد من اقترانها بجميع اللفظ كما في البيع؟ فيه نظر، والأقرب الأول.
ويفرق بينهما بأن البيع لما كان في مقابلة عوض احتيط له، بخلاف ما هنا.
اه (قوله: كقوله الخ) تمثيل للكناية.
وقوله عينت هذا له أو ميزته له، إنما كان ما ذكر كناية في الوصية لشمول التمييز والتعيين للتمليك بالوصية ولغيره كالإعارة (قوله: أو عبدي هذا له) إنما كان كذلك لاحتمال أن يكون المراد موصى به له أو عارية له (قوله: والكتابة كناية) أي الوصية بالكتابة كناية، وإن كان المكتوب صريحا (قوله: فتنعقد) أي الوصية.
وقوله بها، أي الكتابة.
وقوله مع النية، أي نية الوصية، فإذا كتب لزيد كذا ونوى به الوصية صح ذلك وكان وصية

Link Diskusi:

Komentari

Lebih baru Lebih lama