1677. SHALAT JAMAK TAQDIM MAGHRIB DAN ISYA' SAMPAI RUMAH WAKTU ISYA' SAHKAH?

Sumber gambar: YouTube



Pertanyaan:
>> SYIFA
Assalaamu'alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh 

Ijin bertanya pak Kiayi, Syekh dan Ustadz yg dimuliakan Allah Subhaanahu Wa Ta'Aalaa Aamiin Allaahumma Aamiin 🤲🤲🤲

Kalau shalat jama takdim isya , di tarik ke maghrib , tapi pas waktu isya , kira2 jam 11 malam udah sampe rumah,,,
Itu sah atau tidak..?
Mohon pencerahannya..
Saya ucapkan hatur terimakasih 🙏🙏🙏
Jazaakumullaah Khairan Katsiiran Baarakallaahu Fiikum

Jawaban:
>> Muhdi
Wa'alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.

Semoga bunda sekeluarga pun demikian, senantiasa dimuliakan oleh allah subhanahu wata'ala.

Mengenai shalat jama' taqdim yang bunda tanyakan yakni mengumpulkan magrib dan isya' diwaktu maghrib itu salah satu syarat sahnya adalah masih tetap/ berlangsungnya safar sampai di mulainya shalat kedua yang dalam hal ini adalah shalat isya Atau dengan kata lain sampai diucapkannya takbiratul ihram shalat yang kedua si musafir masih dalam perjalanan/belum sampai tempat tinggalnya. Maka apabila kedua shalat sudah di kerjakan, lalu dia melanjutkan perjalanan, kemudian sekira jam 11 dia sudah sampai rumah maka shalatnya sah.

(و)رابعها(دوام العذر) اى بقاء السفر الى الإحرام بالثانية فلو اقام فى اثنائها لم يضر فلا يشترط دوامه الى تمامها
{كاشفة السجا ص ٩٠ }

>> Ismidar Abdurrahman As-Sanusi
Wa'alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh

Dari pertanyaan dapat saya pahami bahwa seseorang menjamak shalat Maghrib vs Isya' secara jamak taqdim, dan jam 11 malam ia sudah sampai rumah.

Untuk menanggapi pertanyaan yang diajukan Mbak @⁨~SYIFA⁩ tersebut maka salah satu syarat jamak taqdim terus menerus safar hingga dimulai shalat kedua. Bila mana seperti contoh yang diajukan pas jam 11 sudah sampai rumah shalat kedua sudah dilaksanakan maka tidak terjadi masalah. Namun, pas sampai dirumah shalat kedua belum dilakukan maka tidak boleh jamak tapi shalat kedua bukan jamak lagi tapi shalat kedua dilakukan pada waktunya dan shalat kedua tidak boleh dilakukan secara jamak. Karena sebab jamaknya sudah hilang yakni sudah sampai di rumah bukan lagi Safar.

Wallahu A'lam

Ibarot :

الفقه الإسلامي وأدلته للزحيلي، ١٣٧٩/٢ المكتبة الشاملة
الرابع ـ دوام السفر إلى الإحرام بالصلاة الثانية، حتى ولو انقطع سفره بعد ذلك أثناءها. أما إذا نقطع سفره قبل الشروع في الثانية، فلا يصح الجمع، لزوال السبب.

التقريدة السديدة في مسائل المفيدة ص ٣٢٠ المكتبة دار الميراث النبوى
٦ - دوام العذر إلى تمام الإحرام الثانية، أي يستمر سفره - عذره - إلى نهاية تكبيرة الإحرام للصلاة الثانية، فلو انقطع سفره قبل ذلك فلا يجوز له الجمع، بل يصلى الثانية في وقتها.

Link Diskusi:

Komentari

Lebih baru Lebih lama