1550. TATACARA SHALAT DI KENDARAAN LAUT

Sumber gambar: detik.com

Pertanyaan:
Point yg ke 2..klo pas ngerjakan salat selain salat jum'at trus itu kapal tidak mengarah ke kiblat apakah sah salatnya? Di karenakan darurot atau apa mohon pencerahannya dan sertakan ibarohnya
[Al Faqir]

Jawaban:
Tata cara shalat di kendaraan laut seperti di kapal, perahu dan sebagainya dirinci dulu:
• Bagi penumpang wajib mengerjakan shalat sebagaimana mestinya yaitu menyempurnakan rukun shalat seperti ruku' dan sujud, dan bila mampu sebagian lakukan, dan sebagian lagi semampunya. Hanya saja wajib menghadap kiblat pada seluruh bagian shalat. Atas dasar ini; andai diketahui kapal atau perahu berbelok dan mengarah selain kiblat orang yang shalat mesti menyesuaikan diri supaya bisa menghadap Kiblat, baik dengan berputar dan sebagainya, asal bergerak tidak membatalkan shalat seperti lebih tiga langkah secara berurut.

• Bagi Nahkoda kapal atau perahu sekiranya mudah menyempurnakan rukun shalat maka lakukan, dan bila tidak, cukup takbiratul ihram saja, kalaupun tidak bisa tidak diwajibkan dan lakukan sebisanya. Adapun menghadap kiblat tidak wajib juga melainkan pada saat takbiratul ihram jika mudah dilakukan, kalau juga Sulit dilakukan juga tidak diwajibkan menghadap kiblat.

والحاصل أن في الراكب تفصيلا، وهو أنه إن كان راكبا في مرقد - كهودج ومحارة - أو في سفينة، أتم وجوبا ركوعه وسجوده وسائر الأركان، أو بعضها إن عجز عن الباقي، واستقبل وجوبا لسهولة ذلك عليه.
Kesimpulan masalah shalat pada kendaraan dirinci; Ada kalanya mengendarai tempat pembaringan seperti sekeduk waduk atau pada perahu wajib menyempurnakan ruku', sujud dan rukun shalat yang lain atau sebagian rukun shalat jika tidak mampu menyempurnakan rukun shalat yang lain dan wajib menghadap Kiblat karena gampang.

ومحل ذلك في غير مسير السفينة، أما هو وهو من له دخل في سيرها فلا يلزمه التوجه في جميع صلاته، ولا إتمام الأركان، بل في التحرم فقط إن سهل، وإن لم يكن راكبا في مرقد ولا في سفينة.
Letak ketentuan tersebut diatas selain nahkoda (pengemudi) perahu. Adapun bagi dirinya maka tidak Wajib menghadap kiblat pada semua bagian shalatnya, dan tidak (wajib) juga menyempurnakan rukun² shalat tetapi takbiratul ihram saja jika gampang meskipun tidak mengendarai tempat pembaringan dan perahu.


فإن كان راكبا فيما لا يسهل فيه الاستقبال في جميع الصلاة، وإتمام الأركان استقبل في إحرامه فقط إن سهل عليه، بأن كانت الدابة غير صعبة ولا مقطورة، وإلا لم يلزمه في الإحرام أيضا.
اه.
ملخصا من شرح إبن حجر على متن بافضل.
Karena itu, bila mengendarainya sekiranya tidak mudah menghadap kiblat padanya pada seluruh shalat dan menyempurnakan rukun, menghadap kiblat pada takbiratul ihram saja jika mudah dilakukan seperti binatang tunggangan tanpa kepayahan dan menghela, jika tidak, maka tidak wajib menghadap kiblat pada takbiratul ihram juga. Selesai ringkasan dari Syarh Ibnu Hajar atas Matan Bafadhol.
[I'aanah at Thoolibiin I/124-125, Cet. Nurul Ilmi Surabaya]

Kesimpulannya adalah bila Shalat pada kendaraan laut selain nahkoda yaitu para menumpang wajib menghadap kiblat pada seluruh bagian shalat. Atas dasar ini kalau kapal berputar ia juga mesti berputar agar mengahadap Kiblat. Sedangkan urusan menyempurnakan rukun shalat wajib sebisanya. Artinya, bila mampu sebagian rukun, lakukan dan rukun yang lain tidak mengapa tidak sempurna dilakukan.

Adapun bagi nahkoda tidak wajib menghadap kiblat dan juga menyelenggarakan rukun shalat tapi rukun takbiratul ihram saja bila mudah dilakukan, selagi tidak kepayahan, kalau juga tidak bisa sebagaimana binatang ternak sekali terhunyuk ke sini kadang kesana takbiratul ihram pun tidak wajib tapi shalat sebisanya.

فإن كان في) ما يسهل فيه الاستقبال وإتمام الركوع والسجود وحدهما أو مع غيرهما، كأن كان في (مرقد) كهودج (أو سفينة .. أتم) وجوباً (ركوعه وسجوده) وسائر الأركان، أو بعضها إن عجز عن الباقي (واستقبل) وجوباً؛ لتيسر ذلك عليه، ومحل ذلك في غير ملاح السفينة.
أما هو، وهو من له دخل في سيرها، بأن يختل سيرها إذا اشتغل عنها ولو من ركابها .. فلا يلزمه التوجه في جميع صلاته، ولا إتمام الأركان، بل يلزمه التوجه في التحرم فقط إن سهل كراكب الدابة، وألحق بالملاح مسير الدابة وبعضهم حامل السرير (وإن لم يكن في) نحو (مرقد ولا سفينة) مما يسهل فيه ما مر.
(فإن كان راكباً) على ما لا يسهل فيه الاستقبال، وإتمام الأركان أو بعضها كدابة ( .. استقبل) وجوباً (في إحرامه فقط إن سهل عليه) لنحو وقوفها أو سهولة انحرافها.
أمَّا إذا سهل في جميع صلاته دون إتمام شيء من الأركان، أو سهل إتمام الأركان دون الاستقبال في جميع صلاته .. فلا يجب غير الاستقبال عند التحرم إن سهل؛ لوقعه أول الصلاة، فيجعل ما بعده تابعاً له؛ (لأنه صلى الله عليه وسلم كان إذا سافر وأراد أن يتطوع .. استقبل بناقته القبلة، فكبر ثم صلى حيث وجهه ركابه).
نعم؛ الواقفة لا يصلي عليها ما دامت واقفة إلا إلى القبلة، لكن لا يلزمه إتمام الأركان، فإن سافر لغرض .. أتم لجهة مقصده.
[Busyrol Kariim Juz 1 halaman 94, Cet. Al Haromain]
Wallahu A'lamu Bis Showaab

(Dijawab oleh: Ismidar Abdurrahman As-Sanusi dan Muhdi)

Link Diskusi:

Baca Artikel terkait:




Komentari

Lebih baru Lebih lama