1824. BACAAN TASYAHUD MAKMUM MASBUQ MENGIKUTI IMAM

Foto: YouTube

Pertanyaan:
Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh yai izin bertanya, jika masbuk pada saat imam rakaat terakhir apakah sebagai makmum membaca tasyahud akhir sampai habis atau sampai sholawat saja, mohon pencerahannya yai.
[Privasi]

Jawaban:
Wa'alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakaatuh

Permasalahan shalat seperti yang ditanyakan ini terkadang memang sering terjadi maka oleh karena itu kita harus tahu ilmunya agar tidak salah perbuat.

Bila makmum masbuq mendapati imam sedang tasyahud akhir maka tidak wajib bagi makmum membaca tasyahud akhir, namun hukumnya sunah, ketika membacanya sunah sempurna termasuk sampai doa setelah tasyahud akhir maka sunah makmum masbuq tersebut membacanya meskipun itu bukan tempat ia membacanya hanya mengikuti imam saja. Ini berarti bagi makmum masbuq tersebut tidak hanya membaca sampai shalawat Nabi saja. 

Itu semua bila posisi makmum masbuq bukan pada tasyahud awal, tapi bila ia berada pada posisi tasyahud awal maka menurut Mayoritas Ulama Syafi'iyah seperti pendapat Syekh Zainuddin Al Malibari mengikuti gurunya Syekh Ibnu Hajar Al Haitami, Syekh Ba'isyan dan Ulama lainnya tetap sunah membaca bacaan tasyahud tersebut hingga shalawat kepada keluarga Nabi dan seterusnya, berbeda menurut Imam Ramli menurutnya mengikuti membaca rangkaian tasyahud tersebut sampai selesai jika ia bukan pada posisi tasyahudnya yakni tasyahud awal, bila ia berada pada posisi tasyahudnya seperti tasyahud awal maka ia tidak membaca shalawat Nabi dan seterusnya tetapi dicukupkan batas shalawat Nabi saja yakni bacaan tasyahud awal saja, perkataan Imam Ramli ini disetujui oleh Syekh Bujairomi.

Berdasarkan penjelasan yang sudah disebutkan diatas dapat disimpulkan bahwa bila posisi makmum masbuq selain pada posisi tasyahudnya seperti tasyahud awal maka sunah makmum masbuq membaca tasyahud akhir sampai selesai walaupun shalawat kepada keluarga Nabi, dan doa, kecuali posisi makmum masbuq berada pada posisi tasyahudnya seperti tasyahud awal maka ada khilaf, menurut Mayoritas Ulama tetap sunah membaca bacaan tasyahud akhir walaupun shalawat kepada keluarga Nabi. Dalam kitab Tuhfah Syekh Ibnu Hajar Al Haitami mengungkapkan bahwa ketika itu untuk menjaga mengikuti imam bukan posisi makmum itu sendiri. Berbeda menurut Imam Ramli menurutnya bila ia berada pada posisi tasyahudnya seperti tasyahud awal maka tidak sunah membaca bacaan tasyahud sampai akhir atau sampai shalawat kepada keluarga Nabi tetapi dicukupkan batas shalawat Nabi saja, pendapat ini disetujui oleh Syekh Bujairomi, menurutnya ketika itu untuk mengecualikan bacaan tasyahud awal yang dituntut, bukanlah ketika itu semata-mata mengikuti imam.

Wallahu A'lam 

Ibarat:

حاشية إعانة الطالبين على حل ألفاظ فتح المعين ج ٢ ص ١٧-١٨ المكتبة نور العلم سورابايا
(ويكبر) ندبا (مسبوق انتقل معه) لانتقاله، فلو أدركه معتدلا كبر للهوي وما بعده، أو ساجدا مثلا - غير سجدة تلاوة - لم يكبر للهوي إليه، ويوافقه - ندبا - في ذكر ما أدركه فيه من تحميد، وتسبيح، وتشهد، ودعاء، وكذا صلاة على الآل، ولو في تشهد المأموم الاول.
قاله شيخنا.
(قوله: ويوافقه) أي ويوافق المأموم الإمام.
(وقوله: في ذكر ما أدركه) أي في ذكر الفعل الذي أدرك الإمام فيه، سواء كان ذلك الذكر واجبا أو مندوبا.
(وقوله: من تحميد إلخ) بيان لذكر، لا لما.
وكتب البجيرمي ما نصه: قوله من تحميد: أي في الإعتدال، وهو قوله: ربنا لك الحمد، ولا يقول سمع الله لمن حمده.
كما أفاده شيخنا.
اه.
(قوله: وتسبيح) أي في الركوع والسجودين، (قوله: وتشهد) قال في التحفة: واعترض ندب الموافقة في التشهد بأن فيه تكرير ركن قولي، وفي إبطاله خلاف.
ويرد بشذوذه أو منع جريانه هنا، لأنه لصورة المتابعة.
اه.
(قوله: ودعاء) أي حتى عقب التشهد والصلاة على النبي - صلى الله عليه وسلم -، لأن الصلاة لا سكوت فيها.
(قوله: وكذا صلاة على الآل) أي وكذا يوافقه في الصلاة على الآل.
(قوله: ولو في تشهد المأموم لأول) أي يوافقه المأموم في الصلاة على الآل ولو كان في تشهده الأول.
وخالف م ر ذلك وقيد الموافقة فيها بما إذا كان في غير محل
تشهده، فخرج به ما إذا كان في محل تشهده بأن كان تشهدا أول له فلا يأتي بالصلاة على الآل.
قال البجيرمي: وهو ظاهر، لإخراجه التشهد الأول عما طلب فيه، وليس هو حينئذ لمجرد المتابعة.
اه.
(قوله: قاله شيخنا) أي في التحفة، وقال فيها: ولا نظر لعدم ندبها فيه لما تقرر أن ملحظ الموافقة رعاية المتابعة لا حال المأموم.

نهاية الزين صفحة ١٢٣ المكتبة فستاك السلام سورابايا
ويوافق الْمَسْبُوق إِمَامه اسْتِحْبَابا فِي أذكار مَا أدْركهُ مَعَه وَإِن لم يحْسب لَهُ كالتحميد وَالدُّعَاء حَتَّى عقب التَّشَهُّد وَالصَّلَاة على النَّبِي صلى الله عَلَيْهِ وَسلم لِأَن الصَّلَاة لَا سكُوت فِيهَا

شرح المقدمة الحضرمية المسمى بشرى الكريم بشرح مسائل التعليم صفحة ٣٦٤ المكتبة الشاملة
(و) أن (يوافقه المسبوق في الأذكار) الواجبة والمندوبة حتى في دعاء التشهد الأخير وإن كان المأموم في محل تشهده الأول؛ لأنه للمتابعة، كما مر.

(Dijawab oleh: Ismidar Abdurrahman As Sanusi)

Link Diskusi:

Artikel terkait:

Komentari

Lebih baru Lebih lama