1793. HUKUM NIAT MENJADI MAKMUM PADA SHALAT JUM'AT

Foto: BersamaDakwah

Pertanyaan:
Bagaimana dg ma'mum apakah juga wajib niat mnjadi ma'mum? Saya juga pernah dengar kalau niat jum'at tidak pakai ada'an?apakah betul yai?
[Embun Kinara Asyafa]

Jawaban:
Niat menjadi makmum atau mengikuti Imam wajib dilakukan makmum, ini berlaku umum baik shalat fardhu maupun shalat sunah, hanya saja bila shalat yang dilakukan yang mensyaratkan jama'ah seperti shalat Jum'at maka niat berjamaah merupakan syarat sah dan wajib dilakukan bersamaan dengan takbiratul ihram, sehingga bila tidak berniat seperti tersebut tadi atau berniat sudah pelaksanaan shalat maka tidak sah shalatnya. Berbeda halnya bila shalat tersebut tidak disyaratkan berjamaah maka bila tidak berniat seperti tersebut tadi maka shalatnya sah, demikian pula bila berniat menjadi makmum pas agenda Shalat, hanya saja terhitung sebagai shalat sendirian bukan berjamaah, kalau pun berniat pas agenda Shalat tidak mendapatkan pahala jama'ah karena tidak berniat menjadi makmum bersamaan dengan takbiratul ihram. Sedangkan bila nekat mengikuti Imam tanpa niat mengikuti akan ada penjabaran pada pertanyaan mendatang jika dipertanyakan, ini demi meringkas penjelasan.

Adapun terkait menambah Adaan pada niat shalat Jum'at maka dihukumi sunah seperti shalat yang lain walaupun pada shalat sunah, tujuannya untuk membedakan shalat yang dikerjakan Masih pada waktunya, sedangkan qodho' shalat diluar waktunya. Kalau shalat sunah disyariatkan menyebutkan itu terlebih pada shalat Jum'at, karena shalat Jum'at adalah shalat fardhu maka tidak ada bedanya dengan shalat fardhu yang lain.

Selengkapnya disini 👇


Wallahu A'lam

Ibarot :

- Kitab Hasyiyah I'aanah at Thoolibiin Juz 2 Halaman 19-20, Cet. Nurul Ilmi Surabaya :

وإذا لم تقترن نية نحو الاقتداء بالتحرم لم تنعقد الجمعة، لاشتراط الجماعة فيها، وتنعقد غيرها فرادى. 

(قوله: أي يجب أن تكون الخ) هذا إن أراد الاقتداء به ابتداء، فلا ينافي ما مر أنه لو صلى منفردا ثم نوى القدوة في أثناء صلاته جاز. 
وقوله: مقترنة مع التحرم المناسب مقترنة بالتحرم، بالباء بدل مع، ثم إن وجوب الاقتران بالنسبة للجمعة لأجل انعقادها، لأن الجماعة شرط فيها، وبالنسبة لغيرها لأجل تحصيل فضيلة الجماعة، كما يفيده كلامه بعد. 
(قوله: وإذا لم تقترن إلخ) المناسب التعبير بالفاء، لأن المقام يفيد التفريع. 
وقوله: نية نحو الاقتداء أي 
كالجماعة والائتمام. 
وقوله: بالتحرم متعلق بتقترن. 
(قوله: لم تنعقد الجمعة) مثلها المعادة والمجموعة بالمطر والمنذورة جماعتها لاشتراط الجماعة فيها. 
(قوله: لاشتراط الجماعة فيها) أي في الجمعة. 
(قوله: وتنعقد) الأولى وينعقد بياء الغيبة. 
(وقوله: غيرها) أي الجمعة. 

- Kitab Hasyiyah Al Bajuri Ala Ibn Qosim Juz 1 Halaman 194-195, Cet. Nurul Ilmi Surabaya :

قوله: (ويجب على المأموم) الذي يؤل أمره الى كونه مأموما ففيه مجاز الأول. وقريب من ذلك قول المحشي أي مريد الإئتمام. وقوله: ان ينوي الخ. اي لأن التبعية عمل فافتقرت الى نية, فإن ينو انعقدت صلاته فرادى إلا الجمعة ونحوها مما توقف صحتها على الجماعة فلا تنعقد لاشتراط الجماعة فيها بخلاف ما تتوقف صحتها عليها فتنعقد فرادى كما علمت. فوجوب نية الإئتمام ونحوه فيها, لا لأنها شرط لانعقادها بل للمتابعة

(Dijawab oleh: Ismidar Abdurrahman As Sanusi)

Link Diskusi:

Komentari

Lebih baru Lebih lama