1706. IBADAH YANG BISA DIWAKILKAN

Foto: indozone Tech


Pertanyaan:
>> Khalim Halim
Assalamu ' alaikum warahmatullahi wabarokatuh

izin numpang bertanya nih 

Ibadah Ibadah apa saja yang dapat diwakilkan
dan tidak dapat di wakilkan ?

mohon pencerahan nya ustadz , ustadzah sahabat TASH TAFSIR AL QUR'AN & SYARAH HADITS dan semua orang 

sebelum dan sesudahnya saya haturkan ribuan banyak terima kasih 
jazakumullahu khairan katshiron 
santun pagi

Jawaban:
>> Rina Leriyani I
Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh

Ibadah yang tidak boleh diwakilkan adalah ibadah yang sifatnya murni dilakukan oleh badan/ fisik nya sendiri seperti shalat dan puasa.

Ibadah yang boleh diwakilkan adalah ibadah yang sifatnya berhubungan dengan keuangan/ financial misal bayar zakat ,kurban dan kafarat

Adapaun ibadah yang boleh diwakilkan ataupun tidak boleh diwakilkan adalah ibadah yang sifatnya mencakup keduanya yaitu fisik dan financial misalnya berhaji.

Wahbah Az Zuhaili berkata

العبادات أنواع ثلاثة :
أـ عبادة مالية محضة كالزكاة والكفارة وتوزيع الأضاحي: يجوز النيابة فيها بالاتفاق في حالتي الاختيار والضرورة؛ لأن المقصود انتفاع أهلها بها، وذلك حاصل بأي شخص، أصيل أو نائب.
ب ـ عبادة بدنية محضة كالصلاة والصوم: لا تجوز النيابة فيها؛ لأن المقصود وهو إتعاب النفس لا يحصل بالإنابة.
جـ ـ عبادة مركبة ـ بدنية ومالية معاً ـ كالحج: يجوز فيها عند الجمهور (غير المالكية) النيابة عند العجز أو الضرورة؛ لأن المشقة المقصودة تحصل بفعل النفس، وتحصل أيضاً بفعل الغير إذا كان بماله، فهذه العبادة تختلف عن الصلاة باشتمالها على القربة المالية غالباً بالإنفاق في الأسفار.

Ibadah ada tiga macam: 
a. Ibadah yang murni finansial, seperti zakat, kafarat, dan pembagian hewan kurban. Semua fuqaha sepakat bahwa ibadah seperti ini boleh diwakilkan, baik dalam kondisi lapang (sukarela) maupun darurat. 

Sebab, tujuan ibadah jenis ini adalah agar para penerimanya mendapat manfaat dari ibadah tersebut, dan ini terealisasi dengan dilaksanakannya oleh siapa pun, baik oleh orang yang berkewajiban maupun oleh wakilnya. 

b. Ibadah yang murni fisik, seperti shalat dan puasa. Yang jenis ini tidak boleh diwakilkan, sebab tujuannya (yaitu melelahkan diri) tidak akan tercapai jika diwakilkan. 

c. Ibadah yang meliputi aspek fisik dan finansial, seperti haji. Yang jenis ini boleh diwakilkan (menurut jumhur; selain madzhab Maliki) dalam kondisi tidak mampu atau darurat, sebab masyaqqah (kesukaran, kesusahan) yang memang dikehendaki di sini dapat terwujud dengan dilakukannya ibadah ini oleh diri sendiri, dan dapat pula terwujud dengan dilakukannya oleh orang lain apabila pelaksanaannya dibiayai oleh orang yang bersangkutan. Ibadah ini berbeda dengan shalat karena ibadah ini biasanya mengandung pengorbanan harta, yaitu berupa ongkos perjalanan.
( Alfiqhul islam wa adilatuhu juz III/38)

>> Ismidar Abdurrahman As-Sanusi
Wa'alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh

Menurut Madzhab kami Syafi'iyah ibadah yang bisa diwakilkan dan tidaknya dibagi kepada 3 macam:

1) Ibadah berupa Badaniyyah Mahdhoh seperti shalat dan puasa tidak boleh diwakilkan kecuali Shalat Thowaf.

2. Ibadah Berupa Maliyah Mahdhoh seperti zakat Kaffarah dan semisalnya Boleh diwakilkan secara mutlak.

3. Ibadah Berupa Maliyah Ghoiru Mahdhoh seperti haji Boleh diwakilkan dengan persyaratan tertentu.

Wallahu A'lam

Ibarot :

حاشية إعانة الطالبين ج ٣ ص ٨٧ المكتبة نور العلم سورابايا
والحاصل أن العبادة على ثلاثة أقسام: إما أن تكون بدنية محضة، فيمتنع التوكيل فيها، إلا ركعتي الطواف تبعا.
وإما أن تكون مالية محضة، فيجوز التوكيل فيها مطلقا، وإما أن تكون مالية غير محضة، كنسك، فيجوز التوكيل فيها بالشرط المار

كفاية الأخيار ج ١ ص ٢٢٩ المكتبة دار العلم سورابايا
(فرع) لَا يَصح التَّوْكِيل فِي الْعِبَادَات الْبَدَنِيَّة لِأَن الْمَقْصُود مِنْهَا الِابْتِلَاء والاختبار وَهُوَ لَا يحصل بِفعل الْغَيْر وَيسْتَثْنى من ذَلِك مسَائِل الْحَج وَذبح الْأَضَاحِي وتفرقة الزَّكَاة وَصَوْم الْكَفَّارَات وركعات الطّواف الْأَخير إِذا صلاهَا تبعا لطواف الْحَج إِمَّا إِذا وكل فيهمَا فَقَط فَلَا تصح الْوكَالَة قطعا صرح بِهِ الرَّافِعِيّ فِي كتاب الْوَصِيَّة وَألْحق بالعبادات الشَّهَادَات والأيمان وَمن الْأَيْمَان الْإِيلَاء وَاللّعان فَلَا يَصح التَّوْكِيل فِي شَيْء مِنْهُمَا بِلَا خلاف وَفِي الظِّهَار وَجْهَان الْأَصَح فِي الرَّوْضَة فِي بَاب الْوكَالَة أَن لَا يَصح تَغْلِيبًا لشبه الْيَمين لَكِن صحّح الرَّافِعِيّ فِي كتاب الظِّهَار أَن الْمُغَلب فِي الظِّهَار شبه الطَّلَاق وَمُقْتَضَاهُ صِحَة التَّوْكِيل وَفِي معنى الْأَيْمَان النّذر وَتَعْلِيق الطَّلَاق وَالْعِتْق وَكَذَا التَّدْبِير على الْمَذْهَب فَلَا يَصح التَّوْكِيل فِي هَذِه الْأُمُور كلهَا وَالله أعلم

نهاية الزين صحيفة ٢٥٦-٢٥٧ المكتبة فستاك السلام سورابايا
(و) لَا فِي (عبَادَة) وَإِن لم تحتج لنِيَّة كالأذان وَالْإِقَامَة إِذْ الْقَصْد مِنْهَا امتحان عين الْمُكَلف وَيسْتَثْنى من ذَلِك أَشْيَاء الْحَج وَالْعمْرَة وَذبح أضْحِية وعقيقة وهدي وشَاة وَلِيمَة وتفريق زَكَاة وَنذر وَصدقَة وَكَفَّارَة وَصَوْم الْكَفَّارَات وركعتا الطّواف إِذا صلاهما الْأَجِير تبعا للطَّواف
أما إِذا وكل فيهمَا فَقَط فَلَا تصح الْوكَالَة قطعا كَمَا صرح بِهِ الرَّافِعِيّ

Link Diskusi:

Komentari

Lebih baru Lebih lama