1549. WAJIBKAH MENGIKUTI IMAM SUJUD SAHWI MESKIPUN MAKMUM TIDAK TAHU KESALAHAN IMAMNYA?

Sumber gambar: NU online Jombang

Pertanyaan:
Assalamualaikum para kiyai bagaimana jika imam sujud sahwi dan makmum tidak mengetahui kesalahan imam apa...apa yang harus di lakukkan makmum.??mhn ibroh nya yi
[AbdSalam Yassalamsallimna]

Jawaban:
Wa'alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh

Sebagaimana pernah saya bahas di FB bahwa bila imam melakukan sujud sahwi karena melakukan kelalaian wajib bagi makmum mengikutinya bahkan bila ia tidak mengikuti batal shalatnya bila dilakukan dengan sengaja, beda kalau tidak sengaja. Kalau tidak salah ada di akun saya yaitu di profil/beranda permalasahan ini.

Ibarot yang dikutip Kang @⁨~kabeurangan⁩ dari kitab At Taqriidaah As Sadiidah Fii Masaail Al Mufiidah juga permalasahan itu tidak seperti kasus yang ditanyakan saudara penanya kang @⁨AbdSalam_yassalamsallimna⁩ yaitu makmum tidak tahu imam Itu membuat kesalahan atau kelalaian hingga menyebabkan ia sujud sahwi. Apakah kasus ini sama saja dengan kasus bila ia mengetahui imam melakukan kesalahan. Ibarot tersebut belum bisa menjawab persoalan kedua karena ibarotnya masih umum.

Untuk itu kasus kedua sama hukumnya dengan kasus pertama. Artinya, walaupun si Makmum tidak mengetahui Imam membuat kesalahan atau kelainan (terledor) hingga ia sujud sahwi Makmum tetap wajib mengikutinya, baik Makmum muwafiq maupun makmum masbuq. Seandainya nekat tidak mengikuti batal shalatnya bila dilakukan dengan sengaja, tidak batal kalau dilakukan tanpa sengaja. Kasus ini sama dengan kasus Imam melakukan sujud sahwi sekali sujud maka makmum dianjurkan melakukan dua kali karena bisa jadi Imam membuat kelalaian melakukan sekali sujud. Sedangkan bagi makmum masbuq tidak sujud bersama imam sunah mengulangi sujud diakhir shalatnya bila ia tidak sengaja tidak Sujud bersama imam seperti karena lupa.

Kendatipun demikian, batal shalat makmum yang tidak ikut Imam sujud bila bermaksud tidak ikut sujud, kalau tidak bermaksud tidak ikut sujud tidak batal juga batal shalatnya bila terlambat bersama Imam dua rukun, kalau satu rukun tidak batal seperti ia segera sujud, misalnya imam turun sujud kedua. Namun, bila terlambat karena udzur tidak batal.

فإن سجد إمامه تابعه وجوباً وإن لم يعرف أنه سها حتى لو اقتصر على سجدة واحدة سجد المأموم أخرى فإن ترك متابعته عمداً بطلت صلاته
“Karena itu, bila Imam melakukan sujud sahwi wajib Makmum mengikutinya meskipun ia tidak mengetahui bahwa imamnya membuat kelalaian (teledor) hingga jika si Imam Sujud sekali makmum melakukan sujud yang lain (menambah sekali lagi). Karenanya, bila Makmum meninggalkan mengikutinya dengan sengaja batal shalatnya”
[Kaasyifah as Sajaa Fii Syarh Safiinah an Najaa Halaman 74, Cet. Al Haromain]

وعند سجوده يلزم المسبوق والموافق متابعته، وإن لم يعرف أنه سها، وإلا بطلت صلاته إن علم وتعمد - ندبا - آخر صلاة نفسه
(قوله: وعند سجوده) أي الإمام المتطهر.
وظاهره أنه يسجد عند سجوده مطلقا سواء فرغ من تشهده أم لا.
وسيصرح بهذا قريبا، وسننقل ما يؤيده وما يخالفه هناك.
وقوله: يلزم المسبوق الخ أي لخبر: إنما جعل الإمام ليؤتم به.
(قوله: وإن لم يعرف أنه سها) أي يوافقه وإن لم يعرف سهوه، حملا على أنه سها.
(قوله: وإلا بطلت صلاته) أي وإن لم يتابعه بطلت صلاته.
أي بمجرد سجود الإمام إذا قصد عدم السجود، وإلا فتبطل بتخلفه بركنين، كأن هوى الإمام للسجدة الثانية فإن تخلف لعذر كزحمة لم تبطل، فإن زال عذره والإمام في السجدة الثانية سجد فورا حتما، أو بعدها فإن كان موافقا سجد لأنه يستقر عليه بسجود الإمام، أو مسبوقا فات هذا السجود عليه لأنه لمحض المتابعة وقد فاتت.
(قوله: ويعيده) أي السجود.
[I'aanah at Thoolibiin I/205, Cet. Nurul Ilmi Surabaya]

وَإِن ترك الإِمَام السُّجُود أَو فَارقه أَو بطلت صَلَاة الإِمَام بعد وُقُوع السَّهْو مِنْهُ فَإِن سجد الإِمَام للسَّهْو فِي آخر صلَاته وَجب على الْمَأْمُوم مُتَابَعَته وَإِن لم يعلم مِنْهُ خللا حملا على أَنه لَا يفعل السُّجُود إِلَّا لمقتضيه فَلَو ترك الْمَأْمُوم الْمُتَابَعَة عمدا بطلت صلَاته إِن لم يكن نوى الْمُفَارقَة قبل السُّجُود للمخالفة حَال الْقدْوَة وَتبطل بِمُجَرَّد هوي الإِمَام إِن قصد الْمُخَالفَة وَإِلَّا فبهويه للسجدة الثَّانِيَة فَإِن تخلف عَنهُ سَهوا ثمَّ تذكر قبل سَلام نَفسه سجد وجوبا وَلَو بعد سَلام الإِمَام فَإِن سلم عمدا من غير سُجُود بطلت صلَاته أَو سَهوا فَإِن قصر الزَّمَان تَدَارُكه وَإِن طَال اسْتَأْنف فَلَو سجد الإِمَام قبل أَن يتم الْمَأْمُوم تشهده فَعِنْدَ ابْن حجر يسْجد مَعَ الإِمَام وجوبا ثمَّ بعد ذَلِك يكمل تشهده وجوبا بِنَاء لَا استئنافا
وَعند الرَّمْلِيّ يجب عَلَيْهِ أَن يتَخَلَّف لإتمام التَّشَهُّد وَيتَعَيَّن عَلَيْهِ السُّجُود بعد إتْمَام تشهده وَلَو كَانَ الإِمَام قد سلم فَإِن سلم الْمَأْمُوم عمدا من غير سُجُود بطلت صلَاته وَإِن سجد عمدا قبل إتْمَام تشهده بطلت أَيْضا هَذَا فِي الْمُوَافق
وَأما الْمَسْبُوق فَمَتَى سجد إِمَامه سجد مَعَه وجوبا وَلَو قبل تَمام تشهده وَإِن كَانَ مَحل تشهد لَهُ بِاتِّفَاق الشَّيْخَيْنِ لِأَن الْمُتَابَعَة آكِد من تشهده فَإِنَّهُ سنة فَإِذا تخلف الْمَسْبُوق عمدا عَن السُّجُود مَعَ الإِمَام بطلت صلَاته أَو سَهوا لم تبطل وَيسْقط عَنهُ وجوب السُّجُود إِن اسْتمرّ سَهْوه حَتَّى فرغ مِنْهُ الإِمَام لِأَنَّهُ لمحض الْمُتَابَعَة وَقد فَاتَت فَإِن زَالَ سَهْوه فِي أَثْنَائِهِ وَجب عَلَيْهِ الْإِتْيَان بِمَا أدْرك مِنْهُ وَسقط عَنهُ الْبَاقِي لما مر وَلَو لم يسْجد الإِمَام عمدا أَو سَهوا فِي آخر صلَاته سجد الْمَأْمُوم ندبا فِي آخر صَلَاة نَفسه بعد سَلام الإِمَام لجبر الْخلَل الْحَاصِل فِي صَلَاة نَفسه نعم إِن كَانَ الْخلَل صدر من الْمَأْمُوم وَحده حَال الْقدْوَة وَلم يصدر من الإِمَام فَلَا يسْجد الْمَأْمُوم كَمَا قَالَ المُصَنّف
[Nihaayah az Zain Halaman 89, Cet. Pustaka As Salam Surabaya]
Wallahu A'lamu Bis Showaab

(Dijawab oleh: Ismidar Abdurrahman As-Sanusi)

Link Diskusi:


Komentari

Lebih baru Lebih lama