1727. PENGGUNAAN PIPA ROKOK TERBUAT DARI GADING GAJAH


Foto: Tokopedia


Pertanyaan:
Asalamu'alaikum ijin bertanya tuan guru huukum ngaroko pake cangklong pipa gading gajah, dan apa kah tulang termasuk bangkai dn najis,
[Cah Angon]

Jawaban:
Wa'alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh

Terdapat nas Dari Ulama Syafi'iyah sebagaimana dikemukakan oleh syekh Zainuddin Al Malibari dalam kitabnya Fathul Mu'in bahwa boleh menggunakan gading gajah beserta hukum makruh pada kepala dan jenggot selagi tidak dalam keadaan basah. Pernyataan beliau ini kemudian dijelaskan dengan gamblang oleh Syekh Sayyid Bakri Syata Dimyathi bahwa memang Ulama Syafi'iyah berbincang tentang masalah ini, bahkan redaksi Kitab Syarh Ar Roudh (Asnaa Al Mathoolib, karangan Syekh Al Islam Zakariya Al Anshari) menyebutkan bila pun najis itu dalam keadaan kering haram menggunakannya. Pernyataan tersebut jelas menyebutkan apa pengarang ambil dari kitab Roudhoh dari perkataan Imam Rofi'i dan Al Isnawi (ini masih pernyataan Syekh Al Islam) yang merupakan sanggahan dari Qoul Imam Nawawi dalam kitab Al Majmuu' yang menyebutkan pendapat yang Masyhur yang disebutkan para pengikut Imam Syafi'i makruh menggunakan gading gajah dalam keadaan kering dan tidak haram, pendapat tersebut Nyeleneh.

Dengan meringkas ulasan tersebut menurut Syekh Syibromalisy boleh membawa gading gajah tersebut dengan bertujuan menggunakannya selagi dibutuhkan selain digunakan dalam keadaan shalat dan semacamnya, bila sebaliknya maka tidak boleh karena wajib menjauhi najis pada pakaian, badan dan tempat shalat.

Lebih lanjut Syekh Bakri Syata Dimyathi berkomentar pernyataan Syekh Zainuddin Al Malibari menyebutkan penggunaannya pada kepala dan jenggot memberikan pengertian bila dilakukan selain keduanya (contohnya untuk mulut+rokok) dari anggota badan yang lain maka haram. Pernyataan ketidak bolehan menggunakannya dalam keadaan basah maksudnya basah pada kepala, jenggot dan gading gajah, bila basah padanya maka haram karena bercampur dengan najis dan itu haram.

Dari pernyataan tersebut diatas maka menggunakan gading gajah untuk merokok hukumnya haram karena digunakan untuk selain pada kepala dan jenggot meskipun dalam keadaan kering, sedangkan selain dalam keadaan basah untuk digunakan pada kepala dan jenggot, ini poin keterangan Syekh Bakri Syata Dimyathi juga diikuti Syekh Al Islam Zakariya Al Anshari. Sedangkan Menurut Imam Nawawi boleh menggunakan gading gajah tersebut tapi makruh selagi tidak dalam keadaan basah, namun pendapat beliau ini ditolak Ulama Syafi'iyah yang lain dan pendapat beliau itu merupakan pendapat yang Asing dan Waham. Meskipun segolongan Ulama Syafi'iyah yang lain menyetujui pendapat Imam Nawawi ini seperti Imam Romli dan Syekh Al Khothiib As Syarbini ketika pemakaiannya dalam keadaan kering. Hanya saja pendapat mereka ini tidak berlaku jikalau penghisap mulutnya bisa membasahi pipa rokok tersebut karena tentu dikategorikan najis kecuali ketika menghisap dibungkus dengan semacam plastik.

Karena itu jauhilah menggunakan pipa rokok yang terbuat dari gading gajah demi menghindari khilaf Ulama sekaligus mengamalkan Qoul Mayoritas Ulama Syafi'iyah.

Wallahu A'lam

Ibarot :

حاشية إعانة الطالبين ج ٢ ص ٨٠-٨١ المكتبة نور العلم سورابايا
ويحل مع الكراهة، استعمال العاج في الرأس واللحية حيث لا رطوبة 
(قوله: ويحل مع الكراهة استعمال العاج) عبارة الروض وشرحه: ولو كان النجس مشط عاج جافا فإنه يحرم استعماله. 
والتصريح بهذا من زيادته على الروضة أخذه من كلام الرافعي في الكلام على وصل الشعر، ومن كلام الأسنوي هنا، فإنه رد به قول النووي في مجموعه المشهور للأصحاب أن استعمال العاج في الرأس واللحية حيث لا رطوبة يكره، ولا يحرم، فقال: وما قاله غريب ووهم عجيب، فإن هذا التفصيل إنما ذكره الأصحاب في وضع الشئ في الإناء منه - أي العاج - فالتبس عليه ذلك بالاستعمال في البدن. 
اه. 
وما قال هو الغريب، والوهم العجيب، فقد نص على التفصيل المذكور في المشط والإناء: الشافعي في البويطي، وجزم به جمع منهم القاضي أبو الطيب، والشيخ أبو علي الطبري، والماوردي، وكأنهم استثنوا العاج لشدة جفافه مع ظهور رونقه. 
اه. 
قال ع ش: وينبغي جواز حمله لقصد استعماله عند الاحتياج إليه، ومعلوم أن محل ذلك في غير الصلاة ونحوها، أما فيهما فلا يجوز، لوجوب اجتناب النجاسة فيهما في الثوب والبدن والمكان. 
اه. 
وفي المصباح: والعاج أنياب الفيل، قال الليث: ولا يسمى غير الناب عاجا، والعاج ظهر السلحفاة البحرية. 
وعليه يحمل أنه كان لفاطمة - رضي الله عنها - سوار من عاج. 
ولا يجوز حمله على أنياب الفيلة، لأن أنيابها ميتة، بخلاف السلحفاة. 
والحديث حجة لمن يقول بالطهارة. 
اه. 
(قوله: في الرأس واللحية) يفيد أنه لو استعمله في غيرهما من بقية البدن حرم. 
(قوله: حيث لا رطوبة) ظرف متعلق بيحل، أي يحل ذلك حيث لا رطوبة موجودة، أي في الرأس واللحية أو في العاج. 
فإن وجدت الرطوبة حرم، لتلطخ الرأس واللحية حينئذ بالنجاسة، وهو حرام. 

ﺍﻟﻤﺠﻤﻮﻉ ﺷﺮﺡ ﺍﻟﻤﻬﺬﺏ ﺝ ١ ﺹ ٢٤٢ — ٢٤٣ ﺍﻟﻤﻜﺘﺒﺔ ﺍﻟﺸﺎﻣﻠﺔ
( ﻓﺮﻉ ‏) : ﺍﻟﻌﺎﺝ ﺍﻟﻤﺘﺨﺬ ﻣﻦ ﻋﻈﻢ ﺍﻟﻔﻴﻞ ﻧَﺠِﺲٌ ﻋِﻨْﺪَﻧَﺎ ﻛَﻨَﺠَﺎﺳَﺔِ ﻏَﻴْﺮِﻩِ ﻣِﻦْ ﺍﻟْﻌِﻈَﺎﻡِ ﻟَﺎ ﻳﺠﻮﺯ ﺍﺳﺘﻌﻤﺎﻟﻪ ﻓﻲ ﺷﺊ ﺭَﻃْﺐٍ ﻓَﺈِﻥْ ﺍُﺳْﺘُﻌْﻤِﻞَ ﻓِﻴﻪِ ﻧَﺠَّﺴَﻪُ . ﻗَﺎﻝَ ﺃَﺻْﺤَﺎﺑُﻨَﺎ ﻭَﻳُﻜْﺮَﻩُ ﺍﺳْﺘِﻌْﻤَﺎﻟُﻪُ ﻓِﻲ ﺍﻟْﺄَﺷْﻴَﺎﺀِ ﺍﻟْﻴَﺎﺑِﺴَﺔِ ﻟِﻤُﺒَﺎﺷَﺮَﺓِ ﺍﻟﻨَّﺠَﺎﺳَﺔِ ﻭَﻟَﺎ ﻳَﺤْﺮُﻡُ ﻟِﺄَﻧَّﻪُ ﻟَﺎ ﻳَﺘَﻨَﺠَّﺲُ ﺑِﻪِ. ﻭَﻟَﻮْ ﺍﺗَّﺨَﺬَ ﻣُﺸْﻄًﺎ ﻣِﻦْ ﻋَﻈْﻢِ ﺍﻟْﻔِﻴﻞِ ﻓَﺎﺳْﺘَﻌْﻤَﻠَﻪُ ﻓِﻲ ﺭَﺃْﺳِﻪِ ﺃَﻭْ ﻟِﺤْﻴَﺘِﻪِ ﻓَﺈِﻥْ ﻛَﺎﻧَﺖْ ﺭُﻃُﻮﺑَﺔً ﻣِﻦْ ﺃَﺣَﺪِ ﺍﻟْﺠَﺎﻧِﺒَﻴْﻦِ ﺗَﻨَﺠَّﺲَ ﺷَﻌْﺮُﻩُ ﻭَﺇِﻟَّﺎ ﻓَﻠَﺎ، ﻭَﻟَﻜِﻨَّﻪُ ﻳُﻜْﺮَﻩُ ﻭَﻟَﺎ ﻳَﺤْﺮُﻡُ؛ ﻫَﺬَﺍ ﻫُﻮَ ﺍﻟْﻤَﺸْﻬُﻮﺭُ ﻟِﻠْﺄَﺻْﺤَﺎﺏِ . ﻭَﺭَﺃَﻳْﺖ ﻓِﻲ ﻧُﺴْﺨَﺔٍ ﻣِﻦْ ﺗَﻌْﻠِﻴﻖِ ﺍﻟﺸَّﻴْﺦِ ﺃَﺑِﻲ ﺣَﺎﻣِﺪٍ ﺃَﻧَّﻪُ ﻗَﺎﻝَ ﻳَﻨْﺒَﻐِﻲ ﺃَﻥْ ﻳَﺤْﺮُﻡَ ﻭَﻫَﺬَﺍ ﻏَﺮِﻳﺐٌ ﺿَﻌِﻴﻒٌ

حواشي الشرواني على التحفة ج ٣ ص ٣١ المكتبة الشاملة
وَلَوْ كَانَ النَّجِسُ مُشْطَ عَاجٍ فِي شَعْرِ الرَّأْسِ إذَا كَانَتْ هُنَاكَ رُطُوبَةٌ وَإِلَّا فَيُكْرَهُ كَمَا فِي الْمَجْمُوعِ خِلَافًا لِلْإِسْنَوِيِّ فِي قَوْلِهِ يَحْرُمُ أَيْ الْعَاجُ مُطْلَقًا وَكَأَنَّهُمْ اسْتَثْنَوْا الْعَاجَ لِشِدَّةِ جَفَافِهِ مَعَ ظُهُورِ رَوْنَقِهِ، وَجِلْدُ الْآدَمِيِّ وَشَعْرُهُ وَإِنْ كَانَ طَاهِرًا يَحْرُمُ اسْتِعْمَالُهُ إلَّا لِلضَّرُورَةِ مُغْنِي وَنِهَايَةٌ وَحَاصِلُهُ حُرْمَةُ اسْتِعْمَالِ نَجِسِ غَيْرِ الْعَاجِ لِغَيْرِ حَاجَةٍ مُطْلَقًا سَوَاءٌ كَانَ فِي الْبَدَنِ أَوْ الثَّوْبِ أَوْ الشَّعْرِ وَسَوَاءٌ كَانَ هُنَاكَ رُطُوبَةٌ أَوْ لَا وَكَذَا اسْتِعْمَالُ جُزْءِ الْآدَمِيِّ وَحُرْمَةُ اسْتِعْمَالِ الْعَاجِ مَعَ الرُّطُوبَةِ وَكَرَاهَتُهُ بِدُونِهَا قَالَ ع ش قَوْلُهُ: مُشْطَ عَاجٍ إلَخْ وَهُوَ أَنْيَابُ فِيَلَةٍ وَيَنْبَغِي جَوَازُ حَمْلِهِ لِقَصْدِ اسْتِعْمَالِهِ عِنْدَ الِاحْتِيَاجِ إلَيْهِ وَمَعْلُومٌ أَنَّ مَحَلَّ ذَلِكَ فِي غَيْرِ الصَّلَاةِ وَنَحْوِهَا، أَمَّا فِيهِمَا فَلَا يَجُوزُ لِوُجُوبِ اجْتِنَابِ النَّجَاسَةِ فِيهِمَا فِي الْبَدَنِ وَالثَّوْبِ وَالْمَكَانِ وَقَوْلُهُ م ر إذَا كَانَتْ هُنَاكَ رُطُوبَةٌ أَيْ لِمَا فِيهِ مِنْ تَنْجِيسِ الرَّأْسِ وَاللِّحْيَةِ وَقَوْلُهُ م ر وَجِلْدُ الْآدَمِيِّ إلَخْ أَيْ وَلَوْ حَرْبِيًّا خِلَافًا لِابْنِ حَجّ اهـ ع ش

(Dijawab oleh: Ismidar Abdurrahman As Sanusi)

Link Diskusi:

Komentari

Lebih baru Lebih lama