1598. HUKUM MEMOTONG KUKU ATAU RAMBUT BAGI ORANG YANG BERQURBAN

Sumber gambar: ladunni.id


Pertanyaan:
Assalamualaikum
Jika kalian telah melihat hilal dzulhijjah (yakni telah masuk 1 dzul hijjah) dan kalian ingin berqurban, maka hendaklah shohibul qurban membiarkan ( tidak memotong) rambut dan kukunya (HR.Bukhori) *siapa saja ingin berqurban dan apabila telah memasuki awal dzulhijjah (1 dzulhijjah) maka jangan ia memoting rambut dan kukunya sampai ia berqurban (HR.Muslim) hadits meniko sohih menurut madzab imam syaafi'i meniko makhruh.
apakah tidak diperbolehkan bagi shohibul qurban spaya tidak memotong kukunya ketika mau berqurban (sejak hari) trtentu ?
[Fatkah Via WA]

Jawaban:
Bagi orang berqurban disunahkan agar tidak menghilangkan sesuatu dari tubuhnya seumpama rambut atau kuku sampai hewan sembelihan qurban terlaksana. Tujuannya supaya anggota tubuh tersebut mendapat ampunan dan bebas dari api neraka. Sungguh pun demikian, bila dilakukan hukumnya makruh, inilah pendapat yang Mu'tamad, tapi ada pendapat yang mengatakan haram, itulah pendapat Imam Ahmad. Wallahu A'lam

(Dijawab oleh: Ismidar Abdurrahman As-Sanusi)

Ibarot :

إعانة الطالبين ج ٢ ص ٣٨٠
قوله: وكره لمريدها) أي التضحية.
ومثلها إهداء شئ من النعم إلى الحرم.
وخرج بمريدها غيره، ولو من أهل البيت، وإن وقعت عنهم، فلا يكره في حقهم ذلك.
قال في التحفة: ولا يقوم نذره بلا إرادة لها مقام إرادته لها، لأنه قد يخل بالواجب.
اه.
والقول بكراهة ما ذكر هو المعتمد، وقيل حرام وعليه الإمام أحمد وغيره ما لم يحتج إليه، وإلا فقد يجب كقطع يد سارق، وختان بالغ وقد يستحب كختان صبي، وكتنظيف لمريد إحرام، أو حضور جمعة على ما بحثه الزركشي.
لكن ينافيه إفتاء غير واحد بأن الصائم إذا أراد أن يحرم أو يحضر الجمعة لا يسن له التطيب - رعاية للصوم فكذا هنا، رعاية لشمول المغفرة أولى.
وقد يباح، كقطع سن وجعه، وسلعة.
أفاده الكردي نقلا عن ابن حجر.
(وقوله: نحو شعر) أي من ظفر وسائر أجزاء بدنه، ألا الدم على نزاع فيه.
(قوله: في عشر ذي الحجة إلخ) متعلق بإزالة.
(قوله: حتى يضحي) غاية في الكراهة.
أي وتستمر الكراهة إلى أن يضحي، وذلك للأمر بالإمساك عن ذلك إلى التضحية في خبر مسلم.
وحكمته شمول المغفرة والعتق من النار لجميعه، لا الشبه بالمحرمين، وإلا لكره، نحو الطيب.

Link Diskusi:

Komentari

Lebih baru Lebih lama