1768. KENCING NABI LEBIH BAIK DARIPADA SHALAT UMATNYA?

Foto: Detikcom

Pertanyaan:
Assalamualaikum...tolong jlskan kyi..Anna baulahu salallahu alaihi wasalam khorun min shalatikum
[Ujarshodikin]

Jawaban:
Wa'alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh

Berikut Saya tampilkan keterangannya:

وَقَدْ وَقَعَ لِوَاعِظٍ ذَكَر صِفَاتِ النَّبِيِّ ﷺ فَمِنْ جُمْلَةِ مَا قَالَهُ لَمَن يَعِظُهُمْ: اِنَّ بَوْلَهُ ﷺ خَيْرٌ مِنْ صَلاتِكُم إنْتَهَى قَالَ الْمَدَابِغِيُّ: وَهُوَ صَحِيْحٌ وَصَوَابٌ. وَيُوَجَّهُ بِأُمُوْرٍ مِنْهَا أَنَّ هَذَا الْوَاعِظَ يَحْتَمِلُ أَنَّهُ مِنْ أَرْبَابِ الْكَشْفِ. وَقَد أَطْلَعَهُ اللهُ تَعَالَى عَلَى رِيَاءٍ فِي صَلاتِهِمْ، اَوْ يُقَالُ اِنَّ بَوْلهُ ﷺ يُسْتَشْفٰى بِهِ فَهُوَ نَافِعٌ وَصَلاتُهُمْ غَيْرُ مُحَقَّقَةِ الْقَبُوْل. 
“Dan bahkan ada seorang wa’idz (ahli nasehat) sedang menyebutkan sifat-sifat Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasallam. Termasuk sebagian dari nasehat yang ia katakan adalah “Sesungguhnya air kencing Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasallam adalah lebih baik daripada sholat kalian.”
Mudabighi berkata, “Perkataan si wa’idz tersebut dapat dibenarkan atas dasar 2 faktor. Diantaranya:

Pertama: Kemungkinan si wa’idz tersebut termasuk ahli mukasyafah yang Allah memperlihatkan kepadanya sifat riya' dalam shalat-shalat yang dilakukan oleh hadirin yang ia nasehati.

Kedua: Sesungguhnya air kencing Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasallam dapat digunakan untuk obat dan air kencing beliau terbukti bermanfaat, sedangkan shalat yang para hadirin lakukan belum terbukti diterima.” (Oleh karena shalat yang para hadirin lakukan disertai dengan riya' dan shalat mereka belum terbukti diterima sedangkan air kencing Rasulullah telah terbukti bermanfaat dan ampuh maka benar jika dikatakan bahwa air kencing beliau adalah lebih baik daripada shalat mereka)”.
[Kaasyifah as Sajaa Fii Syarh Safiinah an Najaa Halaman 46-47, Cet. Al Haramain]

Wallahu A'lamu Bis Shawaab

(Dijawab oleh: Ismidar Abdurrahman As Sanusi]

Link Diskusi:

Komentari

Lebih baru Lebih lama